Apa Yang Harus Dilakukan Ketika Hamil Terkena Diabetes?

Apa Yang Harus Dilakukan Ketika Hamil Terkena Diabetes?

Beriwarta -Diabetes selama kehamilan adalah penyakit yang cukup umum terjadi pada ibu hamil. Karena itu sangat penting bagi ibu hamil untuk belajar tentang diet pada tahap ini. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang penyakit ini, silakan mempelajari artikel berikut!

Apa yang harus dilakukan ketika hamil terkena diabetes?

Selama kehamilan, ibu harus makan dengan baik agar memiliki kesehatan yang baik. Untuk ibu hamil dengan diabetes mellitus, memilih makanan yang tepat memainkan peran yang sangat penting. Selain itu, beberapa ibu juga dapat mengontrol kondisi mereka dengan melakukan diet sehat, memeriksa kadar glukosa darah mereka dan berolahraga secara teratur.

Jika ibu secara teratur menambahkan makanan sehat dan olahraga, kadar glukosa darah akan stabil tanpa perlu kontrol diabetes. Selain itu, ibu dan janin akan cenderung mengalami komplikasi jika ibu terkena diabetes.

Jika Anda kelebihan berat badan sebelum hamil akan mempengaruhi janin. Karena itu, Anda harus membatasi penyerapan makanan yang menyebabkan kenaikan berat badan.

Apakah ibu hamil harus menjaga gula dalam makanan?

Kandungan karbohidrat dalam makanan akan mempengaruhi kadar glukosa darah dalam tubuh. Karena itu, jika ibu hamil menderita diabetes mellitus, maka perlu membatasi kandungan karbohidrat dalam makanan. Pada titik ini, dokter Anda akan menyarankan mengurangi asupan karbohidrat Anda menjadi sekitar 40% dari total asupan kalori Anda.

Sereal gandum utuh, sayuran atau kacang yang tinggi serat akan membantu mencegah hiperglikemia pada wanita dengan diabetes selama kehamilan. Wanita hamil juga harus menambahkan makanan protein tanpa lemak (daging tanpa lemak, ikan) atau makanan berlemak tidak jenuh seperti minyak zaitun ke dalam makanan mereka.

Juga, ingat bahwa makanan rendah lemak seperti mentega dan lemak trans, seperti lemak dalam makanan olahan, terbatas. Makanan seperti selai kacang mengandung banyak lemak sehat dan merupakan sumber protein yang bagus, tetapi periksa kemasannya dengan baik karena mereka mungkin masih mengandung lemak trans.

Apa yang Anda lakukan untuk menjaga gula darah Anda tetap stabil?

Untuk menjaga kadar glukosa darah selama kehamilan, selain mengendalikan diet Anda, kebiasaan makan juga sama pentingnya.

Menggunakan makanan berprotein dalam diet Anda dapat membantu Anda menjaga kadar gula darah Anda tetap sehat. Misalnya, jika Anda mengonsumsi sedikit biji-bijian (gandum) dengan telur atau yogurt saat sarapan, itu akan membantu menjaga makanan Anda seimbang dan mencegah hiperglikemia. Selain itu, selai kacang alami disajikan dengan roti panggang juga merupakan pilihan yang baik.

Setiap hari, Anda harus membagi makanan menjadi 3 makanan utama dan 2-4 camilan sehat untuk menjaga tingkat glukosa darah tetap stabil. Selain itu, Anda juga bisa makan camilan sebelum tidur untuk membantu menjaga kadar gula darah Anda tetap rendah pada malam hari.

Jika kadar glukosa darah Anda meningkat berulang-ulang, itu berarti bahwa diabetes gestasional tidak terkontrol dan dapat menyebabkan masalah kesehatan bagi ibu dan bayinya.

Semoga, melalui artikel ini, ibu memiliki informasi yang lebih berguna tentang diabetes pada kehamilan serta diet yang tepat untuk memiliki bayi yang sehat!