Tips Menghilangkan Rasa Jenuh Dalam Rumah Tangga

Tips Menghilangkan Rasa Jenuh Dalam Rumah Tangga

Beriwarta – Dalam menjalankan rumah tangga pastilah timbul rasa jenuh. Terlebih jika hubungan tersebut sudah terjalin bertahun-tahun. Sekilas pasti muncul rasa jenuh yang jika dibiarkan akan membawa dampak negatif pada hubungan rumah tangga. Bahkan tak jarang banyak kasus perceraian yang didasari karena rumah tangga yang membosankan. Rasa bosan adalah sifat manusiawi. Namun bagaimana mengelola perasaan tersebut tentu menjadi sifat masing-masing setiap orang. Jadi sebenarnya rasa jenuh dalam rumah tangga bisa diantisipasi.

Yang terpenting adalah munculnya kemauan untuk lepas dari rasa bosan. Bukan menjadikan jenuh sebagai alasan untuk mengakhiri hubungan. Anda perlu mengingat bagaimana perjuangan mendapatkan pasangan dan berhasil menikahinya hingga saat ini. jangan sampai segala perjuangan anda untuk hidup bersama orang tercinta luruh seketika hanya didasari karena jenuh. Nah bagi yang merasa jenuh dalam rumah tangga, cobalah beberapa tips di bawah ini untuk mengatasi perasaan tersebut.

Berbagai Tips Menghilangkan Kejenuhan Dalam Rumah Tangga

Hadirkan suasana baru
Rasa jenuh bisa terjadi karena setiap hari melakukan rutinitas yang sama. Begitu pula dalam rumah tangga. Maka dari itu selalu hadirkan suasana baru di dalam rumah. Misalnya dengan menata ulang layout rumah, mengajak jalan-jalan keluarga, atau mengganti beberapa rutinitas agar tidak terlalu monoton. Jika selalu ada suasana baru maka kejenuhan akan lebih tak terasa.

Tumbuhkan kembali kehangatan
Mengapa rumah tangga yang terjalin selama bertahun-tahun kadang menjenuhkan? Karena suami-istri terlampau larut ke dalam tugasnya masing-masing. Suami terlalu larut dengan tugasnya bekerja, begitu pula istri yang terlalu fokus pada pekerjaannya mengurus rumah tangga. Terlalu fokus kepada tugas akan membuat rumah tangga terasa hambar dan menghilangkan sisi kehangatan hubungan. Cobalah hadirkan kehangatan seperti pada awal menikah dengan sedikit mengalihkan fokus agar pasangan lebih merasa diperhatikan.

Sediakan waktu untuk berkencan
Meskipun sudah memiliki buah hati dan pernikahan berjalan sudah bertahun-tahun, tidak ada salahnya untuk menyediakan waktu khusus berdua agar romansa rumah tangga tetap terasa. Anda dan pasangan berhak mendapatkan waktu untuk pergi berdua. Menonton film, jalan-jalan di taman hiburan, atau sekedar lari pagi berdua. Adanya quality time antara pasangan mampu meluruhkan rasa bosan selama berumah tangga. Meskipun sibuk bekerja, upayakan untuk menyediakan waktu khusus karena anda berhak mendapatkannya.

Selalu adakan acara untuk momen khusus
Banyak momen yang bisa menjadi alasan anda untuk mengadakan acara. Misalnya ulang tahun pernikahan, ulang tahun pasangan, atau mungkin kenaikan kelas buah hati. Selalu adakan acara untuk momen-momen khusus tersebut. Tidak perlu mewah. Memasak hidangan spesial, memberikan hadiah, atau memotong kue bersama sudah cukup. Adanya perayaan ini akan membuat pasangan dan anggota keluarga lain merasa diperhatikan dan mampu merekatkan rumah tangga anda.

Jangan lupa bersyukur
Perasaan bersyukur akan membuat diri merasa tercukupi dengan apa yang dimiliki. Dengan selalu bersyukur terhadap apa yang dimiliki termasuk rumah tangga, anda akan jauh dari perasaan ingin mengeluh, malas bergaul dengan pasangan, dsb. Anda bisa berpikir bahwa anda cukup beruntung karena telah berumah tangga. Setidaknya masih banyak di luaran sana yang masih sibuk mencari pendamping. Dengan rasa syukur tersebut, anda pun bisa lebih mudah dalam melawan rasa jenuh.

Memang rasa jenuh adalah manusiawi namun bukan berarti anda tidak mampu untuk meluruhkan perasaan jenuh tersebut. Semoga bermanfaat.