20 Hal Yang Perlu Diketahui Ibu Yang Baru Pertama Kali Hamil

20 Hal Yang Perlu Diketahui Ibu Yang Baru Pertama Kali Hamil

Beriwarta – Pada awal kehamilan, selain merasa senang dan bahagia, ibu juga banyak mengalami kebingungan tentang perubahan tubuh. Selain itu, karena kurangnya pengalaman, ibu juga sering lalai untuk mengurus diri sendiri dan bayi di dalam perut.Bagaimana cara mendapatkan kehamilan terbaik? Mari simak tips di bawah ini.

20 hal yang perlu diketahui selama kehamilan pertama Anda

1. Tanda-tanda kehamilan
Kehamilan selalu menjadi hal terbaik bagi setiap wanita, jadi ketika Anda melihat gejalanya membawa, banyak ibu yang tidak bahagia. Namun, terkadang gejala-gejala ini bisa menjadi “alarm palsu”. Yang pasti, Anda bisa menggunakan alat tes kehamilan di rumah atau ke dokter. Selain itu, jika Anda mengalami gejala seperti mual, sakit punggung, perubahan suasana hati, nyeri dada, rasa haus, maka Anda mungkin memiliki “kabar baik bahwa Anda hamil” saat itu.

2. Perawatan prenatal rutin
Banyak pasangan telah melakukan pemeriksaan kesehatan rutin sebelum konsepsi untuk memastikan kesehatan wanita selama kehamilan pertamanya. Ketika Anda hamil, Anda harus mengatur untuk menemui dokter Anda sebulan sekali. Pemeriksaan kehamilan adalah kesempatan bagi ibu untuk belajar tentang perkembangan bayi mereka serta status kesehatan mereka saat ini. Selain itu, pemeriksaan rutin juga akan membantu mendeteksi kelainan pada janin untuk perawatan.

3. Memahami Sejarah Medis Keluarga
Ini adalah salah satu hal terpenting yang harus dilakukan selama kehamilan. Diskusikan dengan ibu, nenek, atau anggota keluarga Anda tentang masalah genetik atau cacat lahir apa yang ada dalam keluarga Anda. Ini akan membantu Anda mempersiapkan langkah pencegahan psikologis dan proaktif dengan tepat.

4. Vaksinasi sangat penting
Pada berbagai tahap kehamilan, Anda akan disarankan untuk mendapatkan vaksin. Mereka akan membantu para ibu untuk mencegah penyakit atau infeksi pada bayi di dalam rahim. Ingat bahwa beberapa penyakit dapat berdampak serius pada kesehatan fisik dan mental bayi Anda. Jadi, jagalah dirimu baik-baik.

Banyak orang mengatakan bahwa vaksinasi selama kehamilan tidak akan baik untuk kesehatan bayi Anda. Namun, saat ini tidak ada bukti untuk dibuktikan. Vaksin kehamilan lebih bermanfaat daripada bahaya:

• Vaksin Hepatitis B: tidak menimbulkan risiko bagi janin.
• Vaksin Hepatitis A: harus disuntikkan jika Anda lebih mungkin mendapatkannya.
• Vaksin flu: harus diberikan sebelum musim flu.
• Vaksin tetanus, tetanus dan pertussis harus diberikan mulai minggu ke 27-36.
• Vaksin meningokokus.

Beberapa vaksin tidak boleh diberikan:

• Vaksin flu LAIV.
• Vaksinasi terhadap HPV.
• Vaksin melawan campak, gondok dan rubella.
• Polio Vaccine (IPV).

5. Tahap kehamilan
Ibu hamil dibagi menjadi tiga tahap, masing-masing terdiri dari tiga bulan, yang disebut trimester. Pada setiap tahap, tubuh akan mengalami perubahan yang berbeda seperti perubahan hormon, tekanan darah, pernapasan, dan metabolisme. Ibu harus memantau perubahan ini dari awal kehamilan untuk mengambil tindakan korektif. Selain itu, Anda juga harus menghitung sebelum hari persalinan, biasanya ditentukan setelah 40 minggu dari periode menstruasi terakhir.

6. Perdarahan selama kehamilan
Tanda-tanda pertama kehamilan tertunda. Namun, beberapa ibu memilih untuk mengalami perdarahan pada tahap awal kehamilan, sehingga menimbulkan kecemasan dan ketidakamanan.

