Ketika ASI di Payudara Terlalu Penuh, Apa Yang Harus Saya Lakukan?

Ketika ASI di Payudara Terlalu Penuh, Apa Yang Harus Saya Lakukan?

Beriwarta – Dalam proses pengasuhan anak, susu ibu yang berlebihan dapat menyebabkan anak tersedak. Ketika menghadapi situasi ini, Anda tahu bagaimana menangani? Silakan merujuk ke artikel ini.

Kurang susu atau lebih banyak susu adalah masalah bagi ibu untuk peduli selama menyusui. Banyak orang berpikir bahwa sekresi susu itu baik karena bayi minum susu sebanyak-banyaknya, bayi akan memiliki lebih banyak nutrisi. Namun, kenyataannya tidak demikian. Lebih banyak susu juga bisa menyebabkan risiko seperti tersedak.

Tips mengatasi kelebihan ASI saat menyusui
Refleks susu adalah respons yang terkondisi dan fisik. Hormon oksitosin diproduksi lebih cepat karena tindakan mengisap bayi yang merangsang saraf puting. Hormon ini diproduksi lebih banyak, semakin cepat ASI. Jika Anda menghadapi masalah ini, apa yang harus Anda lakukan? Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda menyusui dengan nyaman dan aman dalam kasus-kasus ketika ASI keluar terlalu banyak.

1. Buat tanda-tanda untuk menghentikan produksi payudara
Ketika Anda sedang menyusui, letakkan tangan Anda di dada kiri dan tekan puting Anda selama beberapa detik. Ulangi proses ini beberapa kali untuk memberi tanda pada tubuh untuk menghentikan produksi ASI.

2. Periksa puting Anda
Jika bayi Anda tidak menyusui dengan benar, asi yang berlebihan dapat menumpuk di mulutnya dan menyebabkan tersedak. Idealnya, Anda harus memastikan bahwa bayi Anda diberi makan dengan benar. Dengan demikian, susu akan mengalir langsung ke tenggorokan dan bayi Anda akan belajar mengendalikan aliran itu.

3. Postur untuk menyusui
Biarkan bayi Anda miring sehingga wajahnya menghadap ke payudara ibunya dan berbaring di atas telapak kakinya, mengangkat kepalanya lebih tinggi dari puting. Anda juga bisa berbaring di payudara dan menyusui. Bayi dapat mengontrol kecepatan dan jumlah menyusui lebih mudah.

4. Temui dokter Anda
Jika Anda menghadapi masalah yang berkaitan dengan menyusui, jangan ragu untuk menemui dokter. Dokter Anda akan meninjau kondisi Anda dan memberi Anda bantuan khusus.

Masalah laktasi sering terjadi. Perhatikan menyusui. Jika Anda secara teratur kelebihan ASI saat menyusui, ambil langkah-langkah keamanan yang diperlukan untuk mengurangi kemungkinan komplikasi.

Sekian itulah yang dapat kami sampaikan kepada Anda terutama informasi untuk ibu yang baru memiliki bayi tentang Tips mengatasi kelebihan ASI saat menyusui, semoga tips ini bisa bermanfaat untuk ibu dan bayi Anda.