Indonesia Lampaui Target Perolehan Emas

Indonesia Lampaui Target Perolehan Emas

Beriwarta – Asian Games ke 18 yang diadakan di Indonesia sudah memasuki hari ke 10 dari 15 hari pertandingan. Posisi Indonesia saat ini pun masih berada di posisi ke empat setelah sebelumnya sempat berada di posisi ke lima dan menyalip Iran. Sementara di posisi puncak masih bertengger Cina yang diikuti oleh Jepang di posisi kedua dan Korea Selatan di posisi ketiga. Namun, sejauh ini keberhasilan Indonesia lampaui target perolehan emas harus diapresiasi.

Keberhasilan Indonesia lampaui target perolehan emas inilah yang juga mengantarkan Indonesia ke posisi ke empat setelah sebelumnya sempat lama di posisi ke lima dibawah Iran. Target Indonesia yang sebelumnya dicanangkan hanya 16 medali emas. Namun pada hari ke 9 pagelaran Asian Games kemarin yakni hari Senin (27/8), Indonesia kembali memborong sejumlah perolehan sebanyak 10 emas, 2 perak dan 2 perunggu yang langsung menaikkan posisi Indonesia ke posisi empat.

Borongan 10 medali emas yang membawa Indonesia lampaui target perolehan emas terbanyak diperoleh pada pertandingan di Cabang Olahraga Pencak Silat. Total 8 emas disumbangkan oleh atlit pencak silat Indonesia, termasuk oleh pasangan suami istri Iqbal Candra Pratama serta Sarah Tria Monita. Dua emas lainnya disumbangkan oleh Cabang Olahraga Panjat Tebing Tim Putra dan Tim Putri. Untuk dua perak disumbangkan oleh Tim Kano Putra dari nomor 1000 meter perahu naga serta tim panjat tebing untuk kecepatan estafet. Terakhir, dua perunggu diperoleh dari cabang olahraga voli putri serta bulu tangkis tunggal yang dipersembahkan oleh Anthony Sinisuka Ginting.

Mendengar kabar bahwa Indonesia lampaui target perolehan emas, Presiden Jokowi pun langsung memberikan statementnya. Melalui akun Instagramnya yakni @Jokowi, Presiden Jokowi mengunggah foto atlit pencak silat yang memegang bendera merah putih seusai disebutkan sebagai juara. Dalam captionnya, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa Asian Games 2018 masih berlangsung sepekan lagi, namun target emas yang dicanangkan sudah terlampaui. Saat ini Indonesia memiliki 22 emas, 15 perak dan 27 perunggu. Namun, perburuan medal masih berlangsung dan atlit-atlit Indonesia masih berjuang di venue-venue olahraga demi mengharumkan nama bangsa.