Pantai kondang merak, Spot Bermain Air yang Banyak Diminati Wisatawan

Tidak hanya Surabaya saja yang punya banyak objek wisata, Malang juga punya, dan tidak kalah mempesona dengan pantai-pantai di kota lain. Pantai kondang merak adalah pantai yang sudah menjadi tempat wisata dari dulu. Untuk masuk ke pantai ini, kamu harus memiliki tiket. Harga tiketnya pun murah sebesar Rp. 10.000.

Lokasi pantai kondang merak
Pantai kondang merak  berada di desa Sumberbening, kabupaten Malang, Jawa Timur. Jarak antara kota Malang dengan pantai kondang merak kurang lebih 64 km.

Akses ke pantai kondang merak
Jika kamu berjalan dari kota Malang, maka daerah yang kamu tuju adalah daerah Kepanjen, kemudian ke Pagak. Teruskan perjalanaanmu hingga kamu menemukan kecamatan Bantur. Nah setelah sampai disini, tinggal kamu tanyakan saja kepada warga sekitar letak pantai kondang merak itu dimana.

Sebaiknya kamu menggunakan kendaran pribadi.  Disekitar pantai kondang merak ada beberapa tempat wisata lain yang bisa kamu kunjungi sekaligus. Jadi, jangan lewatkan untuk berkunjung ke objek wisata satu ini ya.

Asal nama pantai kondang merak
Pantai kondang merak, kondang artinya muara yang merupakan pertemuan antara  air tawar dengan air laut. Sedangkan, merak adalah nama burung yang dulu banyak hidup disekitar pantai ini. Meskipun saat ini merak sudah tidak ada lagi di pantai kondang merak, tetap saja nama itu masih melekat di pantai ini.

Pesona Pantai kembang merak
Area pantai dikelilingi oleh pohon-pohon hijau sehingga suasana nyaman pun kamu dapatkan jika berlibur ke pantai ini. Kamu juga bisa melihat rumah-rumah warga dari kejauhan yang sebagiannya berprofesi sebagai nelayan. Pasir di pantai kondang merak  berwarna putih sedikit kecoklatan dengan garis pantai yang cukup panjang. Sehingga tampaklah pantai ini sangat luas dan lebih sepi, meskipun saat itu banyak wisatawan berkunjung.

Kamu juga bisa melihat beberapa pantai lain yang berada di seberang pantai kondang merak ini. Tidak hanya pasir putihnya saja, pantai ini juga memiliki terumbu karang yang indah dan ada beberapa terumbu karang yang berada di bibir pantai. Pantai ini tidak termasuk sebagai pantai untuk menikmati sunset atau sunrise. Namun, ada waktu tertentu, sunset ataupun sunrise dapat dilihat dari samping pantai.

Tidak hanya bagus di darat saja, pantai kondang merak memiliki keanearagaman hayati bawah laut yang juga cukup bagus. Kadang-kadang wisatawan juga melihat hewan laut yang terdampar di tepian pantai. Pantai ini tidak memiliki ombak yang cukup besar, ombaknya tenang saja. Ini disebabkan ombak besar sudah lebih dulu pecah akibat karang yang ada di bibir pantai.

Karena warga sekitar berprofesi sebagai nelayan, tentu saja banyak perahu nelayan yang berdiri di pinggir pantai. Sehingga beberapa warung makan di pantai tersebut juga menjual makanan khas seafood.

Fasilitas yang ada di pantai kondang merak
Beberapa fasilitas umum yang bisa kamu dapatkan adalah area parkir, beberapa rumah makan, mushalla dan penginapan.

Tips berkunjung ke pantai kondang merak
Agar liburanmu menyenangkan, kamu perlu mengetahui beberapa tips berikut jika ingin berlibur ke pantai ini. Waktu yang terbaik kamu berkunjung ke pantai ini adalah saat musim kemarau atau saat cuaca cerah. Mengapa? Karena, saat hujan, kamu tidak menemukan hal yang menarik dari pantai ini. Perjalanan dari kota Malang ke pantai kondang merak sangat panjang, jadi alangkah baiknya, sebelum berangkat, kamu mengecek dulu kendaraanmu. Sebaiknya kamu membawa baju ganti jika bermain ke pantai ini. Karena bisa saja kamu akan tergoda untuk bermain air di pantai ini. Plastik untuk menyimpan pakaian basah, perlengakapan mandi seperti sabun, juga perlu kamu persiapkan untuk membersihkan dirimu saat setelah bermain air.

Nah, hal yang menarik juga adalah kamu bisa mendirikan tenda di tepi pantai ini. Jika kamu mau camping, maka sebaiknya tenda, lotion anti nyamuk dan barang lain semacamnya perlu kamu persiapkan.

Maih ragu untuk berlibur ke pantai kondang merak? Jangan ragu lagi ya. Kan kamu sudah tahu bererap tips di atas jika ingin berlibur ke pantai kondang merak. Berlibur ke pantai ini seru, loh. Karena kamu juga akan terpancing untuk bermain air.

This page needs javascript enabled !