Penjelasan Jokowi Tentang Stuntman Dirinya

Penjelasan Jokowi Tentang Stuntman Dirinya

Beriwarta – Pada hari Minggu (19/8) lalu, Asian Games dibuka secara meriah dengan menampilkan berbagai atraksi budaya dari Indonesia. Namun, ada yang berbeda saat itu yakni sebuah tayangan Jokowi yang mengenakan sebuah sepeda motor milik paspampres berusaha menembus keramaian dengan berbagai gaya freestyle hingga akhirnya sampai di panggung. Aksi ini memunculkan berbagai reaksi mulai dari kagum, takut hingga tak sedikit pula yang menganggap negatif adegan tersebut seperti karena Jokowi menggunakan Stuntman. Hingga pada akhirnya muncul penjelasan Jokowi tentang Stuntman dirinya tersebut.

Dihubungi pada hari Senin (20/8) di Istana Negara, penjelasan Jokowi tentang Stuntman kepada wartawan tersebut diperoleh. Jokowi tidak mengungkapkan secara pasti apakah dia menggunakan jasa seorang stuntman atau tidak. Jokowi hanya menggaris bawahi bahwa dalam cuplikan tersebut, Jokowi menyebut aksi tersebut dilakukan hanya untuk menghibur rakyat. Meski pada akhirnya muncul sebuah nama stuntman asal Thailand yang menggantikan Jokowi dalam melakukan tindakan ekstrim.

Sebelum muncul penjelasan Jokowi tentang Stuntman dirinya tersebut, muncul beberapa reaksi negatif dari kalangan politikus. Salah satunya adalah Waketum Partai Demokrat, Roy Suryo. Roy Suryo mengatakan bahwa meskipun tayangan tersebut menggunakan stuntman dan hanya bertujuan untuk hiburan saja, namun sebagai seorang Presiden seharusnya menunjukkan etika. Misalnya dalam tayangan tersebut ditampilkan tulisan bahwa adegan tersebut dilakukan oleh profesional atau stuntman. Tanggapan negatif serupa juga disampaikan oleh Fadli Zon yang membandingkan aksi heroik bocah pemanjat tiang bendera dengan aksi ekstrim Jokowi yang dia nilai lebih heroik aksi bocah bernama Joni Kala tersebut.

Tak hanya dari tanggapan negatif saja yang diperoleh sebelum muncul penjelasan Jokowi tentang Stuntman tersebut. Rekan satu partai Jokowi, Andreas Hugo selaku Ketua DPP PDIP menyampaikan bahwa aktor bintang lima pun dalam aksinya di film-film laga diperankan juga oleh stuntman. Apalagi dalam hal ini yang memerankan adalah seorang presiden yang notabene harus dijaga keselamatannya. Jadi menurutnya, tanggapan negatif pada Jokowi tersebut hanyalah tanggapan iri hati saja.