Tempat Wisata di Kalimantan Utara Yang Wajib Dikunjungi

Kalimantan Utara adalah nama dari sebuah propinsi yang letaknya berada di bagian utara Pulau Kalimantan, propinsi yang ibukotanya ada di Tanjung Selor ini berbatasan langsung dengan Negara Bagian Sabah dan Sarawak yang ada di Malaysia. Perlu diketahui bahwa Kalimantan Utara merupakan propinsi termuda di Indonesia yang resmi disahkan pada tanggal 25 Oktober 2012. Sebelum terjadi pemekaran,wilayah Kalimantan Utara merupakan bagian dari Propinsi Kalimantan Timur.

Meskipun merupakan propinsi termuda yang ada di Indonesia, namun Kalimantan Utara ternyata menyimpan potensi yang besar dalam bidang pariwisata sehingga hal tersebut tentu saja akan mampu menjadi daya tarik bagi para wisatawan untuk mengunjunginya. Wilayah Kalimantan Utara memang memiliki berbagai macam tempat wisata menarik yang bisa dijadikan sebagai destinasi wisata pada saat liburan. Jika Anda belum menentukan tujuan wisata, maka Anda bisa mengunjungi beberapa tempat wisata di Kalimantan Utara seperti di bawah ini.

Tempat Wisata di Kalimantan Utara Yang Wajib Dikunjungi

1. Long Bawan
Salah satu tempat wisata yang bisa Anda kunjungi di Kalimantan Utara adalah Long Bawan yang lokasinya berbatasan langsung dengan Negara Bagian Sabah di Malaysia. Perlu Anda ketahui bahwa Long Bawan merupakan sebuah desa yang menjadi tempat tinggal bagi suku Dayak Lundayeh, selain itu Anda juga bisa menyaksikan berbagai upacara adat yang sering dilakukan di desa ini.

2. Persemaian Inhutani
Selain Long Bawan, Anda juga bisa berkunjung ke Persemaian Inhutani yang mana merupakan sebuah tempat yang sangat sesuai untuk menikmati keindahan alam dengan panorama yang sangat mempesona. Anda akan bisa menemukan banyaknya pohon rindang yang tumbuh di kawasan ini sehingga tentu saja akan sangat sesuai untuk melepaskan kepenatan dan juga stres yang Anda alami.

3. Hutan Lindung Sungai Sesayap
Hutan Lindung Sungai Sesayap menjadi tempat wisata ketiga yang juga bisa Anda jadikan sebagai destinasi wisata di Kalimantan Utara, perlu Anda ketahui bahwa kawasan hutan lindung ini dilindungi oleh pemerintah karena menjadi habitat alami bagi beberapa jenis satwa langka. Para wisatawan bisa menyusuri sungai di kawasan Hutan Lindung Sungai Sesayap menggunakan perahu.

4. Pantai Batu Lamampu
Tempat wisata berikutnya yang juga tidak boleh dilewatkan ketika liburan di Kalimantan Utara adalah Pantai Batu Lamampu yang lokasinya di daerah Pulau Sebatik, Kabupaten Nunukan. Pantai Batu Lamampu menyajikan pemandangan alam yang sangat mempesona, Anda akan bisa menyaksikan batu yang muncul dari laut pada saat airnya sedang pasang sehingga akan menjadi pemandangan menarik.

5. Pantai Tanah Kuning
Pantai Tanah Kuning adalah sebuah tempat wisata yang juga wajib Anda kunjungi saat berlibur di Kalimantan Utara, pantai ini terletak di kawasan Derawan yang dikenal banyak ikannya sehingga sangat sesuai sebagai tempat memancing. Sesuai dengan namanya, pantai yang satu ini memiliki keunikan di mana pasirnya berwarna kekuningan yang membedakannya dari pantai yang lain.

Jika Anda ingin liburan ke Kalimantan Utara, maka Anda tak boleh melewatkan beberapa tempat wisata menarik yang ada di atas.

This page needs javascript enabled !