Cara Menyembuhkan Sembelit Tanpa Obat Di Rumah

September 6, 2018, 12:00 pm
Cara Menyembuhkan Sembelit Tanpa Obat Di Rumah

Beriwarta – Konstipasi atau sembelit semakin umum dan menjadi masalah bagi banyak orang karena dapat menyebabkan ketidaknyamanan. Mari simak informasi tentang cara mengobati sembelit di rumah tanpa minum obat dengan efektif berikut ini!

Pengobatan sembelit dengan penyesuaian pola makan
Kebiasaan makan dan diet sangat mempengaruhi kesehatan kita masing-masing. Penyebab sembelit juga datang dari kesalahan dalam aktivitas sehari-hari. Diet adalah salah satu pengobatan rumah paling aman dan paling efektif untuk sembelit. Ingatlah prinsip-prinsip yang dianalisis di bawah ini!

1. Habiskan waktu untuk sarapan
Dalam kehidupan yang sibuk hari ini, banyak orang mencoba menghemat waktu dengan makan sarapan di jalan untuk bekerja dan belajar. Namun, kebiasaan bangun tidur, kebersihan pribadi, dan sarapan akan mempengaruhi sistem pencernaan, terutama lambung dan usus.

Tidak hanya itu, karena tidak banyak waktu, banyak orang memilih sarapan cepat dan nyaman, seperti mie instan, makanan kaleng, kopi, Ini adalah penyebab penyakit ini.

2. Minum air dengan benar
Melengkapi air sangat penting agar tubuh berfungsi dengan benar. Selain itu, air minum yang tepat akan bermanfaat bagi kesehatan, terutama mereka yang mengalami sembelit, yang mengalami kesulitan untuk pergi ke toilet. Karena air akan membuat tinja menjadi lembut dan membantu Anda lebih nyaman saat BAB.

3. Jangan melewatkan waktu makan
Salah satu penyebab sembelit yang paling umum adalah melewatkan makan. Para ahli mengatakan pencernaan makanan akan merangsang tubuh untuk mendorong sampah ke usus besar. Jika Anda tidak makan dengan benar, perut Anda tidak akan berkontraksi. Selain itu, melewatkan makan juga akan menyebabkan banyak penyakit berisiko lainnya yang tidak dapat disembuhkan. Ubah kebiasaan buruk ini!

4. Sesuaikan menu makanan harian
Sembelit adalah pengobatan rumah sederhana yang bekerja paling baik adalah dengan menyesuaikan menu konstan ini. Anda harus menambahkan makanan yang membantu meningkatkan serat, vitamin dan mineral, sambil menghindari makanan pedas dan panas. Lihat daftar makanan yang dapat mengatasi masalah sembelit yang disarankan oleh ahli di bawah ini.

• Labu: Komposisi labu adalah 94% air. Tidak hanya itu, buah ini kaya vitamin A, magnesium, kalium dan serat, baik untuk sembelit.
• Kubis: Orang sembelit harus makan kubis untuk menyerap serat, vitamin A, B, C, … berlimpah dalam sayuran ini.
• Lobak: Jumlah vitamin C dalam lobak luar biasa, bersama dengan rasa manis, detoksifikasi, pengurangan kolesterol, anti kanker, batu ginjal dan bahkan konstipasi.
• Tauge: Banyak vitamin C, serat, rendah lemak, diuretik, pencahar yang sangat baik menggunakan taoge yang tidak boleh dilewatkan oleh orang dengan sembelit.
• Buah: ini adalah obat pencahar alami yang sangat efektif. Secangkir air buah dapat membantu untuk menambah air, serta menyediakan vitamin dan mineral yang efektif.

Catatan
Tapi bagaimanapun suplemen serat yang berguna untuk sembelit, jika tubuh menyerap terlalu banyak serat akan menyebabkan kembung dan bahkan diare. Jadi, makan serat secukupnya untuk membuat kondisi sembelit menjadi lebih baik dan buang air besar lebih mudah.

Tips untuk mengatasi sembelit
Kebiasaan buruk juga mempengaruhi kondisi. Saat sembelit, jangan mencoba menggunakan terlalu banyak tenaga untuk mendorong sampah keluar. Ini akan melukai anus, menyebabkan pendarahan, lebih serius daripada harus menghadapi prolaps rektum atau wasir.

Selain itu, Anda juga perlu menyesuaikan postur duduk yang benar. Saat berjalan, jangan biarkan perut dan paha menyatu hingga 45 derajat. Kami menyarankan Anda harus meletakkan kursi kecil di kaki Anda. Ini adalah posisi yang membantu meluruskan usus dan membuat buang air besar lebih mudah.

• Jangan duduk lama
Jangan duduk lama jika Anda tidak ingin menghadapi konstipasi, bahkan wasir. Inilah yang pekerja kantor alami, pekerja kantor sering harus bekerja duduk lama dengan komputer. Ini akan memperburuk kondisi Anda. Pada waktu tertentu (30 menit – 1 jam), gerakkan tubuh Anda untuk bersantai.
• Biasakan olahraga
Ketika Anda melihat gejala sembelit, Anda harus berolahraga untuk memperbaiki kondisi. Latihan cepat, berenang, dll. Adalah cara efektif untuk membantu usus Anda menjadi sehat dan mengusir ketidaknyamanan akibat sembelit.

Ini adalah solusi rumah paling efektif yang direkomendasikan untuk Anda saat mengatasi sembelit. Jika penyakitnya ringan, cukup ikuti metode di atas Anda tidak akan sembelit lagi. Namun, ketika penyakit telah mencapai tingkat yang parah, pergilah ke pemeriksaan dan pengobatan medis dokter dalam kombinasi dengan prinsip-prinsip di atas.