Destinasi Tempat Wisata Pantai di Jawa Tengah

Destinasi Tempat Wisata Pantai di Jawa Tengah

Beriwarta – Sesuai dengan namanya, Jawa Tengah merupakan sebuah propinsi yang letaknya berada di bagian tengah Pulau Jawa. Propinsi yang ibukotanya ada di Kota Semarang ini diapit oleh dua lautan yakni Laut Jawa di sebelah utara serta Samudera Hindia di sebelah selatan. Seperti halnya propinsi lain yang ada di Indonesia, Jawa Tengah juga menyimpan potensi yang sangat besar di bidang pariwisata yang mana hal tersebut akan bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan untuk mengunjunginya.

Ada banyak sekali objek wisata menarik yang sangat beragam di Jawa Tengah mulai dari wisata alam, wisata budaya, wisata edukasi, wisata sejarah, wisata belanja, hingga wisata kuliner. Apabila Anda lebih menyukai untuk pergi liburan ke kawasan pantai, Anda tidak perlu khawatir sebab Jawa Tengah memiliki banyak sekali tempat wisata pantai dengan panorama alam yang indah, baik itu pantai yang ada di pesisir utara maupun pantai yang berada di pesisir selatan, pada kesempatan kali ini akan kami ulas destinasi tempat wisata pantai di Jawa Tengah.

Destinasi Tempat Wisata Pantai di Jawa Tengah

1. Pantai Menganti
Salah satu pantai di Jawa Tengah yang bisa Anda jadikan sebagai destinasi wisata adalah Pantai Menganti yang berlokasi di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen. Pantai Menganti menyajikan pemandangan alam yang begitu indah dengan deburan ombaknya yang besar, selain itu Anda juga bisa menaiki bukit yang ada di sekitar kawasan pantai untuk menikmati keindahan panoramanya.

2. Pantai Pecaron
Pantai Pecaron merupakan pantai kedua yang juga bisa dijadikan sebagai destinasi wisata, pantai ini terletak di Desa Srati, Kecamatan Ayah yang lokasinya tidaklah jauh dari Pantai Menganti. Hanya saja Pantai Pecaron letaknya cukup tersembunyi karena berada di balik bukit sehingga Anda harus berjalan terlebih dahulu untuk mencapai lokasinya, namun rasa lelah Anda akan sirna setelah menyaksikan keindahannya.

3. Pantai Widarapayung
Destinasi wisata berikutnya yang juga bisa Anda kunjungi adalah Pantai Widarapayung yang lokasi persisnya ada di Desa Widarapayung, Kecamatan Binangun, Kabupaten Cilacap. Pantai Widarapayung pernah terkena tsunami pada tahun 2006 yang lalu, namun kini pantai tersebut telah pulih seperti sedia kala, pantai ini juga sangat sesuai sebagai tempat selancar karena memiliki ombak yang besar.

4. Pantai Pailus
Selain Pantai Widarapayung, Anda juga bisa mengunjungi Pantai Pailus yang lokasinya ada di Kabupaten Jepara. Perlu Anda ketahui bahwa Pantai Pailus juga menjadi pintu gerbang bagi para wisatawan yang akan mengunjungi Kepulauan Karimunjawa. Pantai Pailus menyuguhkan panorama alam yang mempesona, Anda juga bisa menemukan beberapa rumah makan di sekitar pantai ini.

5. Pantai Bandengan
Pantai lainnya di Jawa Tengah yang bisa Anda jadikan sebagai destinasi wisata adalah Pantai Bandengan, pantai yang satu ini sering dijadikan sebagai lokasi penyelenggaraan festival layang-layang. Selain itu, Pantai Bandengan juga memiliki pemandangan alam yang begitu menakjubkan, para wisatawan akan bisa melakukan berbagai macam olahraga air di pantai ini.

Jika Anda menyukai liburan di kawasan pantai, maka Anda bisa mengunjungi beberapa pantai indah yang ada di Jawa Tengah.