Cara Mencegah Wasir Selama Kehamilan Dengan Aman

Cara Mencegah Wasir Selama Kehamilan Dengan Aman

Beriwarta – Apakah wasir selama kehamilan berbahaya bagi ibu dan bayi? Mari kita cari tahu jawabannya di bawah ini. Kehamilan adalah tahap kehidupan yang indah. Namun, Anda akan menghadapi banyak komplikasi tak terduga. Salah satunya adalah kemungkinan wasir. Wasir adalah salah satu perasaan yang paling tidak nyaman. Anda sering merasakan sakit dan ketidaknyamanan. Silakan temukan beberapa informasi penting tentang wasir dan langkah-langkah untuk mengobati kehamilan.

Penyebab Wasir selama kehamilan
Penyebab wasir adalah karena pembengkakan pembuluh darah di rektum, yang terlihat seperti buah anggur. Sekitar 20-50% ibu hamil mengidap penyakit ini. Wasir sering menyebabkan rasa sakit, gatal dan sakit perut saat duduk.

Ada banyak alasan untuk wasir selama kehamilan. Berikut beberapa alasan:

Rahim membesar
Pertumbuhan uterus akan menyebabkan banyak tekanan pada rektum. Tekanan ini menyebabkan pembuluh darah membengkak dan mengembang, menyebabkan pembuluh darah membengkak dan membengkak.

Sirkulasi darah
Aliran darah ke daerah panggul terakumulasi ketika janin berkembang di dalam rahim.

Sembelit
Ini adalah salah satu penyebab utama yang menyebabkan perkembangan wasir. Wanita hamil sering mengalami sembelit selama kehamilan, yang menyebabkan tinja mengeras dan merangsang otot rektus selama gerakan usus.

Gejala wasir selama kehamilan
Anda akan menemukan beberapa tanda yang sangat mengganggu. Berikut ini adalah gejala utama penyakit ini:

Pendarahan rektal
Ibu mulai melihat darah muncul dalam gerakan usus. Ini adalah tanda bahwa wasir pada awalnya menghalangi jalan tinja.

Gatal, nyeri dan tidak nyaman
Ketika ibu sedang duduk, jika ada rasa sakit yang tajam di anus, penyebabnya mungkin karena wasir tumbuh di dalam rektum.

Cara Mencegah wasir selama kehamilan
Kehamilan dapat mengurangi rasa sakit atau ketidaknyamanan dan perdarahan dari wasir dengan bantuan obat-obatan oral. Selain itu, Anda dapat melakukan beberapa tindakan di rumah untuk mencegah penyakit:

• Makan yang benar
Wasir sebagian besar disebabkan oleh konstipasi. Karena itu, ibu lebih banyak serat dalam diet dengan mengonsumsi lebih banyak sayuran. Ini akan membuat wasir kurang berkembang dan mengurangi gejala nyeri saat penyakit muncul.

• Latihan kegel
Latihan kegel bukan hanya mengurangi stres tetapi juga efektif mengurangi pembentukan wasir dengan meningkatkan aliran darah melalui area panggul.

• Tidur
Jika Anda menderita wasir, sebaiknya jangan berbaring miring di sisi Anda, tetapi harus condong ke samping untuk mengurangi tekanan pada rektum (ini adalah posisi tidur yang ditentukan selama kehamilan). Posisi tidur yang ideal adalah berbaring di kiri.

• Ubah postur tubuh
Ibu hamil sebaiknya tidak duduk atau berdiri dalam posisi yang sama terlalu lama tetapi sering berubah. Jika Anda harus pergi bekerja, Anda kadang-kadang bisa berdiri dan berjalan-jalan di kantor dan minum banyak air. Ini akan membantu mengurangi kondisi hemoroid.

Jika Anda mengalami konstipasi yang parah, jangan mencoba untuk buang air besar. Over-penguasaan dapat merusak pembuluh darah di rektum. Ini membuat situasinya menjadi lebih rumit.

Bersihkan anal bersih
Sanitasi adalah hal yang sangat penting. Jauhkan anus Anda bersih atau gunakan salep yang diresepkan oleh dokter Anda untuk menghilangkan rasa sakit.

• Mandi air hangat
Tidak ada yang lebih baik untuk bersantai daripada mandi di pemandian air hangat. Coba dan nikmati saat Anda punya waktu. Ini akan membantu Anda merasa lebih baik, namun pastikan airnya tidak terlalu panas.

Dalam kasus yang parah, ibu harus menggunakan kantong es untuk menenangkan area anus dan mengurangi pembengkakan.

• Bantal
Ibu hamil harus menambahkan bantal lembut sebelum duduk. Ini akan membuat Anda merasa nyaman, tidak hanya menurunkan tetapi juga menurunkan tekanan punggung.

• Minyak mineral
Minyak mineral efektif dalam mengurangi rasa sakit, membantu ibu untuk pergi ke toilet lebih mudah. Wasir dapat diobati dengan mudah selama Anda mengetahui beberapa solusi yang efektif. Kebanyakan hemoroid biasanya hilang segera setelah lahir. Tanyakan kepada dokter Anda tentang kondisi Anda untuk mengobati wasir selama kehamilan.