Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Saat Hamil Dengan Aman

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Saat Hamil Dengan Aman

Beriwarta – Hidung tersumbat membuat Anda sangat tidak nyaman dan frustasi selama kehamilan. Biarkan kami memberikan beberapa tips untuk merawat hidung tersumbat selama kehamilan dengan cara sederhana agar ibu lebih sehat dan lebih nyaman selama kehamilan.

30% dari wanita hamil mengalami masalah hidung seperti hidung tersumbat, hidung berair, bersin, cairan hidung selama kehamilan, kondisi ini disebut rhinitis. Hidung tersumbat adalah gejala umum tetapi biasanya memberi Anda ketidaknyamanan. Jangan terlalu khawatir, ikuti tips di bawah ini untuk mendapatkan beberapa informasi tentang kondisi dan bagaimana cara mengatasi hidung tersumbat.

Penyebab hidung tersumbat
Selama kehamilan pada minggu ke 9, kadar estrogen meningkat, cairan yang mengalir melalui kelenjar dan pembuluh darah di mukosa hidung meningkat dengan cepat, menyebabkan rhinitis.

Selain itu, jumlah darah dalam tubuh meningkat selama kehamilan, menyebabkan pembengkakan di pembuluh darah kecil di mukosa hidung dan kemacetan di jaringan sekitarnya, kadang-kadang menyebabkan pendarahan hidung.

Penyebab hidung tersumbat lainnya
Jika Anda hanya memiliki hidung tersumbat dan tidak ada gejala lain, Anda hanya memiliki rinitis. Namun, gejala lain mungkin terkait dengan beberapa hal berikut:

1. Infeksi atau pilek
Jika hidung tersumbat datang dengan batuk, bersin, pegal, sakit tenggorokan atau demam, Anda lebih mungkin mengalami pilek.

2. Sinusitis
Hidung tersumbat disertai dengan gejala seperti sakit kepala, demam, lendir kuning atau hijau, penurunan indera penciuman, rahang yang menyakitkan …

3. Alergi
Gejala umum dari alergi hidung tersumbat, bersin-bersin, gatal tenggorokan, hidung atau telinga gatal … Alergi sering tidak dapat mencegah kehamilan karena wanita hamil dapat menjadi sensitif terhadap zat Saya tidak suka ini sebelumnya.

Penyebab kemacetan selama kehamilan tidak dapat ditentukan karena penyakit terkait. Terkadang, banyak faktor yang berkontribusi pada kondisi ini.
Berapa lama hidung tersumbat akan terjadi?

Hidung tersumbat biasanya dimulai pada bulan kedua kehamilan. Gejala ini akan berkurang setelah lahir dan menghilang sepenuhnya setelah dua minggu.

Beberapa obat untuk hidung tersumbat untuk ibu hamil
Obat adalah obat yang banyak dipikirkan orang, tetapi selama ini obat tersebut tidak lagi aman untuk Anda dan bayi Anda. Jadi ambillah beberapa perawatan berikut untuk mendapatkan mimisan:

1. Uap
Anda menempatkan air dalam panci besar dan merebusnya panas. Kemudian ambillah handuk besar dan taruh baskom kukus di bawah wajah untuk sedikit naik. Menghirup uap menguap selama beberapa menit untuk meredakan hidung tersumbat.

2. Humidifier humidifier
Udara yang hangat dan lembab akan membantu menenangkan hidung yang gatal. Buat humidifier di ruangan saat Anda tidur. Ini akan membantu menyingkirkan hidung tersumbat. Namun, Anda harus secara teratur membersihkan humidifier dan mengganti air agar bakteri tidak tumbuh. Anda juga dapat mengambil napas dalam-dalam untuk menikmati kehangatan dan relaksasi.

3. Air garam
Bawalah beberapa tetes air garam ke setiap lubang hidung, setelah 5-10 menit, Anda akan merasakan perbedaannya.

4. Cuci hidung Anda
Tambahkan satu sendok teh garam dan soda kue ke air. Aduk rata dan tuangkan sedikit ke telapak tangan. Sekarang ambil napas dalam di masing-masing lubang hidung dan ulangi beberapa kali hingga hidung tersumbat berkurang. Lalu bilas dengan air bersih.

5. Blown nose
Peras lubang hidung dengan ibu jari Anda dan tiup lubang lainnya dengan lembut. Ini akan menyebabkan lendirnya hilang, mengurangi hidung tersumbat. Ulangi tindakan ini beberapa kali hingga Anda merasa lebih baik.

6. Bantalan tinggi
Tambahkan bantal saat tidur untuk menaikkan kepala lebih tinggi. Ini membantu mengurangi kemacetan dan mulas.

7. Latihan
Berolahraga ringan atau berjalan kaki juga bisa membantu dengan hidung tersumbat. Jangan berolahraga di luar ruangan karena polutan seperti asap, gas, dll. Akan membuat hidung tersumbat lebih buruk. Selain itu, Anda juga harus melakukan beberapa latihan kardiovaskular secara teratur untuk sirkulasi darah dan tidur nyenyak.

8. Hindari stimulan
Asap tembakau, cat, alkohol, dan apa pun dengan bau yang kuat akan membuat Anda merasa pengap. Jadi jauhi hal-hal ini ketika Anda hamil

9. Minum banyak air
Minum banyak air tidak hanya mengurangi kemacetan tetapi juga membantu bayi Anda tumbuh sehat. Namun, Anda tidak boleh menggunakan minuman kafein seperti teh, kopi …

10. Oleskan salep
Peradangan hidung akan menyebabkan hidung Anda menjadi kering dan iritasi. Untuk menjaga kelembapan, oleskan sedikit salep.

