Manfaat Daun Kemangi Untuk Ibu Hamil

Manfaat Daun Kemangi Untuk Ibu Hamil

Beriwarta – Kemangi adalah bumbu akrab dalam makanan keluarga. Sayuran ini baik untuk kesehatan, terutama untuk ibu, janin dan anak-anak. Kemangi adalah ramuan yang populer dan berguna. Daun kemangi berwarna biru dan aroma khas menciptakan rasa yang luar biasa saat digunakan dalam sup, salad, dan banyak hidangan lainnya. Kemangi mengandung banyak nutrisi, kaya protein, vitamin, serat, mineral … Jadi, kemangi sangat populer dan digunakan sebagai makanan bergizi bagi wanita hamil dan anak-anak.

Apa manfaat daun kemangi untuk ibu hamil?

Kemangi hampir mirip dengan daun mint. Daun memiliki aroma khas yaitu bumbu untuk makanan lezat. Orang sering menggunakan kemangi dalam sayuran, bumbu untuk camilan atau bubur bayi untuk menciptakan saus lezat dan bergizi bagi Anda dan bayi Anda.

Kandungan gizi daun kemangi
Dalam daun kemangi mengandung kadar vitamin K, A dan C yang tinggi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi dan merangsang pertumbuhan tulang yang sehat. Ramuan ini mengandung antimikroba dan melindungi DNA yang bertindak seperti obat anti-inflamasi yang sering kita gunakan. Fakta nutrisi dalam kemangi meliputi:

• Vitamin K: membantu pembekuan darah dan meningkatkan pertumbuhan tulang
• Vitamin A: Untuk mata dan gigi yang cerah, tulang yang kuat
• Vitamin C: Antioksidan yang efektif yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjaga gusi tetap sehat selama pertumbuhan gigi
• Folat: vitamin B-group yang membantu memperkuat sistem saraf dan fungsi otak
• Mangan membantu membentuk tulang dan tulang rawan, dan terlibat dalam sintesis gula, asam amino
• Kalsium: Mengkonversi makanan menjadi energi dalam sel dan memainkan peran penting dalam pembentukan tulang dan gigi
• Besi: Diperlukan untuk membuat hemoglobin, protein yang mengirim oksigen ke dalam aliran darah
• Magnesium: Unsur-unsur trace penting untuk denyut jantung yang sehat dan menjaga kesehatan tulang.

Manfaat daun kemangi untuk ibu hamil
Selain efek penyembuhan, daun kemangi juga memiliki penggunaan signifikan lainnya dengan kehamilan seperti:

1. Membantu mengatur koagulasi darah
Kemangi Kemangi menyediakan vitamin K, yang memainkan peran penting dalam menjamin kesehatan dan keselamatan janin. Vitamin K membantu menggumpal dan mencegah risiko kehilangan darah.

2. Promosikan perkembangan janin
Kemangi kaya akan vitamin A, memastikan pertumbuhan dan perkembangan janin, meningkatkan kesehatan jantung, mata, paru-paru dan perkembangan sistem saraf pusat.

3. Mendukung pembentukan tulang untuk janin
Tingkat mangan dalam kemangi membantu membentuk tulang dan tulang rawan janin. Selain itu, mangan bertindak sebagai antioksidan kuat yang mengurangi ketidakseimbangan oksidatif dan mencegah risiko kerusakan sel pada wanita hamil.

4. Suplai darah ke ibu hamil
Folat dalam kemangi membantu untuk mengisi darah yang dibutuhkan untuk wanita hamil. Selain itu, zat ini juga memiliki potensi untuk mencegah cacat lahir pada bayi.

5. Mencegah anemia
Kemangi kaya zat besi yang mempromosikan hemoglobin dan meningkatkan jumlah sel darah merah. Jadi, kemangi membantu mencegah risiko anemia pada ibu, memberikan energi yang dibutuhkan dan menghindari kelelahan selama kehamilan.

6. Perkuat sistem kekebalan tubuh
Kemangi kaya akan vitamin E, C, riboflavin, niacin … Selain itu, kemangi kaya akan mineral seperti seng, fosfor, magnesium, tembaga, dan kalium. Semua vitamin dan mineral penting dalam kemangi membantu meningkatkan kekebalan dan melawan banyak infeksi, memastikan kesehatan ibu dan perkembangan janin yang baik.

Efek samping ketika ibu hamil menggunakan kemangi terlalu banyak
Tetapi jika Anda makan terlalu banyak daun kemangi, dapat menyebabkan efek samping seperti:

1. Masalah kesehatan
Minyak Eugenol dalam kemangi dapat berbahaya jika Anda mengonsumsi terlalu banyak sayuran. Selain itu, minyak jenis ini juga meningkatkan detak jantung, panas tenggorokan dan mulut, sesak nafas, epilepsi, pusing, kencing berdarah bahkan koma.

2. Hipoglikemia serius
Konsumsi berlebihan kemangi selama kehamilan dapat menyebabkan hipoglikemia berat, yang menurunkan kadar gula darah. Gejala biasanya termasuk pusing, ketidaknyamanan dan tremor.

Ketika Anda membuat makanan sendiri, Anda akan dapat menciptakan berbagai rasa dan kombinasi berbagai makanan. Yang terbaik adalah ibu bebas memilih bahan terbersih untuk bayinya, yang tidak dapat ditemukan dalam makanan siap saji. Manfaatkan fleksibilitas makanan buatan sendiri sehingga anak-anak mencicipi berbagai rasa dan membuat mereka akrab dengan bumbu, ramuan dan herbal seperti kemangi. Ini adalah kesempatan yang baik untuk selera anak-anak untuk bersentuhan dengan banyak rasa dan membantu mereka mencintai daripada makanan keluarga.

Di banyak negara, ibu sudah akrab dengan rempah-rempah sejak dini. Orang India sering memberi makan bayi bubuk kari. Keluarga Thailand sering memberi santan, serai, asam, atau bahkan cabe ke bedak bayi. Selain itu, anak-anak Latin segera berkenalan dengan rasa rempah dan rempah-rempah yang luar biasa seperti ketumbar, ketumbar, lada dan lada.

Setelah mengetahui manfaat besar kemangi, Anda tidak akan ragu untuk memilih bumbu yang indah ini untuk bayi Anda. Beranilah untuk anak-anak agar akrab dengan banyak rasa untuk meningkatkan selera.

Hal yang harus diperhatikan saat mengkonsumsi kemangi ketika hamil
Meskipun ibu daun kemangi aman tetapi ibu hanya boleh mengkonsumsi secukupnya (2 – 3 kali seminggu). Selain itu, mencuci kemangi sebelum makan akan membantu menghilangkan parasit dan bakteri berbahaya yang dapat menyebabkan infeksi seperti listeriosis dan toksoplasmosis.

Konsumsi daun kemangi berlebihan dapat menyebabkan ibu mengalami gejala seperti detak jantung yang cepat, sesak napas, kejang, pusing, diare berdarah atau koma berat, hipoglikemia dan kemungkinan kontraksi rahim, Ibu berisiko melahirkan prematur. Idealnya, Anda harus berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum makan kemangi selama kehamilan.