Pencarian 6 Pendaki Rinjani

Seperti yang diketahui sebelumnya bahwa terjadi sebuah gempa berkekuatan 6,4 Skala Richter yang berpusat di Lombok Timur pada hari Minggu (29/7) pagi. Meskipun demikian, gempa yang menewaskan hingga belasan orang tersebut dan merusak ribuan rumah warga itu tidak menimbulkan tsunami. Salah satu dampak dari gempa yang masih ditangani hingga sekarang adalah proses pencarian 6 pendaki Rinjani yang kebetulan sedang mendaki saat kejadian gempa terjadi.

Sebelum pencarian 6 pendaki Rinjani, pemerintah setempat dibantu oleh warga berhasil mengevakuasi ratusan wisatawan asing dan lokal yang juga kebetulan sedang berkunjung ke kawasan pendakian Gunung Rinjani. Menurut Mayor Arifianto, Kasdim Lombok Timur, sebanyak 189 pendaki Asing, 173 pendaki lokal, 31 orang guide dan 150 orang porter dengan total 543 orang berhasil dievakuasi.

Namun, satu diantara pendaki Rinjani yang saat terjadi gempa berada di puncak meninggal dunia. Hal ini terjadi karena kepanikan yang terjadi saat gempa sehingga para pendaki terpisah dari rombongan. Korban meninggal akibat gempa di Gunung Rinjani tersebut meninggal karena pendarahan saat ditemukan oleh rekan-rekannya. Diketahui korban meninggal tersebut berasal dari Makassar dan masih berstatus mahasiswa. Hingga Selasa (31/7) pagi, jenasah korban meninggal asal Makassar tersebut belum dievakuasi dari lokasi.

Selain untuk mempermudah pencarian 6 pendaki Rinjani yang masih tersesat dan juga untuk menghindari korban jatuh lainnya, pemerintah setempat menutup sementara lokasi wisata pendakian Gunung Rinjani. Penutupan tersebut telah resmi dilakukan dengan sebuah edaran dari dinas setempat dan juga pengurus wisata setempat. Selain karena memang beberapa fasilitas untuk pendakian yang rusak akibat gempa, dikhawatirkan adanya gempa susulan yang bisa menyebabkan terjadinya longsor atau turunan debu yang akan melukai pendaki. Hal itu ditambah dengan keterangan dari Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Pureo Nugroho pada Senin (30/7) sore yang menyatakan masih terdapat gempa susulan kecil yang akan menuju normal.

Pencarian 6 pendaki Rinjani yang terdiri dari 6 orang yakni 3 pendaki asal Jakarta, 2 orang porter dan satu orang guide tersebut dilanjutkan dan akan dipusatkan di Danau Segara Anak.

This page needs javascript enabled !