15 Tips Menyusui Di Tempat Umum Dengan Lebih Mudah

15 Tips Menyusui Di Tempat Umum Dengan Lebih Mudah

Beriwarta – Menyusui di tempat umum terkadang tidak dapat dihindari tetapi hal ini membuat Anda merasa bingung karena Anda tidak tahu apa yang harus dilakukan. Ibu baru seperti Anda sering takut untuk menyusui di depan umum. Anda akan merasa malu dan ingin tahu apa yang akan dipikirkan orang lain tentang Anda. Jika kasus ini membuat Anda dilema, mari simak informasi di bawah ini untuk beberapa tips yang berguna untuk membantu Anda mengatasi perasaan malu saat menyusui di depan umum.

15 Tips menyusui di tempat umum dengan lebih mudah

1. Rencanakan
Jika Anda berecana untuk pergi keluar dengan bayi untuk waktu yang lama, siapkanlah barang-barang seperti handuk dan pakaian ibu menyusui agar nyaman untuk menyusui di tempat umum. Bayangkan tujuan dan pikirkan di mana Anda akan memberi makan bayi Anda. Jika Anda datang ke mal, Anda dapat menyusui di warung kopi, di area khusus wanita, atau di kamar bayi. Juga di area restoran, Anda harus memilih sudut tersembunyi dan beberapa orang merasa nyaman. Jika Anda mengunjungi rumah seseorang, minta mereka untuk menyiapkan ruang yang cocok bagi Anda.

2. Selalu ajak orang lain
Jika bayi Anda baru lahir dan tidak terbiasa menyusui, jangan keluar sendiri. Anda dapat meminta anggota keluarga seperti ibu, saudara perempuan, suami atau teman Anda atau siapa pun yang menurut Anda cocok untuk membantu Anda. Orang-orang ini akan membantu Anda menemukan tempat yang tepat untuk menyusui di depan umum dan membantu Anda merasa lebih aman.

3. Berpakaianlah dengan tepat
Di rumah, Anda bisa memakai jenis pakaian apa pun yang Anda suka. Ketika pergi keluar, Anda harus memilih pakaian yang cocok agar mudah menyusui saat bayi Anda membutuhkan. Beberapa wanita memilih untuk memakai pakaian besar agar lebih mudah menyusui di depan umum. Sementara itu, beberapa wanita lain mengenakan jaket dan tidak menggunakan pakaian lain. Lainnya memilih untuk memakai baju yang bisa dibuka dengan mudah. Apapun kostum, Anda harus memilih warna gelap untuk menghindari menarik lirikan dari orang sekitar dan dapat dengan mudah menyamarkan noda yang disebabkan oleh menyusui.

4. Pilih bra yang tepat untuk menyusui
Anda menyusui dan jika Anda memilih bra yang tidak tepat, Anda harus menghabiskan banyak waktu untuk membuka kunci set. Ini akan membuat Anda merasa tidak nyaman danmalu. Pilih bra yang bisa dibuka dengan mudah. Anda harus memilih bra yang dirancang khusus untuk ibu menyusui. Saat menggunakan bra jenis ini, Anda hanya perlu berlatih beberapa kali untuk bisa menguasai cara pemakaiannya.

5. Tutup payudara saat menyusui bayi Anda
Saat menyusui, Anda merasa payudara Anda terlalu terbuka. Ini membuat Anda merasa malu dan cemas. Meskipun Anda khawatiran atau tidak, Anda juga harus mencoba untuk melihat apakah saat menyusui untuk melihat bagian mana dari tubuhnya terbuka dan berusaha untuk menutupi hal ini saat menyusui di depan umum. Dengan cara ini, Anda akan percaya diri dan tidak khawatir saat menyusui di luar rumah.

6. Gunakan selendang untuk menutupi bahu dan bayi Anda
Ketika Anda menyusui di depan umum, jika Anda merasa tidak nyaman, Anda dapat menggunakan syal di atas bahu dan bayi Anda. Namun, ini terkadang akan membuat bayi merasa tidak nyaman. Oleh karena itu, Anda harus mencoba melakukan ini di rumah untuk melihat bagaimana anak Anda bereaksi terhadap penyesuaian yang tepat.

7. Perhatikan gerakan anak Anda
Anda dapat dengan mudah menebak kapan bayi Anda perlu diberi makan. Ketika Anda pergi keluar rumah, jika bayi Anda lapar, Anda harus segera menyusui bayi Anda untuk memenuhi kebutuhan bayi Anda. Jika tidak, Anda akan menangis dan Anda harus menghadapi banyak kesulitan dalam merayu malaikat kecil itu untuk terdiam. Tidak hanya itu, hal ini juga dapat menarik perhatian banyak orang atau menyebabkan orang merasa tidak nyaman karena teriakan bayi.

