Ketahui Manfaat Zat Besi Pada Ibu Hamil

Ketahui Manfaat Zat Besi Pada Ibu Hamil

Beriwarta – Wanita membutuhkan lebih banyak zat besi selama kehamilan untuk mendukung suplai darah mereka ke bayi dan mempersiapkan persalinan. Apakah wanita hamil tahu bahwa 9% wanita di usia subur memiliki kekurangan zat besi? Jika kebutuhan zat besi untuk ibu tidak memenuhi minimum, terutama dalam dua bulan pertama, dapat meningkatkan risiko prematur dan berat lahir rendah?

Mengapa zat besi penting selama kehamilan?
Bahkan jika Anda tidak hamil, tubuh Anda masih membutuhkan zat besi untuk mempertahankan fungsi-fungsi seperti itu:

• Pembentukan hemoglobin, protein yang ditemukan dalam sel darah merah, membawa oksigen;
• Besi merupakan komponen penting mioglobin – protein yang menyuplai oksigen ke otot dan kolagen, membantu membangun tulang, tulang rawan dan jaringan ikat lainnya;
• Diperlukan untuk memproduksi banyak enzim penting dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Mengapa wanita hamil membutuhkan lebih banyak zat besi selama kehamilan?

1. Hasilkan banyak hemoglobin
Selama kehamilan, tubuh ibu menghasilkan 50% lebih banyak darah daripada biasanya, itulah sebabnya Anda perlu memproduksi lebih banyak hemoglobin. Karena itu, Anda perlu menambahkan besi.

2. Kekurangan zat besi sebelum kehamilan
Banyak wanita menderita kekurangan zat besi sebelum kehamilan. Kekurangan zat besi membuat Anda merasa lelah sehingga Anda perlu menambahkan zat besi untuk membantu tubuh Anda tetap sehat.

3. Permintaan akan besi meningkat
Saat bayi Anda tumbuh, kebutuhan akan suplemen zat besi juga akan meningkat, terutama pada tahap pertengahan dan akhir kehamilan.

4. Memerangi komplikasi pada kehamilan
Kekurangan zat besi selama kehamilan dapat menyebabkan beberapa komplikasi seperti kelahiran prematur, berat badan lahir rendah, kematian bayi, wanita hamil dapat menghindari semua ini dengan suplementasi zat besi yang cukup.

Apakah wanita hamil cukup suplemen zat besi?

Tubuh menggunakan lebih banyak zat besi selama kehamilan untuk menghasilkan darah. Ini juga membantu mengangkut oksigen dari paru-paru ke bagian lain dari tubuh. Jadi jika Anda tidak minum cukup zat besi, Anda akan merasa lelah.

Untuk mengetahui apakah Anda mengambil cukup zat besi, Anda perlu tahu berapa banyak yang harus Anda tambahkan.

Berapa banyak zat besi yang Anda konsumsi selama kehamilan?

Wanita hamil membutuhkan total 800 miligram (mg) zat besi selama kehamilan. Secara khusus, janin dan plasenta membutuhkan 300mg dan jumlah hemoglobin yang dibutuhkan pada ibu adalah 500mg.

Tubuh menggunakan kandungan zat besi yang sangat tinggi selama periode pertengahan kehamilan. Oleh karena itu, kebutuhan zat besi akan meningkat dari 0,8 mg per hari pada fase pertama hingga 6-7mg di tahap selanjutnya.

Secara umum, ibu membutuhkan 2-4,8 miligram zat besi sehari. Ini berarti bahwa jumlah makanan yang Anda makan harus antara 20 dan 48 mg zat besi.
Minum 30mg zat besi setiap hari selama kehamilan.

Makanan apa yang mengandung zat besi yang baik untuk ibu hamil?

• Makanan kaya zat besi meliputi: hati hewani (sapi), kuning telur, biji-bijian, biji labu, kacang kedelai, kacang, biji wijen, bayam, daging sapi …
• Selain itu, Anda bisa mengonsumsi suplemen zat besi melalui mulut tetapi harus mengikuti petunjuk dokter.

Sebuah catatan kecil untuk Anda, jika selama suplemen zat besi, Anda tiba-tiba melihat tinja Anda menjadi gelap, maka jangan terlalu khawatir. Itu hanya efek samping yang normal dan tidak berbahaya.