Destinasi Tempat Wisata di Kuningan Jawa Barat

Destinasi Tempat Wisata di Kuningan Jawa Barat

Beriwarta – Kuningan adalah sebuah wilayah kabupaten yang secara administratif menjadi bagian dari Jawa Barat. Kabupaten yang ibukotanya ada di Kota Kuningan ini lokasi persisnya berada di bagian barat dari Propinsi Jawa Barat yang membuatnya berbatasan langsung dengan Kabupaten Brebes di Propinsi Jawa Tengah. Wilayah Kuningan sendiri memiliki topografi yang cukup bervariasi dengan kawasan dataran rendah di bagian timur serta kawasan dataran tinggi dan pegunungan yang ada di sebelah barat.

Tidak hanya itu saja, Kabupaten Kuningan ternyata menyimpan potensi wisata yang besar dan tidak kalah dengan kabupaten lainnya yang ada di Jawa Barat. Hal tersebut tentu saja akan mampu menjadi magnet bagi para wisatawan untuk mengunjunginya, ada berbagai macam tempat wisata yang bisa Anda temukan di wilayah Kuningan mulai dari wisata alam, wisata budaya, wisata edukasi, wisata keluarga, hingga wisata kuliner. Bagi Anda yang belum menentukan destinasi liburan, maka Anda bisa berkunjung ke beberapa destinasi wisata di Kuningan seperti berikut ini.

Destinasi Tempat Wisata di Kuningan Jawa Barat

1. Curug Putri
Curug Putri merupakan salah satu tempat wisata di Kuningan yang sangat layak untuk Anda jadikan sebagai destinasi wisata pada saat liburan, curug yang satu ini lokasi persisnya berada di Kecamatan Cigugur yakni kurang lebih 10 km dari pusat kota Kuningan. Curug Putri memiliki debit air yang cukup deras, selain itu curug ini juga berada di kawasan hutan yang masih sangat asri.

2. Telaga Remis
Tempat wisata kedua di Kuningan yang tidak boleh Anda lewatkan adalah Telaga Remis yang mana merupakan sebuah telaga atau danau dengan airnya yang sangat jernih bagaikan kaca. Telaga Remis memiliki keunikan di mana di dalam telaga ini banyak ditemukan kerang air tawar (remis), selain itu panorama alam disekitar telaga juga sangatlah mempesona dengan udara yang sejuk.

3. Telaga Nilem
Selain Telaga Remis, Anda juga bisa mengunjungi Telaga Nilem yang lokasinya berada di Desa Kaduela, Kecamatan Pesawahan, Kabupaten Kuningan yang berjarak kurang lebih 35 km dari pusat kota Kuningan. Telaga Nilem merupakan sebuah danau yang airnya begitu jernih sehingga Anda akan bisa dengan mudah menyaksikan ganggang, lumut, ikan, dan bebatuan yang ada di dalamnya.

4. Curug Sidomba
Curug Sidomba merupakan tempat wisata keempat yang juga bisa Anda kunjungi di Kabupaten Kuningan, curug yang satu ini lokasi persisnya berada di Kecamatan Jalaksana yang jaraknya sekitar 18 km dari pusat kota Kuningan. Air di Curug Sidomba berasal dari mata air Gunung Ciremai yang sangat jernih, selain itu Anda juga bisa menyaksikan panorama alamnya yang sangat asri.

5. Curug Bangkong
Tempat wisata lainnya yang juga bisa Anda kunjungi di Kuningan adalah Curug Bangkong yang lokasinya ada di Desa Kertawiratma, Kecamatan Nusaherang, Kuningan. Curug Bangkong sendiri adalah sebuah air terjun dengan ketinggian sekitar 23 meter, selain itu curug ini juga menjadi habitat alami dari katak berukuran besar yang biasa disebut dengan bangkong sehingga dijuluki Curug Bangkong.

Jika Anda ingin mengisi liburan di Kuningan, maka Anda tidak boleh melewatkan beberapa tempat wisata yang ada di atas.