8. Pilih ruang yang tepat
Ketika mencari ruang menyusui, Anda harus memilih lokasi yang tenang dan sedikit orang. Ini akan membuat Anda merasa lebih nyaman dan rileks. Jika seorang kerabat datang, Anda dapat meminta mereka untuk berdiri dan menutupi tubuh Anda. Jika Anda tidak dapat menemukan tempat yang tepat, jangan mencoba untuk berkeliling saat bayi Anda menangis, pilih tempat di mana Anda merasa nyaman dan menyusui. Lagi pula, kebutuhan bayi Anda tetap menjadi prioritas utama Anda.

9. Menghabiskan banyak waktu untuk menentukan posisi makan
Terkadang butuh waktu lama untuk bisa menyusui ditempat umum. Ini akan menyebabkan ibu khawatir selama beberapa waktu. Sementara itu, Anda dapat mencoba pergi ke sudut ruangan dan membalikkan punggung Anda ketika bayi Anda mengisap putting Anda. Jika itu tidak berhasil, coba gunakan selendang untuk menutupi payudara dan bayi Anda sampai Anda menemukan yang posisi yang tepat.

10. Persiapkan semuanya
Jika lokasi yang Anda pilih tidak memiliki banyak fasilitas, cobalah untuk mempersiapkan semua yang Anda butuhkan agar nyaman saat menyusui. Dengan demikian, Anda akan merasa aman dan perjalanan Anda dengan bayi akan jauh lebih bahagia.

11. Kontak mata
Jika seseorang melihat Anda dengan mata yang tidak nyaman atau ingin tahu, jangan ragu atau panik. Lihatlah mata mereka dan tersenyum. Menyusui adalah pekerjaan yang sangat penting dan ini tidak ada salahnya. Jadi jangan khawatir tentang mata orang lain, tetap tenang. Keyakinan Anda dalam menyusui dapat membuat segalanya lebih mudah.

12. Pelajari Hukum
Jika Anda menyusui di tempat umum dan ada seseorang datang mendekati Adnda, suruh mereka pergi ke tempat lain. Jangan panik, menyusui di tempat umum adalah legal di sebagian besar negara dan tidak ada yang diizinkan mengganggu Anda saat Anda melakukan ini. Jika seseorang mengganggu Anda, beri tahu mereka tentang hukum atau minta bantuan orang lain.

13. Jangan menyusui di toilet
Karena ingin menghindari perhatian orang, beberapa ibu sering memilih toilet untuk menyusui. Namun, Anda seharusnya tidak melakukan itu. Apakah kamu pernah makan di toilet? Jika tidak, mengapa Anda harus melakukan hal ini? Jadi, tidak peduli siapa yang menyarankan Anda melakukan ini, jangan dengarkan.

14. Bagaimana cara menghadapi penilaian orang lain?
Ketika Anda menyusui di depan umum, bahkan jika Anda mencoba untuk tidak memperhatikannya, terkadang penilaian orang lain membuat Anda malu dan khawatir. Anda dapat mencoba cara-cara berikut untuk mengurangi situasi ini:

• Berempati dengan tatapan atau tindakan mereka dan buat mereka memahami dilema Anda. Ini akan mengubah pikiran mereka.
• Jika orang asing berperilaku kasar, ubah subjek pembicaraan atau minta seseorang untuk membantu.
• Jika mereka mau mendengarkan, berikan beberapa argumen tentang menyusui.
• Tertawa dan ceria. Orang-orang dapat memahami Anda.

15. Memiliki sikap positif
Saat menyusui, Anda dapat mendengar bisik-bisik dari orang disekitar Anda. Perhatikan hal ini dan anggaplah bahwa menyusui malaikat kecil adalah yang paling penting. Jadi kamu tidak pernah malu tentang ini.

Anda juga dapat berpikir dalam arah yang berbeda seperti menyusui dapat mempengaruhi orang-orang, untuk membantu mereka memahami pentingnya menyusui. Abaikan pikiran dan tindakan orang lain dan tetap optimis.

Ketika pergi keluar rumah, cobalah untuk tetap tenang dan menyusui dengan penuh kasih sayang pada anak Anda. Ini akan membuat perjalanan Anda lebih menyenangkan.