Kisruh Kali Item Jakarta, Salah Siapa?

Sebagai salah satu tuan rumah Asian Games 2018, Jakarta terus berbenah untuk membenahi kotanya agar layak menerima ratusan atlit internasional dan ribuan bahkan ratusan ribu pendukung atau supporternya. Dibalik persiapan tersebut, ternyata muncul beberapa masalah yakni salah satunya adalah masalah Kali Item yang mana berada di sebelah wisma atlit. Seperti yang diketahui, Wisma Atlit tersebut nantinya akan digunakan untuk menginap para atlit Asian Games sehingga permasalahan ini muncul ke permukaan yang ditanggapi serius oleh netizen sebagai kisruh Kali Item Jakarta.

Kisruh Kali Item Jakarta ini dilatarbelakangi oleh bau tidak sedap yang tercium hingga wisma atlit. Selain itu, seperti namanya, air sungai yang berwarna hitam ini juga dirasa tidak elok untuk dipandang. Apalagi Kali Item ini berada tepat di sebelah Wisma Atlit yang bisa memandang jauh aliran sungai ini.

Kisruh Kali Item Jakarta tersebut pun berlanjut setelah Gubernur Jakarta, Anies Baswedan, memerintahkan untuk menutupi bagian atas sepanjang aliran Kali Item dengan waring atau jaring berwarna hitam. Keputusan ini sontak mendapatkan berbagai macam komentar baik dari rakyat Jakarta maupun rakyat luar Jakarta. Padahal sebelum ditutup dengan waring, di pinggiran sekitar Kali Item sudah dicat warna warni sebagai hiasan agar tampak meriah dan indah namun kini sia sia karena tertutupi waring, menurut Kasubbag Kepegawaian Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta, Supriyono.

Belum berakhir, kisruh Kali Item Jakarta juga merembet ke masalah dana untuk pengadaan waring berwarna hitam yang konon dapat mengurangi bau yang timbul dari Kali Item. Di salah satu sumber menyebutkan bahwa anggaran yang dikeluarkan untuk pembelian waring hitam inj mencapai 500 juta rupiah atau mencapai setengah Milyar. Hanya saja belum ada konfirmasindari pihak terkait maupun dari Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Meskipun belum usai, Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta juga memberikan beberapa komentar mengenai kisruh Kali Item Jakarta yang bahkan terliput oleh media asing. Anis mengungkapkan banyak hal mulai dari menyalahkan media nasional hingga mengulik pemerintahan sebelumnya yang menurutnya abai terhadap Kali Item. Sedangkan Sandiago Uno, Wakil Gubernur DKI Jakarta mengungkapkan bahwa Kali Item ini berwarna hitam karena memang didoakan dari namanya yang berarti kali yang hitam.

This page needs javascript enabled !