Omah Kayu Malang, Objek Wisata yang Not Just A Tree House

Malang saat ini termasuk salah satu kota yang menjadi incaran para wisatawan, selain Surabaya. Malang juga menyediakan fasilitas ataupun wahana untuk menikmati keindahan Indonesia. Malang memiliki banyak aspek menarik di bidang pariwisata, salah satunya wisata omah kayu yang berada di kota Batu ini. Tidak hanya omah kayu sebagai objek wisata alam, banyak juga objek wisata alam lain  yang ada di kota Batu.

Lokasi Omah Kayu
Omah kayu terletak di Gunungsari, Bumiaji, Batu City, Jawa Timur. Untuk dapat berkunjung ke omah kayu batu ini, pengunjung diwajibkan membayar uang masuk sebesar Rp. 10.000. Omah kayu dibuka mulai jam 09.00 hingga jam 17.00.

Akses ke Omah Kayu
Jika kamu berangkat dari kota Malang, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum menuju ke kota Batu. Dari kota Batu, kamu kembali melanjutkan perjalanan hingga tiba di gedung Balaikota Batu dan kamu juga akan bertemu pertigaan Songgoriti dan Payung, beloklah ke sebelah kiri.

Jika kamu memilih jalur kanan, berarti kamu harus membawa motor, karena mobil dilarang melewati jalan ini. Kamu ikuti jalan utama dan berhenti ketika berada 50 meter sebelum arah pertigaan Pujon dan Payung. Pilihlah jalur ke arah pujon, Setelah itu belok ke sebelah kiri menuju Coban Rondo.

Jika kamu mengambil jalan kiri ketika berada di pertigaan Songgoriti-Payung, maka lanjutkan perjalananmu ke arah pertigaan Coban Rondo. Kemudian, ikutilah jalan utama hingga kamu menemukan gang di sebelah kiri sekitar 50 meter dari pertigaan.  Pilih jalur sebelah kiri atau gang kedua. Kemudian  kamu bisa mengikuti papan penunjuk menuju wisata Omah Kayu.

Apa Itu Omah Kayu?
Omah kayu adalah objek wisata berupa sebuah penginapan berbentuk rumah yang ada di atas pohon atau sering disebut rumah pohon. Selain menjadi objek wisata alam, tentu saja banyak wisatawan berfoto di area ini. Omah kayu memiliki slogan yang sangat unik yaitu “Not Just Tree House”. Nah, bahan dasar omah kayu ini berasal dari kayu.

Omah kayu di bangun di atas pohon pinus yang berada di lereng bukit dari kawasan Gunung Banyak. Pemandangan menawan bisa kamu dapatkan dari ruangan omah kayu ini. Inilah yang menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung.

Pesona Omah Kayu
Omah kayu memiliki 6 bangunan utama yang bisa digunakan atau disewa oleh para wisatawan jika ingin melihat keindahan kota Batu dari ketinggian atau hanya sekedar ingin mendengar suara hewan malam di omah kayu ini. Omah kayu ini dibuat di atas pohon pinus yang begitu kuat, jadi kamu jangan takut untuk bermain di atas rumah pohon ini. Hal yang menarik dari omah kayu ini adalah letak dan lokasi serta bahan yang digunakan untuk membangun omah kayu.

Fasilitas di Omah Kayu
Jika kamu berkunjung ke sini, fasilitasnya sudah disediakan oleh pengelola kawasan wisata Omah Kayu ini. Di setiap kabin, sudah ada kasur yang empuk, termasuk bantal dan selimut dan juga perlengkapan mandi. Di sekitar omah kayu, juga ada beberapa tempat duduk yang bisa kamu manfaatkan untuk bersitirahat sambil menikmati indahnya pemandangan.

Ada area perapian juga, kamu bisa menghidupkan api unggun di sini guna menghangatkan badan. Para wisatawan ada yang menggelar barbekyu di malam hari. Kamu juga bisa membakar jagung.  Omah kayu juga menyediakan hammock yang bisa disewa untuk bersantai di sekitar area hutan pinus yang rindang dan sejuk. Angin semilir pun setia menemanimu di sini.

Fasilitas lain yang bisa kamu temukan adalah area parkir yang luas, bisa menampung mobil juga. Juga ada Cafe atau tempat makan yang tersebar di beberapa area di Omah kayu ini. Kamu jika berkunjung ke sini tidak perlu khawatir, meskipun kamu berada di pegunungan makanan dan minuman yang dijual tempat ini sudah banyak. Kamu bisa menikmati pemandangan malam hari sambil mencicipi aneka kuliner di sini.

Tips Berkunjung ke Omah Batu
Sebelum berkunjung ke tempat ini, ada baiknya kamu mengetahui beberapa tips berikut. Bawalah perlengkapan yang menunjang untuk udara dingin, karena di tempat seperti omah kayu ini, suasana dinginnya lebih terasa. Kamu bisa membawa jaket atau sweater atau apapun yang bisa melindungimu dari udara dingin yang menusuk tulang. Perlengkapan mandi sudah disediakan di sini, namun jika kamu ingin membawa punya sendiri, juga tidak masalah.

Karena omah kayu ini berada di atas pegunungan, sebaiknya kamu membawa sepatu yang menurutmu mampu menunjang perjalanan liburanmu.  Dan juga yang terakhir, sebaiknya kamu membawa budget yang lebih jika berkunjung ke tempat ini, siapa tahu kamu ketagihan dengan kuliner di sini.

Beberapa informasi seputar omah kayu telah kami rangkum untukmu. Sekarang saatnya persiapkan budget untuk berlibur ke omah kayu ini. Ini akan menjadi liburanmu yang berbeda liburan-liburan yang telah kamu lalui. Namu, ingat, kehati-hatian sangat dibutuhkan ketika kamu berkunjung ke omah kayu batu ini.

This page needs javascript enabled !