11. Suplementasi vitamin C.
Makan banyak makanan yang mengandung vitamin C untuk mencegah mimisan. Buah mengandung lebih banyak vitamin C adalah kiwi, tomat, oranye, paprika … Untuk ketenangan pikiran, Anda harus berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum menggunakan offline.

12. Akupresur
Terapi akupunktur untuk hidung tersumbat bukan lagi metode baru. Gunakan ibu jari pada area di kedua sisi hidung selama sekitar lima menit. Anda dapat menekan satu per satu atau menekan pada saat yang bersamaan. Dengan metode ini, lendir di hidung diangkat dan tidak ada lagi hidung tersumbat.

13. Jaga kakimu tetap hangat
Kenakan kaus kaki pada waktu tidur. Selain itu, Anda juga bisa mengaplikasikan minyak ke kaki sebelum memakai kaus kaki. Ini akan membantu kaki dan tubuh hangat, mengurangi pembengkakan hidung.

14. Horseradish
Berikan sedikit lobak, cuka sari apel dan sedikit gula ke dalam air, aduk. Minum dua sendok makan campuran ini setiap hari untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan ketahanan Anda.

15. Teh jahe
Jahe memiliki sifat anti-peradangan. Jadi minum secangkir teh jahe setiap pagi. Anda harus menggunakan jahe segar yang dicampur dengan madu. Metode ini akan membantu membersihkan hidung dan mengisi kembali air untuk tubuh.

16. Semprotan hidung
Anda dapat dengan mudah membeli semprot hidung atau inhaler di apotek untuk membantu mengurangi peradangan dan ventilasi udara. Selain itu, inhaler atau inhaler ini sangat mudah digunakan dan dibawa.

17. Jauhkan dari alergen
Asap, kapur, debu, asap, dan cairan pembersih dapat membuat lendir dan gejala lainnya lebih parah. Jadi menjauhlah dari mereka!

18. Stonewall
Ketika Anda tidur, jagalah agar hidung Anda tetap tinggi di atas jantung karena gravitasi akan membantu hidung Anda keluar dari lendir. Selain itu, bantal di leher akan membantu leher dan tulang belakang Anda menjadi lebih seimbang.

Beberapa obat membantu mengurangi hidung tersumbat
Minum obat selama kehamilan tidak dianjurkan, tetapi kadang-kadang tidak dapat digunakan jika Anda jatuh ke dalam kasus force majeure. Sebelum menggunakan, silakan tanyakan kepada paman Anda.

1. Hidung Tersumbat
Obat ini cukup aman karena bukan obat oral, sehingga tidak bisa masuk ke tubuh. Anda dapat mengambil obat ini untuk mengobati hidung tersumbat, tetapi kadang-kadang hidung yang tersumbat akan kembali dan menjadi lebih buruk.

2. Antihistamin
Rinitis biasanya karena peningkatan kadar histamin selama kehamilan. Antihistamin akan membantu mengendalikan gejalanya. Selain itu, obat ini juga sangat aman untuk ibu hamil.

Kram adalah gejala umum. Jika Anda mengalami gejala ini, jangan terlalu khawatir, rileks dan ambil beberapa langkah.

Pertanyaan yang Sering Diajukan tentang hidung tersumbat saat hamil

1. Apakah Afrin aman dikonsumsi?
Afrin mempromosikan vasodilatasi dan pantangan mukosal, menghilangkan pembengkakan, membantu Anda bernapas dengan mudah. Jika Anda tidak menggunakan metode di atas, maka ambillah obat ini. Lebih penting lagi, Anda hanya harus minum obat ketika diarahkan oleh dokter Anda.

2. Apakah Otrivin Aman dikonsumsi?
Otrivin (Xylometazoline) tidak aman untuk ibu hamil. Karena itu, sebaiknya Anda hanya menggunakannya saat janji dokter. Obat ini digunakan untuk mengobati hidung tersumbat karena pilek.

3. Apakah Vibrocil aman dikonsumsi?
Anda harus berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum mengambil vibrocil karena efek obat belum ditentukan. Biasanya diindikasikan untuk pengobatan kemacetan.

4. Apakah Sudafed Nasal Spray aman digunakan?
Wanita hamil sebaiknya tidak menggunakan Sudafed. Namun, kadang-kadang dokter Anda akan meresepkan obat ini jika kemacetan Anda terkait dengan sinusitis.

5. Apakah Sinutab bagi ibu hamil?
Sinutab adalah semprotan hidung yang digunakan untuk mengobati kemacetan dan sinusitis. Anda harus berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum digunakan.

6. Apakah semprotan hidung phenylephrine hydrochloride aman bagi ibu hamil?
Anda harus menghindari mengonsumsi obat ini, terutama pada 13 minggu pertama kehamilan karena dapat menyebabkan cacat lahir. Meski angka ini cukup langka, Anda harus berhati-hati, terutama bagi wanita yang merokok.

Hidung tersumbat adalah gejala umum pada wanita hamil, jadi jangan terlalu khawatir. Perawatan untuk hidung tersumbat dapat membantu Anda merasa lebih baik. Jika Anda tidak yakin dengan kondisi Anda, kunjungi dokter untuk pemeriksaan dan perawatan medis.