Dapatkah Pil Kb Digunakan Saat Menyusui?

Dapatkah Pil Kb Digunakan Saat Menyusui?

Beriwarta – Apakah penggunaan pil KB untuk mencegah kehamilan saat menyusui aman digunakan? Bagaimana cara mencegah kehamilan saat menyusui? Pil KB adalah salah satu dari banyak metode perencanaan keluarga yang digunakan oleh banyak wanita di dunia. Namun, jika Anda minum pil KB, apakah ini aman untuk bayi Anda? Mari kita lihat informasi berikut di bawah ini untuk mempelajari lebih lanjut tentang masalah ini.

Bolehkah Pil KB digunakan saat menyusui?
Kontrasepsi adalah salah satu alat kontrasepsi yang paling efektif yang dapat Anda gunakan. Jika digunakan dengan benar, obat ini dapat bekerja hingga 99%.
Apakah menggunakan pil KB saat menyusui aman?

Ini adalah pertanyaan yang banyak orang tanyakan. Kebanyakan ibu khawatir bahwa hormon yang terkandung dalam pil KB akan mempengaruhi bayi melalui ASI. Ada 2 jenis kontrasepsi hormonal:

• Progestin-only (POC)
• Pil KB kombinasi

Kedua jenis kontrasepsi sangat efektif. Jika Anda menyusui, POC adalah pilihan bijak. Penyebabnya adalah bahwa obat kombinasi mengandung hormon progesteron dan estrogen. Hormon-hormon ini tidak mempengaruhi bayi tetapi mengurangi produksi ASI hingga 41,9%. Jika Anda berniat menggunakan pil KB kombinasi, tunggulah sampai bayi Anda berusia 6 bulan, karena paruh pertama adalah waktu yang dibutuhkannya untuk banyak ASI. Begitu malaikat kecil itu makan, jumlah ASI yang berkurang tidak akan mempengaruhi bayi. Oleh karena itu, selama 6 bulan setelah kelahiran, Anda harus menggunakan pil kontrasepsi POC.

POC, juga dikenal sebagai kontrasepsi mini. Ini hanya mengandung sejumlah kecil progesteron. Meski begitu, efektivitas kontrasepsi hampir 100%. Namun, saat meminum obat, Anda perlu berhati-hati dan memperhatikan waktu yang tepat setiap hari. Bahkan jika Anda menunda menggunakan 3 hingga 4 jam, itu juga dapat menyebabkan masalah.

Bagaimana cara kerja kontrasepsi progestin (POC)?
Kontrasepsi progestin saja menebalkan serviks dan mencegah sperma mencapai sel telur. Beberapa POC juga dapat mencegah ovulasi.

Adakah pilihan lain selain POC?
Jika Anda tidak suka mengonsumsi pil atau orang yang lalai, Anda dapat menggunakan pil KB lainnya.
• Kontrasepsi (Depo-Provera)
• Kontrasepsi yang mengandung hormon (Mirena, Skyla)
• Kontrasepsi (Implanon, Nexplanon)

Obat kontrasepsi hanya boleh digunakan dalam kasus-kasus yang benar-benar diperlukan dan Anda tidak boleh mempertimbangkan pilihan ini jika bentuk kontrasepsi lain dapat digunakan. Namun, jika Anda menggunakan pil kontrasepsi progestin saja, itu tidak akan membahayakan bayi Anda.

Efek samping pil KB
Berikut adalah 3 efek samping saat mengonsumsi pil KB yang harus Anda ketahui:

1. Status produksi susu
Ini adalah efek samping yang paling penting yang mungkin Anda hadapi ketika menggunakan pil KB hormonal. Obat-obatan ini dapat mengurangi jumlah susu yang diproduksi.

2. Mengiritasi bayi
Kontrasepsi hormonal dapat mengiritasi bayi. Meskipun tidak ada penelitian ilmiah yang membuktikan hal ini, banyak ibu telah menemui masalah ini.

3. Diabetes
Jika Anda memiliki diabetes gestasional, penggunaan POC meningkatkan risiko diabetes tipe 2 selama satu tahun. Jadi bicaralah dengan dokter Anda sebelum Anda mulai minum pil KB.

Hal yang perlu diperhatikan saat minum pil kb bagi ibu menyusui
Jika Anda ingin menggunakan pil KB, ingatlah hal-hal berikut:

• Bicarakan dengan dokter Anda tentang metode kontrasepsi yang paling tepat.
• Hati-hati dengan kontrasepsi kombinasi jika Anda ingin menyusui selama 6 bulan pertama.
• Dosis rendah, tetapi jangan lupa tanyakan ke dokter kandungan atau ginekolog.
• Jika jumlah susu yang Anda berikan lebih rendah atau jika bayi Anda memiliki masalah berat badan, konsultasikan dengan dokter Anda. Mungkin di sinilah Anda harus memilih kontrasepsi lain.
• Jika Anda berpikir bahwa kurang tidur dan kelelahan dapat membuat POC tidak efektif, ambil tindakan lain.
• Ingat bahwa pil KB tidak mencegah penyakit menular seksual. Karena itu, gunakan kondom untuk memastikan keamanan.

Dengan berbagi ini, semoga Anda memiliki jawaban untuk pertanyaan apakah akan menggunakan kontrasepsi oral saat menyusui. Faktanya, pil ini tidak berbahaya bagi bayi Anda, jadi Anda dapat menggunakannya dengan aman.