Dampak Negatif Jika Terlalu Sering Membuat Pencitraan

Dampak Negatif Jika Terlalu Sering Membuat Pencitraan

Beriwarta – Pencitraan merupakan cara menarik perhatian orang lain dengan menunjukan jati diri yang tidak sebenarnya. Jika dalam pergaulan anda selalu saja melakukan hal demikian, maka banyak dampak negatif yang bisa anda rasakan. Pencitraan akan berdampak pada hubungan pertemanan bahkan percintaan yang tidak sehat. Pada dasarnya yang namanya pencitraan adalah sesuatu untuk menutupi kekurangan. Memang terkadang kita melakukan hal demikian namun jika terlalu berlebihan akan memberikan dampak buruk.

Karena segala yang palsu lambat laun akan membawa dampak negatif pada sesuatu termasuk ketika dalam menjalin hubungan dengan orang lain. Oleh sebab itu anda mesti tahu apa saja dampak negatif dari tindakan demikian agar bisa berpikir lagi jika ingin melakukan pencitraan. Banyak cara untuk bergaul dibandingkan harus sibuk dengan pencitraan. Nah di bawah ini akan diulas lebih lanjut untuk dampak negatif sering pencitraan dalam pergaulan.

Dampak Negatif Terlalu Sering Pencitraan

Hidup hanya soal memikirkan pendapat orang lain
Mereka yang selalu melakukan pencitraan hanya akan mengejar pujian. Bertindak tidak sesuai diri hingga hal sedetail mungkin hanya akan menyiksa perasaan. Jika terus berkepanjangan maka anda akan mendapati hidup yang lebih melelahkan. Anda berhak hidup dengan apa yang anda miliki saat ini dan tidak melulu memikirkan bagaimana pendapat orang lain.

Sulit merasa bahagia
Karena terus menerus ‘menyenangkan’ orang lain dengan pribadi yang tidak seutuhnya benar, hal tersebut akan memberangus perasaan bahagia anda. Mungkin anda bisa terlihat bahagia di hadapan orang lain namun kebahagiaan tersebut hanyalah palsu. Maka segeralah berubah dan hapus pencitraan yang berlebihan demi kebahagiaan diri yang sebenarnya.

Melupakan jati diri sebenarnya
Karena terlalu sering membuat pencitraan anda akan lupa dengan jati diri sebenarnya. Anda hanya akan bergantung pada pandangan orang lain. Padahal jati diri berhak anda miliki karena merupakan identitas anda yang sebenarnya. Jika anda kehilangan jati diri maka anda akan merasa seperti hidup di lorong yang tak tentu arah.

Tidak merasa mendapat teman sejati
Teman sejati adalah mereka yang mau mengenal anda meskipun tanpa pencitraan. Jika sehari-hari saja hidup sudah dipenuhi pencitraan maka bagaimana mungkin anda bisa mendapatkan kawan sejati. Padahal hidup dengan memiliki kawan sejati sangat menyenangkan. Memang anda akan mendapatkan teman meskipun dalam keadaan pencitraan. Namun teman yang anda miliki tidak bisa dipastikan bagaimana ketulusannya.

Makin lama orang akan tahu dan tidak menyukainya
Pencitraan bisa diartikan sebagai kepura-puraan. Jika makin lama anda melakukannya secara intens justru orang akan semakin sadar bahwa hal tersebut adalah pencitraan semata. Jika sudah ketahuan anda justru tidak akan disukai dan membuat segalanya berubah menjadi berantakan. Maka agar anda bisa bergaul secara lebih positif, pupuskan keinginan untuk pencintraan demi kebaikan kedepannya.

Nah itu dia beberapa dampak negatif yang semestinya anda tahu agar hidup anda tidak melulu soal pencitraan. Karena menjadi diri sendiri sangat bermanfaat untuk sehatnya pergaulan anda. Semoga bermanfaat.