Cara Ampuh Mengatasi Keraguan Sebelum Menikah

Cara Ampuh Mengatasi Keraguan Sebelum Menikah

Beriwarta – Ragu sebelum hari pernikahan merupakan hal yang biasa. Perasaan yang bergejolak, emosi dan lelah karena mempersiapkan pernikahan membuat perasaan ragu bisa dialami oleh calon pengantin. Meskipun hal biasa, namun perasaan tersebut mesti segera ditepiskan. Karena jika tidak segera ditepiskan dikhawatirkan jika benar-benar menikah nantinya tidak akan merasakan bahagia yang sesungguhnya. Perasaan ragu tersebut bisa muncul karena beberapa faktor. Mulai dari ketidakyakinan, hingga ketakutan memulai hidup baru.

Memang keraguan adalah hal manusiawi. Namun jika perasaan tersebut terus dipupuk akan menyebabkan hubungan yang seharusnya baik-baik saja memiliki cela. Bagi yang hendak menikah, cobalah berdamai dengan perasaan diri sendiri agar keraguan tersebut sirna. Pahami bahwa pasangan juga memiliki kekurangan seperti halnya anda. Perasaan tersebut mesti anda tepis sebisa mungkin sebelum semuanya terlambat. Nah berikut ini ulasan selengkapnya untuk cara mengatasi keraguan sebelum menikah.

Cara Mengatasi Keraguan Sebelum Menikah

Percaya diri dan pasangan
Biasanya keraguan yang muncul sebelum pernikahan karena adanya rasa kurang percaya terhadap diri. Mendadak anda akan merasa tidak mampu menjadi seorang istri atau suami yang baik nantinya. Percayalah terhadap diri sendiri. Berpikirlah bahwa pernikahan bukanlah peran satu orang melainkan peran anda berdua. Selain itu cobalah untuk semakin menguatkan rasa percaya anda dengan pasangan.

Ingat bagaimana anda berjuang
Keraguan sebelum menikah terjadi karena emosi sesaat saja. Cobalah redam dengan mengingat bagaimana susahnya anda berjuang hingga sampai di jenjang serius ini. Ingat bagaimana sulitnya mendapatkan calon pasangan hingga restu kedua orangtua. Dengan mengingat bagaimana anda berjuang maka keraguan pun akan pupus.

Jangan mau digoda masa lalu
Bayang-bayang masa lalu juga bisa menjadi penggoda yang menyebabkan seseorang ragu menjelang pernikahan. Ingatlah bahwa menikah adalah langkah untuk menyongsong masa depan. Jika anda terus berkubang di masa lalu, maka masa depan yang sudah jelas akan dipijaki akan tidak anda anggap sama sekali. Maka biarkan masa lalu menjadi pelajaran dan sambut masa depan bersama calon pasangan.

Ingat kebaikan calon pasangan
Keraguan menjelang pernikahan juga bisa anda tepis dengan selalu mengingat kebaikan calon pasangan. Ingatlah bagaimana ia memperlakukan anda, ketika melamar, meyakinkan orangtua, dsb. Dengan mengingat kebaikannya anda akan mendapatkan kemantapan hati yang begitu besar sehingga tidak gentar menghadapi pernikahan yang sudah diambang gerbang.

Berpikir realistis
Kebanyakan mereka yang ragu menjelang pernikahan adalah yang memiliki rasa takut bahwa setelah menikah mereka tidak akan bahagia. Pernikahan yang bahagia tanpa cela hanya ada di negeri dongeng. Cobalah berpikir lebih realistis bahwa menikah tidak hanya soal mencari bahagia namun juga menghadapi masalah bersama dan berbagai rintangan bersama-sama.

Nah itu dia beberapa cara mengatasi keraguan agar pernikahan yang akan dijalani akan memberikan kebahagiaan yang sesungguhnya. Semoga bermanfaat.