Destinasi Tempat Wisata Menawan di Kalimantan Timur

Destinasi Tempat Wisata Menawan di Kalimantan Timur

Beriwarta – Kalimantan Timur adalah nama dari sebuah propinsi yang terletak di bagian timur Pulau Kalimantan, propinsi yang ibukotanya ada di Samarinda ini juga menjadi propinsi dengan kepadatan penduduk terendah keempat di Indonesia. Kalimantan Timur memiliki sejarah yang penting karena di wilayahnya pernah berdiri kerajaan besar seperti misalnya Kutai Kertanegara, Kesultanan Pasir, dan lainnya. Wilayah Kalimantan Timur sendiri sebagian besarnya merupakan hutan hujan tropis.

Propinsi Kalimantan Timur memiliki wilayah yang sangat luas sehingga membuat propinsi ini menyimpan potensi wisata yang begitu besar. Anda akan bisa menemukan ada banyak sekali tempat wisata menawan yang ada di wilayah Kalimantan Timur sehingga hal tersebut tentu saja akan mampu menjadi magnet bagi para wisatawan untuk mengunjungi propinsi tersebut. Bagi Anda yang memiliki rencana untuk liburan di Kalimantan Timur, maka tidak ada salahnya apabila Anda mengunjungi beberapa tempat wisata yang akan diulas berikut ini.

Destinasi Tempat Wisata Menawan di Kalimantan Timur

1. Danau Jempang
Salah satu destinasi wisata yang wajib Anda kunjungi di Kalimantan Timur adalah Danau Jempang yang lokasinya ada di Kabupaten Kutai Barat, Danau Jempang adalah danau terbesar yang ada di sepanjang Sungai Mahakam. Danau yang kedalamannya mencapai 8 meter ini dikenal akan keanekaragaman flora dan faunanya, menariknya lagi danau ini akan mengering setiap 5 tahun sekali.

2. Batu Dinding
Selain Danau Jempang, Anda juga bisa mengunjungi Batu Dinding yang juga menjadi destinasi wisata populer di kalangan wisatawan yang berlibur ke Kalimantan Timur. Batu Dinding sendiri merupakan gugusan batu kapur yang menjulang dan seolah memagari Sungai Mahakam sepanjang kurang lebih 800 meter, tempat wisata yang satu ini juga sangatlah sesuai sebagai spot untuk berfoto.

3. Kawasan Wisata Bukit Bingkirai
Kawasan Wisata Bukit Bingkirai merupakan tempat wisata ketiga yang bisa Anda jadikan sebagai destinasi saat liburan di Kalimantan Timur. Kawasan wisata ini dikelola oleh PT Inhutani dan diresmikan pada tahun 1998, Anda akan bisa menyaksikan hutan hujan tropis yang masih sangat terjaga kelestariannya, Anda juga akan menemukan vegetasi anggrek hutan liar di tempat ini.

4. Goa Losan
Destinasi wisata keempat yang bisa Anda kunjungi di Kalimantan Timur adalah Goa Losan yang lokasinya berada di jalan lintas Kalimantan Timur – Kalimantan Selatan, tepatnya ada di Kecamatan Muara Komam. Goa Losan merupakan sebuah goa alami yang mana Anda bisa menyusuri bagian dalam goa untuk menyaksikan ukiran alam di dinding goanya yang sangat eksotis.

5. Liang Watulangit
Liang Watulangit juga bisa Anda jadikan sebagai destinasi wisata pada saat berlibur di Kalimantan Timur, objek wisata ini lokasinya berada di Kabupaten Paser. Liang Watulangit atau dikenal juga dengan nama Goa Mengangkat Langit merupakan gunung batu yang seolah menjadi dinding serta atap dari Sungai Kandilau, selain itu Anda juga bisa menyaksikan area hutan di sekitar kawasan ini.

Bagi Anda yang berencana untuk pergi liburan ke Kalimantan Timur, maka Anda bisa mengunjungi beberapa destinasi wisata yang ada di atas.