Agar Tetap Awet, Begini Cara Merawat Rok Lipit yang Baik dan Benar

Suka pakai rok lipit? Sudah tahu belum bagaimana cara merawat rok lipit yang baik dan benar? Pada dasarnya cara merawat jenis rok yang satu ini tak semudah pakaian pada umumnya. Kenapa demikian? Sebab, jika Anda sembarangan dalam melakukan perawatan, bukan tidak mungkin yang demikian tersebut dapat merusak tiap lipitan pada rok lipit Anda.

Tak perlu khawatir, sebab melalui artikel ini akan kami informasikan kepada Anda tentang beberapa cara mudahnya merawat rok lipit yang bisa Anda contek. Dijamin akan membuat lipitan pada rok Anda tetap awet dalam waktu lama.

Agar Tetap Awet, Begini Cara Merawat Rok Lipit yang Baik dan Benar

Cara Merawat Rok Lipit yang Baik dan Benar

Menyetrika rok lipit

Jenis rok satu ini pada dasarnya pernah jadi trend di beberapa tahun yang lalu, namun kini keberadaannya kembali hits. Banyak sekali yang suka dengan rok lipit tersebut, apalagi sekarang sudah ada banyak sekali pilihan model rok lipit yang bisa dipilih sesuai dengan style dan kesukaan Anda.

Tetapi demikian, sebelum membeli rok lipit, lebih baik Anda tahu cara menyetrika rok lipit yang benar. Pada saat menyetrika rok jenis ini sebaiknya pakai meja setrika. Tujuannya, agar menyetrika jadi lebih mudah. Selain itu, jangan lupa untuk menyetrika setiap lipitannya, dan perhatikan agar rapi sesuai alur lipitan.

Mengenal jenis lipitan

Pada dasarnya ada beberapa jenis lipitan yang tentunya harus Anda tahu, yakni heat set. Ini merupakan jenis lipitan yang mudah hilang jika terkena air, sehingga sebaiknya Anda melakukan perawatan menggunakan dry clean. Tujuannya agar lipitan pada rok Anda tetap terjaga. Lalu untuk jenis yang lain, yakni stitched in. Untuk jenis tersebut cara merawatnya jauh lebih mudah, Anda bisa menyetrika sendiri dengan menggunakan setrikaan biasa.

Menyimpan rok lipit dalam lemari

Jika rok lipitnya sudah selesai disetrika, hal lain yang wajib diperhatikan di sini adalah cara menyimpan rok tersebut di dalam lemari. Sebab, apabila Anda asal dalam menyimpannya maka akan membuat rok lipitmu jadi kusut. Jadi pastikan Anda tidak melipatnya pada saat disimpan di dalam lemari, sebab yang demikian tersebut menciptakan lipitan – lipitan baru. Ada baiknya Anda menggantungnya, tapi pakai saja gantungan khusus dengan jepitan dan dijepit di bagian pinggangnya.

Mengenal material atau bahannya

Pada dasarnya ada banyak banget jenis material atau bahan rok lipit di pasaran, seperti satin, polyester, katun, dan masih ada banyak lagi. Untuk masing – masing material sudah pasti memiliki care instruction yang berbeda. Oleh karenanya perhatikan baik – baik care instruction agar rok lipit Anda tidak mudah dan cepat rusak.

Contohnya saja untuk material satin, Anda bisa menyetrika rok lipit berbahan ini dengan suhu setrikaan rendah, sehingga bahannya tidak rusak.

Mencuci rok lipit

Terakhir, perhatikan cara mencuci rok lipitnya, ada baiknya dicuci dengan cara direndam sebentar saja kemudian dicelup – celup ke dalam air berdeterjen. Jika sudah bilas sampai bersih lalu kibas – kibaskan. Sangat disarankan sekali agar Anda tidak memeras rok lipit tersebut sebab akan merusak lipitannya.

Setelah itu, jemur dengan cara digantung dan angkat segera setelah kering sebab apabila Anda terlalu lama menjemurnya, maka yang demikian ini akan merubah tekstur serta warna bahan. Oh iya, pada saat menyetrika rok lipit memang butuh kesabaran ekstrak dan tidak boleh buru – buru agar hasilnya maksimal.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang cara merawat rok lipit yang baik dan benar. Semoga bermanfaat.

This page needs javascript enabled !