5 Tempat Wisata di Dieng Yang Menyajikan Panorama Alam Indah

5 Tempat Wisata di Dieng Yang Menyajikan Panorama Alam Indah

Beriwarta– Dieng adalah sebuah kawasan dataran tinggi yang masih berada di Propinsi Jawa Tengah, Dieng juga menjadi bagian dari rangkaian pegunungan vulkanik yang masih aktif hingga saat ini. Dataran tinggi Dieng mencakup wikayah Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Banjarnegara yang memiliki ketinggian kurang lebih 2 ribu meter di atas permukaan laut, hal tersebut menjadikan kawasan Dieng memiliki lingkungan yang masih asri dengan suhu udara yang sangat sejuk.

Selama ini dataran tinggi Dieng memang telah dikenal sebagai salah satu tujuan wisata yang sangat populer di Jawa Tengah, hal ini tidaklah mengherankan karena Dieng memang menyimpan potensi wisata yang sangat besar sehingga akan menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan untuk mengunjunginya. Kawasan Dieng memiliki berbagai macam tempat wisata menarik yang sangat layak untuk dijadikan sebagai destinasi liburan, pada kesempatan ini akan kami ulas 5 tempat wisata di Dieng yang menyajikan panorama alam indah.

5 Tempat Wisata di Dieng Yang Menyajikan Panorama Alam Indah

1. Bukit Sikunir
Bukit Sikunir merupakan salah satu tempat wisata yang tidak boleh Anda lewatkan ketika liburan di Dieng, bukit yang satu ini menawarkan panorama alam yang sangat menakjubkan dengan udaranya yang sejuk. Selain itu Bukit Sikunir juga menjadi tempat yang sangat sesuai untuk menyaksikan keindahan matahari terbit, namun tentu saja Anda harus sudah tiba di lokasi menjelang pagi hari.

2. Kawah Sikidang
Tempat wisata kedua yang juga bisa Anda kunjungi di dataran tinggi Dieng adalah Kawah Sikidang, kawah ini lokasinya tidaklah jauh dari Bukit Sikunir. Kawah Sikidang merupakan salah satu kawah yang sangat terkenal, Anda akan bisa menyaksikan kawah dengan asap yang terus mengepul karena memang berada di kawasan gunung berapi yang masih aktif, alangkah baiknya jika Anda mengenakan masker karena aroma belerang yang cukup kuat.

3. Telaga Warna
Telaga Warna menjadi tempat wisata ketiga yang juga wajib untuk Anda kunjungi ketika berwisata ke Dieng. Telaga Warna merupakan sebuah danau alami yang memiliki keunikan yakni warna airnya yang terdiri dari beberapa macam warna, hal yang satu ini disebabkan karena kandungan belerang yang ada di danau tersebut, Anda juga akan menyaksikan panorama di sekitar danau yang sangat eksotis.

4. Gunung Prau
Gunung Prau merupakan sebuah gunung dengan ketinggian mencapai 2565 meter di atas permukaan laut, gunung yang satu ini memiliki bentuk yang memanjang dan menyerupai sebuah perahu sehingga dinamakan dengan Gunung Prau. Gunung yang satu ini menyuguhkan panorama alam yang begitu menakjubkan di mana Anda akan bisa menyaksikan sunset dan juga sunrise dari atas puncaknya.

5. Telaga Merdada
Selain Telaga Warna, Anda juga bisa mengunjungi Telaga Merdada yang merupakan danau alami terluas yang ada di Dieng dengan luas totalnya mencapai kurang lebih 21 hektar. Telaga Merdada berada di antara dua bukit yakni Bukit Sumurup dan Bukit Pangonan sehingga membuat pemandangannya begitu eksotis, selain itu Anda juga bisa menyaksikan hamparan perkebunan kentang di sekitarnya.

Jika Anda ingin mengisi liburan di dataran tinggi Dieng, maka Anda bisa mengunjungi beberapa tempat wisata dengan panorama alam indah yang ada di atas.