Destinasi Tempat Wisata di Klaten Yang Sayang Dilewatkan

Destinasi Tempat Wisata di Klaten Yang Sayang Dilewatkan

Beriwarta – Klaten adalah sebuah kabupaten yang secara administratif menjadi bagian dari Jawa Tengah, kabupaten yang beribukota di Kota Klaten ini lokasi persisnya berada di sebelah utara Daerah Istimewa Yogyakarta. Secara garis besar, wilayah Klaten sendiri terbagi menjadi tiga bagian yakni pegunungan di bagian utara, dataran rendah di bagian timur, serta kawasan gunung kapur di bagian selatan. Selain itu wilayah Klaten berada di ketinggian 75 hingga 160 meter di atas permukaan laut.

Sama seperti kabupaten lainnya yang ada di Jawa Tengah, Klaten juga menyimpan potensi yang sangat besar di bidang pariwisata di mana hal ini tentu saja akan menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk mengunjunginya. Meskipun tidak sepopuler Yogykarta, namun Klaten juga memiliki berbagai macam tempat wisata menarik yang sangat layak untuk Anda jadikan sebagai destinasi wisata di saat liburan. Apabila Anda masih belum menentukan destinasi wisata, maka Anda bisa mengunjungi beberapa tempat wisata di Klaten seperti di bawah ini.

Destinasi Tempat Wisata di Klaten Yang Sayang Dilewatkan

1. Umbul Ponggok
Umbul ponggok merupakan tempat wisata pertama yang tidak boleh Anda lewatkan, tempat wisata ini terletak di Ponggok, Polanharjo, Kabupaten Klaten. Umbul Ponggok sendiri menyajikan wisata air yang sangat unik di mana Anda bisa melakukan diving atau snorkeling untuk melihat berbagai benda tak biasa yang ada di dasarnya antara lain sepeda motor, televisi, dan sebagainya.

2. Candi Prambanan
Tempat wisata kedua yang juga bisa Anda kunjungi yakni Candi Prambanan yang berlokasi di Bokoharjo, perbatasan antara Kabupaten Klaten dengan Kabupaten Sleman. Candi Prambanan sendiri merupakan candi bercorak Hindu yang telah diresmikan menjadi World Heritage oleh UNESCO, Candi Prambanan dikenal juga dengan nama Candi Roro Jonggrang yang terdiri dari 240 bangunan candi besar dan kecil.

3. Candi Sewu
Selain Candi Prambanan, Anda juga bisa mengunjungi Candi Sewu yang beralamat di Jalan Raya Jogja-Solo KM 15, Tlogo, Kalasan, Kabupaten Klaten yang jaraknya kurang lebih hanya 800 meter dari Candi Prambanan. Meskipun dinamakan Candi Sewu yang berarti candi seribu, namun Anda hanya akan menemukan 249 buah bangunan candi, candi ini memiliki pintu gerbang yang menghadap ke empat penjuru mata angin.

4. Umbul Cokro
Tempat wisata berikutnya yang juga harus Anda kunjungi adalah Umbul Cokro yang lokasinya berada di Cokro, Tulung, Kabupaten Klaten. Umbul Cokro sendiri merupakan sebuah kolam air tawar yang sangat jernih di mana para wisatawan bisa bermain air di dalamnya. Tidak hanya itu saja, Umbul Cokro juga menawarkan beberapa fasilitas seperti kolam arus, papan seluncuran, dan sebagainya.

5. Candi Merak
Wilayah Klaten memang memiliki banyak candi, salah satunya adalah Candi Merak yang lokasi persisnya berada di Karangnongko, Kabupaten Klaten. Konon pada jaman dahulu terdapat pohon joho tua di kawasan candi ini yang sering dijadikan tempat bertengger burung merak. Selain itu Candi Merak ini memiliki ciri khas dengan adanya arca atau patung Ganesha, Nandi, dan Durga.

Jika Anda ingin liburan di Klaten, maka tidak ada salahnya apabila Anda berkunjung ke beberapa tempat wisata yang ada di atas.