Gerhana Bulan dan Planet Mars di Akhir Pekan Juli 2018

Pada akhir pekan ini, tepatnya pada hari Sabtu 28 Juli nanti, akan terjadi sebuah fenomena alam yang sayang untuk dilewatkan. Mengapa sangat sayang untuk dilewatkan? Karena fenomena ini tergolong sangat spesial dimana salah satunya adalah terjadi sebuah gerhana bulan yang bisa disaksikan di hampir semua wilayah Indonesia. Dan lagi, kali ini gerhana bulan yang akan terjadi tersebut akan spesial karena kita juga bisa menyaksikan planet Mars yang garis edarnya sedang mendekati bumi. Jadi jika Anda ingin menyaksikan gerhana bulan dan planet Mars yang spesial tersebut, bolehlah kita juga persiapkan semua gadget dan peralatan hunting kamu.

Kejadian Gerhana bulan dan planet Mars yang bersamaan ini bisa dibilang sangatlah langka. Tampaknya planet Mars karena memiliki jarak terdekat pada Bumi sendiri hanya terjadi setiap 15 hingga 17 tahun sekali, jadi jangan sampai Anda melewatkan kesempatan tahun ini. Untungnya proses mendekatnya planet Mars ke Bumi yang dikenal sebagai Mars Approach ini akan datang puncaknya di akhir bulan yakni pada tepat akhir bulan yakni pada tanggal 31 Juli 2018. Pada tanggal tersebut, jarak antara Bumi dan Mars adalah yang terdekat yakni mencapai 56,17 juta kilometer. Jika Anda melewatkan kunjungan terdekat planet Mars ini, maka Anda harus menunggunya lagi di tahun 2035 dan itupun belum tentu dengan tampaknya gerhana bulan seperti yang terjadi di akhir bulan nanti.

Gerhana pada kejadian gerhana bulan dan planet Mars ini juga disebut sebut sebagai gerhana bulan “blood moon” atau yang dikenal sebagai bulan darah. Pasalnya, bulan yang tertutupi oleh bayangan bumi ini akan berwarna sedikit memerah layaknya darah. Pastinya akan tampak menarik ketika bulan berwarna merah dan disampingnya tampak terang planet Mars yang juga berwarna merah.

Untuk Anda yang ingin menonton gerhana bulan dan planet Mars ini mungkin perlu untuk menyiapkan teropong bintang Anda dan semoga langit di tempat Anda juga cerah.

This page needs javascript enabled !