5 Cara Untuk Menurunkan Demam Dengan Cepat Di Rumah

5 Cara Untuk Menurunkan Demam Dengan Cepat Di Rumah

Beriwarta – Demam adalah tanda banyak penyakit, penanganan yang tepat dapat menghindari komplikasi seperti kejang-kejang, dan delirium, jika tidak bisa menangani sendiri segera pergi ke rumah sakit. Mari temukan cara mengurangi demam dengan cepat di rumah dengan mudah!

Perubahan cuaca akan menyebabkan suhu tubuh lebih tinggi dari biasanya, yang disebut demam. Tergantung pada status setiap orang bahwa suhu serta gejala yang menyertainya berbeda (kelelahan, berkeringat, tidak nafsu makan).

5 cara untuk menurunkan demam dengan cepat di rumah
Pada saat ini, untuk menghindari komplikasi, Anda harus menggunakan termometer untuk memonitor suhu tubuh pasien. Jika hanya demam biasa atau tidak ada waktu untuk pergi ke rumah sakit, cobalah menerapkan cara untuk menurukan demam lebih cepat di rumah, melalui tips di bawah ini untuk membantu Anda menurunkan demam dengan cepat!

1. Cepat kurangi demam di rumah dengan air hangat
Orang dengan demam harus mencoba air hangat untuk mengontrol suhu tubuh mereka. Pertama, Anda menyiapkan air hangat dan rendam handuk wajah dan peras. Perhatikan bahwa air yang tidak terlalu panas agar tidak menyebabkan luka bakar atau terlalu dingin akan membuat demam lebih parah.

Gunakan handuk ini di telapak tangan, kaki, dahi atau belakang leher untuk mendinginkan. Namun, dalam kasus demam tinggi, pilih area tubuh negara lebih reseptif, banyak pembuluh darah besar dengan kalori tinggi sebagai ketiak, pangkal paha. Jangan lupa mengganti handuk setelah beberapa menit ketika handuk dingin.

Selain itu, penderita demam juga bisa mandi dengan air hangat untuk merilekskan tubuh, menangkis perasaan tidak menyenangkan. Berendam dalam air hangat lebih rendah dari suhu tubuh sekitar 2 derajat adalah yang terbaik.

2. Gunakan bahan alami
Beberapa bumbu atau sayuran memiliki potensi untuk membantu membalikkan demam. Bila Anda merasa suhu tubuhnya tidak terlalu tinggi, bisa dirawat di rumah, jangan mengabaikan bahan-bahan alami di bawah ini.

Putih telur
Ini adalah bahan yang dianggap gel pendingin alami, menyerap panas untuk membantu Anda mengurangi demam secara efektif. Karena itu, hanya sedikit putih telur bisa mengurangi suhu tubuh si pasien dalam waktu yang singkat tanpa obat.

Langkah-langkah spesifik adalah sebagai berikut:
• Siapkan putih telor dari 2-3 telur dan kocok selama satu menit.
• Ambil kain tipis yang direndam pada putih telur.
• Oleskan pada telapak kaki dan kenakan kaos kaki.
• Tunggu sampai handuk mengering, lalu ganti handuk baru.
• Ulangi proses ini untuk menurunkan demam secara efektif.

Bawang putih
Bawang putih menstimulasi keringat, sehingga membantu membalikkan demam. Selain itu, bumbu masakan ini juga bermanfaat sebagai antibakteri, anti radang dan penyakit. Cobalah cara yangdisarankan di bawah ini!

Metode 1: Potong beberapa siung bawang putih dan kemudian diencerkan dengan sekitar 200 ml air panas selama 10 menit, saring dan minum dua kali sehari.
Metode 2: Campurkan beberapa siung bawang putih dengan 10 ml minyak zaitun. Panaskan campuran dan oleskan pada telapak kaki Anda saat bersiap untuk tidur. Ingat untuk menggunakan bungkus kasa bawang putih agar tidak rontok.

Catatan: Ibu hamil, bayi dan orang lansia tidak boleh menggunakan metode ini.

3. Uap
Metode ini akan membantu membuka pori-pori, mendorong racun dan penumpukan panas di dalam tubuh. Bahan-bahan yang paling umum digunakan untuk merebus air adalah serai wangi, jeruk, lemon, daun perilla.

Minyak atsiri dalam bahan ini tidak hanya membantu mengurangi demam tetapi juga infeksi pernafasan. Karena itu, sauna menjadi salah satu cara tercepat untuk menurunkan demam di rumah yang banyak digunakan.

4. Gunakan kompres dingin
Trik lain yang akan membantu membalikkan demam adalah menggunakan kaus kaki yang dicelupkan ke dalam air dingin, peras kaos kaki dan gunakan sampai di sekitar mata kaki selama 15 menit. Ini adalah metode yang relatif efektif untuk mengurangi suhu.

5. Minum banyak air
Dalam kasus demam, tubuh sering kehilangan air. Oleh karena itu, untuk memuaskan sebagian demam ini dan cepat pulih, pengisian air adalah langkah yang sangat penting. Selain itu, jangan lupa tambahkan jus buah, terutama buah jeruk, untuk menambah vitamin dan mineral.

Beberapa catatan untuk diperhatikan ketika mengalami demam
Selain aplikasi demam cepat di rumah yang disebutkan di atas, ingatlah prinsip-prinsip yang tercantum di bawah!

• Berpakaian dalam dingin, lapang, menyerap keringat.
• Sesuaikan diet Anda dengan benar. Makan makanan yang lembut, hangat, mudah dicerna, kaya protein, zat besi, vitamin dan mineral. Hindari makanan dingin.
• Sama sekali tidak mandi atau mandi air dingin.
• Jika demam terlalu tinggi, harus dibawa ke fasilitas medis terdekat untuk perawatan guna meminimalkan risiko komplikasi, terutama pada anak-anak.

Cara di atas adalah cara untuk mengurangi demam di rumah yang kami perkenalkan kepada Anda. Ingatlah untuk melindungi kesehatan Anda dan orang yang Anda cintai saat dibutuhkan.