Ini terjadi ketika telur bergerak ke tuba fallopi dan mencapai rahim, di mana embrio terbentuk. Cara terbaik untuk mengenali perbedaan antara menstruasi dan golongan darah merah adalah bergantung pada warna. Biasanya, jika Anda hamil, warna darah Anda akan cenderung coklat atau merah muda dibandingkan dengan warna periode menstruasi Anda.

7. Berapa banyak kenaikan berat badan selama kehamilan?
Sebagian besar wanita hamil yang hamil untuk pertama kalinya khawatir tentang kenaikan berat badan dan bagaimana menurunkan berat badan setelah lahir. Berapa banyak kenaikan berat badan tergantung pada BMI sebelum melahirkan. Jika Anda kelebihan berat badan sebelum hamil, konsumsi lebih sedikit kalori per hari daripada rata-rata orang. Prinsip dasarnya adalah menyediakan nutrisi penting untuk janin yang sehat. Jadi, makan saja makanan yang tepat dan pahami apa yang dibutuhkan bayi Anda.

8. Haruskah dan sebaiknya tidak makan?
Seiring dengan mengonsumsi vitamin, zat besi dan suplemen kalsium, ibu harus memiliki diet seimbang. Selain itu, produk alkohol dan kafein harus dihindari karena mereka meningkatkan risiko kelahiran prematur, malformasi kongenital atau berat lahir rendah.

9. Ketangkasan lembut sangat penting
Ibu harus berolahraga setiap hari untuk memastikan bahwa semua fungsi tubuh beroperasi dengan lancar. Melahirkan membutuhkan banyak energi. Hanya ada satu tubuh sehat yang melewati proses pelayaran. Selain itu, olahraga juga membantu mengurangi rasa tidak nyaman akibat kehamilan. Perkembangan janin juga mengikuti kemajuan yang lebih baik.

10. Hal-hal yang tidak nyaman selama kehamilan
Kehamilan bukanlah tugas yang mudah. Anda akan menghadapi banyak hal yang tidak menyenangkan seperti tidak dapat berdiri atau duduk terlalu lama. Sembelit dan muntah juga menghabiskan sumber energi Anda. Makan dengan baik, banyak istirahat untuk meredakan perasaan tidak nyaman.

11. Perjalanan saat hamil
Pada tahap awal kehamilan, perjalanan tidak terlalu banyak mempengaruhi. Namun, untuk menghindari masalah, beberapa maskapai penerbangan menolak melayani klien yang hamil setelah 36 minggu. Jika Anda teguh, tanyakan dokter Anda tentang tindakan pencegahan yang diperlukan.

Namun, jika ibu memiliki masalah berikut harus menghindari perjalanan:

• Sebelumnya mengalami keguguran
• Kehamilan ganda
• Tekanan darah tinggi
• Abnormalitas yang tidak dapat dijelaskan
• Gestational diabetes
• Kelainan serviks
• Pendarahan selama kehamilan
• Pernah mengalami eklamsia atau kehamilan ektopik.

Kebanyakan dokter akan memungkinkan Anda untuk bepergian jika Anda berada di tengah kehamilan. Namun, jika tahap terakhir harus dihindari.

12. Berpikir positif
Berpikir aktif akan membantu ibu mengatasi kesulitan dan tantangan selama kehamilan. Selain itu, psikologi ibu juga sangat mempengaruhi bayi. Karena itu, bersiaplah saat merencanakan kelahiran bayi.

13. Jangan terlalu banyak kerja
Ibu dapat fokus pada pekerjaan ketika mereka dilahirkan. Jangan terlalu memikirkan pekerjaan saat ini, tetapi fokuslah pada bayinya.

14. Habiskan lebih banyak waktu istirahat
Ibu yang bekerja hingga bulan kedelapan sering melahirkan bayi yang ringan. Kehamilan telah menciptakan banyak tekanan untuk tubuh, jadi jangan menekan tubuh untuk bekerja lebih banyak stres.

15. Pilih tempat lahir
Pilih rumah sakit untuk memiliki anak. Kriteria untuk memilih rumah sakit yang tepat adalah untuk Anda dan keluarga Anda. Selain itu, ada kriteria lain seperti kualifikasi dokter, waktu kunjungan, kebersihan dan jarak dari rumah ke rumah sakit. Setelah Anda memilih, Anda akan merasa jauh lebih aman.

