Penyebab Dan Cara Mengatasi Nyeri Rahang Selama Kehamilan

Penyebab Dan Cara Mengatasi Nyeri Rahang Selama Kehamilan

Beriwarta – Apakah Anda menderita nyeri rahang saat hamil? Ini membuat Anda merasa tidak nyaman makan atau berbicara. Apakah Anda ingin mengurangi situasi ini? Jika demikian, mari kita lihat informasi berikut di untuk mendapatkan informasi tentang penyebab dan cara mengatasinya.

Kehamilan adalah waktu yang sangat menarik bagi seorang wanita. Namun, ini juga saat ketika tubuh mengalami banyak perubahan fisik dan mental. Gejala pusing, sakit kepala, kelelahan, muntah dan mual sangat umum terjadi. Tidak hanya gejala-gejala tersebut, banyak juga ibu yang mengalami nyeri rahang. Mengapa ibu memiliki kondisi seperti ini?

Gangguan Nyeri rahang pada rahang
Biasanya, rahang bawah seperti busur, yang digantung di tengkorak oleh otot rahang kanan dan kiri. Otot rahang di sekitar rahang bawah membantu rahang bawah bergerak seperti batu, dekat, ke kiri, ke kanan. Sindrom nyeri rahang maligna (TMJ) adalah sindrom gangguan sendi nyeri rahang, otot rahang dan sendi di antara gigi.

Gejala gangguan nyeri rahang

• Nyeri di otot rahang, sendi nyeri rahang, leher, bahu atau di sekitar telinga.
• Mulut terbuka terbatas, tidak besar.
• Rahang keras, sulit membuka atau menutup persendian.
• Ketika ada teriakan di rahang temporal.
• Kesulitan mengunyah.
• Pembengkakan di kedua sisi.

Penyebab nyeri rahang selama kehamilan
Penyebab nyeri rahang selama kehamilan belum ditentukan. Biasanya, itu karena masalah sendi atau otot rahang.

• Infeksi THT
• Kebijaksanaan gigi
• Sirkulasi Jantung
• Cedera pada rahang, leher atau kepala
• Kekurangan kalsium
• Tidur di satu sisi
• Grinding teeth.

Diagnosis nyeri rahang selama kehamilan
Ada banyak penyebab nyeri rahang selama kehamilan seperti gangguan nyeri rahang, sakit gigi, sinusitis atau penyakit gusi. Untuk diagnosis, dokter akan melakukan pemeriksaan klinis untuk menentukan penyebabnya.

Dokter Anda akan melihat posisi sendi nyeri rahang dan mendengarkan suara saat rahang Anda bekerja. Kadang-kadang, dokter Anda akan meminta Anda untuk mengambil X-ray untuk tampilan yang lebih komprehensif. Selain itu, Anda juga harus melakukan beberapa tes seperti magnetic resonance imaging (MRI) atau computerized tomography (CT).

Pengobatan nyeri rahang selama kehamilan
Perawatan gangguan nyeri rahang memiliki banyak tindakan. Pertama, Anda harus mulai dengan langkah-langkah lembut, jika tidak operasi akan menjadi pilihan terakhir.

1. Oleskan es
Jika nyeri rahang sering terjadi, letakkan kompres es di area yang terkena selama 10 menit untuk menghilangkan rasa sakit.

2. Lakukan beberapa latihan
Pelajari beberapa latihan yang membantu memperpanjang, bersantai atau memijat otot-otot di sekitar rahang. Lakukan latihan ini di bawah pengawasan dokter gigi.

3. Analgesik
Jika Anda tidak bisa terus mengambil, ambil beberapa obat penghilang rasa sakit seperti obat anti-inflamasi nonsteroid untuk meredakan nyeri otot. Namun, konsultasikan dengan dokter Anda sebelum mengambilnya.

4. Makanan
Mencampur biji rami dengan oatmeal atau sereal juga membantu mengurangi rasa sakit. Selain itu, meminum teh krisan juga merupakan langkah yang bermanfaat. Makanan lunak seperti kentang tumbuk, keju, ikan, kacang matang, dan telur adalah pilihan ideal jika Anda memiliki nyeri rahang.

5. Gerakan
Hindari gerakan yang kuat, membatasi berteriak, bernyanyi, mengunyah atau menguap terlalu banyak. Duduk dengan benar dan tidak dagu. Selain itu, jangan menggigit gigi Anda untuk mengurangi tekanan pada rahang.

Melalui pembagian di atas, Anda harus mengetahui beberapa informasi yang berguna tentang kondisi rahang selama kehamilan. Jika Anda mengalami kondisi ini, pergilah ke dokter gigi untuk pemeriksaan dan memiliki rencana perawatan yang tepat.