Alasan Wanita Takut Menikah dan Lebih Senang Melajang

Alasan Wanita Takut Menikah dan Lebih Senang Melajang

Beriwarta – Dibalik banyaknya pernikahan dini saat ini, ada pula wanita yang merasa melajang lebih baik dibanding menikah. Pernikahan adalah kebutuhan dan upaya untuk menyeimbangkan keselarasan alam semesta. Jika banyak wanita yang lebih senang melajang, maka dikhawatirkan akan membawa berbagai dampak buruk untuk kedepannya. Sebenarnya kondisi demikian terjadi bukan tanpa alasan. Wanita yang takut menikah memiliki beberapa alasan kuat yang membuat tekadnya untuk melajang sangat kokoh.

Anda perlu tahu apa saja alasan wanita yang senang melajang. Jika anda seorang wanita anda perlu cek pribadi sendiri karena bisa jadi dari alasan di bawah ini anda juga mengalaminya. Jika makin banyak wanita yang takut menikah maka akan membuat situasi menjadi kacau dan tidak seimbang seperti dulu lagi. Maka kenali apa saja alasannya dan cari tahu upaya antisipasinya agar hal tersebut tidak berlarut-larut. Berikut ini beberapa alasan mengapa wanita enggan menikah.

Berbagai Alasan Wanita Takut Menikah

Trauma
Lebih memilih melajang dibandingkan menikah bisa jadi dilandasi karena perasaan trauma. Mungkin dulunya memiliki keinginan untuk menikah. Namun karena pernah disakiti oleh lelaki bahkan beberapa kali membuat perasaan takut menjalin hubungan lebih besar dibandingkan keinginan untuk menikah. Trauma juga bisa terjadi karena orangtua juga mengalami kegagalan dalam rumah tangga sehingga membuat keinginan untuk menikah kecil.

Sudah mandiri
Bisa jadi wanita yang terlampau mandiri juga menjadi alasan lainnya. Karena sudah memiliki pekerjaan atau usaha yang mapan, wanita akan merasa tidak membutuhkan sosok laki-laki lagi. Perasaan mandiri berlebihan ini akan membuat keinginan menjalin rumah tangga tidak begitu besar. Selain itu, karena merasa senang mengurus keluarga juga membuatnya sudah cukup dengan posisi tersebut dan tidak mau membuka diri lagi.

Memiliki perasaan tidak ingin dikekang
Biasanya perasaan tidak ingin dikekang dimiliki oleh wanita yang karirnya sangat cemerlang. Ia akan berpikir bahwa jika memiliki suami nantinya karirnya akan terhambat atau bahkan tidak boleh berkarir seperti dulu. Hal tersebut menjadi alasan mengapa wanita sudah cukup dengan posisi melajang. Perasaan tersebut mestinya tidak terlalu kuat karena pada fitrahnya wanita tetap memerlukan sosok laki-laki dalam hidupnya.

Lingkungan pertemanan yang mendukung
Keinginan untuk melajang juga semakin kuat karena bergaul dengan teman-teman yang masih lajang. Teman anda adalah cerminan bagaimana kepribadian anda sendiri. Karena orang terdekat tidak berkeinginan menikah dalam waktu dekat, anda merasa nyaman saja bergaul dan berada dalam status lajang. Berbeda jika teman-teman menikah satu per satu maka akan memantik rasa ingin menikah karena terpicu oleh teman-teman anda.

Berpikir pernikahan adalah hal yang merepotkan
Wanita yang takut menikah biasanya berpikiran bahwa pernikahan adalah hal yang merepotkan. Mereka akan mundur lebih dulu ketika memikirkan bagaimana nanti mengurus suami, anak, bergaul dengan mertua, dan tidak lagi sebebas dulu. Pemikiran tersebut sebenarnya mesti dibenahi dengan mengenal bagaimana indahnya pernikahan dari kawan, keluarga, atau orang terdekat anda. dengan demikian, pemikiran sempit tersebut mampu terbuka lebih luas.

Itu dia beberapa alasan yang menjadikan keinginan melajang seorang wanita begitu kuat. Alasan tersebut sebenarnya bisa diluruhkan jika wanita mampu survive dari perasaan trauma dan lebih membuka diri dengan pemikiran lain. Semoga bermanfaat