16. Nyeri pascamelahirkan
Karena tanggal lahir yang diharapkan semakin dekat, Anda akan merasakan lebih banyak rasa sakit saat persalinan. Tanyakan kepada dokter Anda tentang kelainan apa pun. Tanda lain bahwa Anda akan melahirkan adalah kontraksi reguler. Berjalan selama persalinan karena membuat ibu merasa lebih baik.

17. Ketakutan
Ingat, rasa takut memiliki bayi dapat menunda prosesnya. Perkiraan waktu 1-1,5 jam lebih lambat dari biasanya. Ketakutan meningkatkan konsentrasi katekolamin dalam darah, melemahkan fungsi rahim. Juga, jika Anda dan dokter Anda tidak memiliki koneksi, itu akan menunda pengiriman. Karena itu, Anda harus mengambil beberapa kelas pranatal.

18. Belilah barang-barang bayi
Beli barang-barang yang diperlukan untuk bayi Anda. Hindari menit terakhir untuk membeli. Beberapa barang yang dibutuhkan anak-anak seperti pakaian, tikar, selimut, dan perlengkapan bayi. Selain itu, belanja ini juga meningkatkan hubungan antara ibu dan bayi.

19. Belajar tentang menjadi orang tua
Menjadi orang tua bisa sangat sederhana dengan orang ini, tetapi sulit untuk orang lain. Jadi, bicaralah dengan dokter, teman, kerabat, atau bacalah beberapa buku untuk mendapatkan pengetahuan tentang cara merawat bayi Anda.

20. Tingkatkan memori
Selama kehamilan, ingatan ibu lebih baik daripada wanita yang tidak hamil.

Hal-hal yang harus Anda perhatikan saat pertama kali hamil

• Temukan dokter yang baik untuk membantu melahirkan.
• Kenakan pakaian yang nyaman. Jangan khawatir Anda akan menjadi jahat.
• Anda akan mulai mendengkur karena selaput hidung bengkak.
• Batasi bra karena ini akan mempengaruhi perubahan gunung.
• Mukosa adalah gejala umum. Kaki tinggi saat tidur dan banyak minum air putih.
• Jangan khawatir tentang cairan vagina kecuali jika berbau, hijau atau berdarah.
• Perubahan hormonal menyebabkan Anda lebih banyak berkeringat.
• Kulit meregang dan gatal.
• Anda akan mencium bau lainnya. Perubahan dalam tubuh akan memberi Anda aroma baru.
• Jangan lupa untuk hamil. Pemantauan kehamilan penting karena akan membantu mendeteksi komplikasi sejak dini untuk memiliki rencana perawatan.
• Keinginan seksual akan berubah, mungkin lebih atau kurang. Ini sangat normal dan perubahan ini bersifat sementara.
• Bicaralah dengan sering atau bernyanyi untuk bayi Anda karena suara Anda penting bagi bayi Anda.
• Suasana hati ibu hamil sering berubah tak menentu, terkadang marah, terkadang sedih, kadang takut.
• Jika Anda tidak hamil untuk pertama kalinya, ajari anak Anda apa tanggung jawabnya untuk dia. Juga, mari kita ajari Anda beberapa cara untuk merawat bayi Anda yang baru lahir. Jangan memelihara hewan peliharaan di rumah.
• Anda menemukan seseorang untuk membantu Anda merawat bayi Anda ketika Anda pergi bekerja atau sibuk. Yang terbaik adalah memiliki anggota keluarga, jika tidak, menyewa pengasuh anak atau pengasuh bayi.
• Anda menemukan seseorang untuk membantu Anda merawat bayi Anda ketika Anda pergi bekerja atau sibuk. Yang terbaik adalah memiliki anggota keluarga, jika tidak, menyewa pengasuh anak atau pengasuh bayi.

Hanya Anda yang tahu apa yang terbaik untuk tubuh dan bayi Anda. Ingat bahwa kehamilan telah membuka babak baru dalam kehidupan wanita. Kehamilan pertama selalu membuatnya merasa cemas. Namun, melalui berbagi di atas, semoga meringankan beberapa kekhawatiran Anda.