Pertanyaan Tentang Perubahan Payudara Saat Menyusui

September 1, 2018, 12:00 pm
Pertanyaan Tentang Perubahan Payudara Saat Menyusui

Beriwarta – Payudara akan berubah seiring dengan aktivitas hormon dalam tubuh yang menandakan Anda siap untuk menyusui. Payudara besar, drooping atau puting dalam adalah tiga masalah yang mungkin Anda alami saat ini.

Payudara yang indah dan kencang adalah impian banyak wanita, tetapi setelah melahirkan, semuanya telah berubah. Apakah payudara bertambah atau menunjukkan gejala khusus setelah lahir? Artikel berikut akan mempelajari cara mengatasi perubahan payudara setelah melahirkan.

Mengapa payudara tumbuh sangat cepat?
Payudara Anda lebih besar untuk mempersiapkan produksi susu bayi. Selama kehamilan, kadar estrogen dan progesteron akan meningkat sangat tinggi, hormon akan merangsang aktivitas kelenjar susu dan saluran susu. Hasilnya adalah payudara Anda akan tumbuh lebih cepat, terutama setelah lahir.

Payudara saya sudah besar. Apakah ada cara untuk memperlambat pembesaran payudara?
Mempertahankan berat badan dalam kendali akan membantu payudara Anda tidak tumbuh lagi. Tetapi untuk hormon, Anda tidak bisa ikut campur. Tidak ada makanan, latihan atau kosmetik yang dapat menghentikan perkembangan payudara selama kehamilan. Anda hanya perlu mengganti bra dengan ukuran yang baru.

Mengapa puting saya menjadi hitam dan gelap?
Sekali lagi, penyebabnya adalah karena perubahan hormonal. Dari trimester pertama, retakan kecil di sekitar puting akan tampak lebih jelas untuk mempersiapkan bayi. Puting yang lebih gelap juga disebabkan oleh hormon. Hormon yang diubah merangsang sel untuk menghasilkan pigmentasi, sehingga puting menjadi hitam, terutama jika Anda memiliki kulit putih. Namun, beberapa bulan setelah lahir, puting akan kembali normal.

Apakah ada cara untuk menghindari peregangan pada payudara setelah melahirkan?
Ini karena faktor keturunan. Stretch mark terjadi ketika serat kolagen dan elastin meregang terlalu banyak. Jika Anda memiliki kulit yang tidak memiliki elastisitas, Anda akan mendapatkan stretch mark. Meskipun banyak krim diiklankan untuk membantu mencegah kondisi ini, hampir tidak ada yang berhasil. Itu hanya membuat kulit Anda lebih lembut.

Meskipun tidak ada cara yang pasti untuk mengobati stretch mark, mengendalikan berat badan Anda dapat membantu. Setelah lahir selama beberapa bulan, stretch mark akan memudar.

Payudaraku tidak seimbang sebelum kehamilan dan tampaknya menjadi lebih buruk setelah melahirkan. Kenapa?
Payudara sangat sensitif terhadap hormon. Jika payudara tidak seimbang sebelum kehamilan, payudara yang lebih kecil akan menerima lebih sedikit hormon karena ada lebih sedikit jaringan payudara. Karena itu, 2 payudara tidak akan tumbuh sama rata. Selain itu, jika seorang wanita memiliki kedua sisi payudara yang sama tetapi satu sisi memiliki operasi, maka sisi itu tidak akan mendapatkan hormon sebanyak hormon lainnya.

Apakah ada cara untuk mencegah penumpukan postpartum?
Tidak ada cara untuk menghentikan ini tetapi menjaga berat badan tetap stabil dan memakai bra. Ada banyak krim dan suplemen “menjanjikan” yang akan membantu, tetapi dokter menyarankan Anda untuk menghemat uang dan tidak berinvestasi di dalamnya. Menerapkan lotion tidak akan mempengaruhi otot dada yang terletak di dada daripada di bawah. Karena itu, latihan tidak membantu.

Saya menyusui dan payudara saya terasa sakit. Mengapa demikian dan apa yang harus saya lakukan?
Payudamu bisa direntangkan. Solusi paling sederhana adalah memerah susu atau memberi makan bayi Anda lebih sering. Anda dapat melakukannya dengan tangan, yang akan membawa lebih banyak manfaat. Sarung tangan di sekitar payudara juga bisa membantu meredakan rasa sakit.

Apakah penggunaan bra ketat dapat mempengaruhi menyusui. Apakah ini benar?
Saluran susu dapat meluas ke tulang rusuk. Bra ketat yang dipasang dapat mengganggu produksi ASI. Selain itu, lengan Anda mungkin tegang saat Anda sedang menyusui. Idealnya, Anda harus memilih bra nirkabel saat Anda sedang menyusui.

Puting saya sakit, pecah-pecah dan berdarah saat menyusui. Apa yang harus saya lakukan?
Anda bisa menggunakan salep khusus yang dengan lembut dioleskan ke puting dan harus dicuci sebelum menyusui. Jika hanya terasa menyakitkan pada awalnya, maka jika berlangsung lebih dari 1-2 minggu, mungkin bayi tidak diposisikan dengan benar. Ini dapat menyebabkan bayi kehilangan banyak susu dan memengaruhi produksi ASI Anda.

Saya menyusui tetapi bengkak kemerahan muncul di dada saya. Apa itu dan mengapa?
Susu adalah lingkungan yang ideal bagi bakteri untuk tumbuh. Selain itu, mulut bayi juga mengandung banyak bakteri. Bayi dapat menggaruk kulit Anda ketika Anda memberi makan dan menyebabkan bakteri menyebar, menyebabkan infeksi payudara. Anda mungkin memperhatikan ini ketika Anda melihat payudara merah, panas bengkak, disertai demam dan gejala mirip flu. Dokter Anda akan meresepkan beberapa antibiotik yang aman untuk Anda dan menyarankan Anda untuk tetap hangat, mendorong Anda untuk terus menyusui. Kadang-kadang, mastitis dapat menyebabkan abses, tumor yang menyakitkan, dan nanah dan operasi untuk mengangkat nanah.

Menyusui dan memerah secara teratur adalah cara untuk menjaga agar susu mengalir dan saluran susu tersumbat, menyebabkan mastitis. Setelah menyusui, bersihkan dan bersihkan puting dengan hati-hati untuk meminimalkan bakteri.

Di bawah pengaruh hormon, menyusui atau kehamilan telah banyak membuat perubahan pada tubuh sehingga banyak orang merasa tidak nyaman. Namun, Anda perlu menyiapkan psikologi, belajar tentang masalah umum terjadi payudara dan makan sehat dan bergizi agar dapat menyusui ASI dengan baik.