Cara Menghilangkan Rasa Iri Kepada Orang Lain

Cara Menghilangkan Rasa Iri Kepada Orang Lain

Beriwarta – Iri merupakan akar yang menyebabkan sebuah pertemanan menjadi berakhir. bahkan sikap iri juga mampu memberangus sikap positif anda dan pada akhirnya bisa membuat anda menjadi sosok yang jahat. Banyak sekali hal yang membuat seseorang menjadi sosok yang mudah iri. Rasa iri sangat dekat dengan perasaan dengki. Jika dibiarkan berlarut-larut akan membuat anda menjadi sosok yang tidak mampu bahagia sepenuhnya. Padahal secara logika seseorang dibekali dengan potensi dan kelebihannya masing-masing sehingga iri sebenarnya tidak terlalu perlu.

Memang rasa iri terkadang bisa memantik semangat untuk tumbuh menjadi sosok yang lebih baik. namun jangan sampai anda hanya akan tumbuh menjadi baik dengan berlandaskan pada sikap iri. Cobalah untuk belajar menata hati dengan tidak menjadikan iri sebagai alasan untuk membenarkan perbuatan-perbuatan yang berkaitan dengan rasa iri. Banyak cara yang bisa anda coba untuk menghilangkan rasa iri. Nah berikut ulasan selengkapnya untuk cara menghilangkan rasa iri.

Berbagai Cara Menghilangkan Rasa Iri

Ketahui alasan iri anda
Cobalah ketahui alasan iri anda terlebih dulu. jika memang alasan anda untuk iri adalah positif, cobalah ubah menjadi semangat untuk berbenah diri. Namun jika iri karena alasan yang justru mengarahkan diri untuk berbuat jahat maka redam seketika. Jika anda iri dan ingin lebih unggul karena merasa orang tersebut tidak pantas maka perasaan iri itu lambat laun akan membuat pribadi anda menjadi sosok yang jahat.

Jangan suka membandingkan diri
Sifat iri biasanya muncul karena mula-mula anda suka membandingkan diri. Jika anda senang membanding-bandingkan diri dengan orang lain maka yang didapatkan adalah rasa tidak puas dan dengki. Anda hanya akan menganggap kelebihan orang lain sebagai alasan untuk iri. Membanding-bandingkan juga akan menyebabkan anda sulit bersyukur sehingga perasaan iri semakin besar.

Fokus pada kelebihan diri
Semua orang memiliki kelebihan sebagai bekal dalam menghadapi kehidupan. Jadi fokuslah pada apa yang anda miliki. Nilailah kelebihan diri sendiri sebagai potensi yang patut dibanggakan. Dengan demikian anda pun tidak akan disibukan dengan rasa iri karena menganggap anda tidak memiliki apa-apa. Lingkungan pertemanan yang baik juga sangat mendukung anda dalam upaya untuk fokus pada kelebihan.

Bersyukur
Bersyukur adalah hal yang sepatutnya selalu dimiliki agar anda tetap merasa cukup dengan apa yang telah diraih. Rasa syukur juga akan membuat anda merasa lebih tentram dan membuat anda tidak perlu iri dengan orang lain. Cobalah sesekali melihat ke kalangan yang kurang beruntung dibandingkan anda. dengan demikian anda akan memiliki rasa syukur yang lebih terpantik. Bersyukur juga mampu membuat kecerdasan spiritual anda menjadi lebih meningkat.

Itu dia beberapa cara agar rasa iri kepada orang lain tidak berlarut-larut dan membuat hidup anda menjadi lebih bahagia. Semoga bermanfaat.