Danau di Indonesia Yang Menarik dan Wajib Anda Kunjungi

Danau di Indonesia Yang Menarik dan Wajib Anda Kunjungi

Beriwarta – Indonesia merupakan sebuah negara yang letaknya ada di kawasan Asia Tenggara, negara ini juga merupakan negara kepulauan paling besar di dunia yang wilayahnya memiliki luas total kurang lebih 1,9 juta kilometer persegi dengan jumlah pulau lebih dari 17 ribu pulau. Wilayah Indonesia dilintasi oleh garis lintang nol derajat atau garis khatulistiwa tepatnya di Kota Pontianak yang mana hal ini menyebabkan Indonesia memiliki iklim tropis dengan dua musim yakni musim hujan dan musim kemarau.

Perlu Anda ketahui bahwa Indonesia menyimpan potensi wisata yang begitu besar sehingga tentu saja akan menjadi daya tarik bagi para wisatawan. Wilayah Indonesia yang terbentang luas dari Sabang hingga Merauke memang memiliki banyak tempat wisata menarik yang sangat layak untuk Anda kunjungi pada saat liburan. Jika Anda menyukai danau, maka Anda juga bisa menemukan banyak danau yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia, pada kesempatan kali ini akan kami ulas beberapa danau di Indonesia yang menarik dan wajib Anda kunjungi.

Danau di Indonesia Yang Menarik dan Wajib Anda Kunjungi

1. Danau Sentani
Salah satu danau yang bisa Anda jadikan sebagai destinasi wisata pada saat liburan adalah Danau Sentani yang lokasinya ada di Papua, tepatnya ada di lereng cagar alam Cycloop yang berada di ketinggian 75 meter di atas permukaan laut. Danau Sentani memiliki keunikan karena terdapat 22 pulau yang hingga saat ini masih ditinggali oleh salah satu suku asli Papua yakni suku Sentani.

2. Danau Paniai
Masih dari Papua di kawasan Indonesia bagian timur, Anda akan menemukan Danau Paniai yang lokasi persisnya berada di Kabupaten Paniai. Danau Paniai merupakan sebuah danau alami dengan airnya yang sangat jernih dan memiliki luas kurang lebih 14 ribu hektar dengan ketinggian 1700 meter di atas permukaan laut, danau yang satu ini menyuguhkan panorama alam yang mempesona.

3. Danau Maninjau
Beralih ke bagian barat Indonesia, Anda akan menemukan Danau Maninjau yang lokasinya ada di Sumatera Barat. Danau Maninjau sendiri merupakan sebuah danau yang terbentuk karena aktivitas vulkanik, danau yang letaknya berada di ketinggian 460 meter di atas permukaan laut ini menyajikan panorama alam yang begitu mempesona dengan udaranya yang sejuk.

4. Ranu Kumbolo
Danau keempat yang juga wajib untuk Anda kunjungi adalah Ranu Kumbolo yang terletak di Jawa Timur, persisnya berada di kaki Gunung Semeru. Perlu Anda ketahui bahwa Ranu Kumbolo sering disebut sebagai surga yang tersembunyi, pasalnya Anda harus melakukan trekking dengan medan yang berat terlebih dahulu. Namun rasa lelah Anda akan sirna setelah menyaksikan keindahan dari Ranu Kumbolo.

5. Danau Segara Anak
Danau Segara Anak adalah danau kelima yang sangat layak untuk Anda jadikan sebagai destinasi wisata pada saat liburan, danau yang satu ini lokasinya berada di Desa Sembalun Lawang, Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Danau Segara Anak memiliki air yang berwarna biru yang akan mengingatkan Anda pada warna air laut, Anda juga bisa menyaksikan keindahan panorama di sekitar danau ini.

Jika Anda ingin berlibur ke kawasan danau, maka Anda bisa berkunjung ke beberapa danau dengan panorama indah yang ada di atas.