Pantai Watu Leter, Pantai Eksotis yang Masih Tersembunyi

Pantai yang ada di pesisir Selatan Malang tak pernah henti menawarkan keindahan alam pantai yang eksotis. Pengunjung pun bisa merasakan sensasi yang berbeda di setiap pantai. Suasana alam yang menyenangkan, deburan ombak yang menyejukkan dan indahnya pemandangan banyak menarik wisatawan untuk berlibur ke sini. Bahkan rintangan pun tak mereka hiraukan. Tak jarang, tempat yang indah memerlukan perjuangan ekstra, tapi tidak menyurutkan niat para wisatawan untuk tetap berkunjung demi pemandangan indah yang bisa mereka nimati.

Asal Usul Nama Pantai Watu Leter
Nama pantai watu leter diambil dari salah satu tebing di pantai yang ujungnya terlihat lebih datar dalam bahasa Jawa disebut Leter. Tebing tersebut terlihat lebih menonjol daripada tebing lainnya. Pantai ini suasananya sepi, meskipun berada dekat dengan pantai Goa Cina, pantai ini lebih sepi pengunjung. Pantai ini bisa dimasukkan ke salah satu objek wisata yang anti-mainstream.

Lokasi Pantai Watu Leter
Pantai watu leter terletak di Dusun Rowotrate, Sitiarjo, kecamatan Sumbermanjing Wetan.  Letak pantai ini bersebelahan dengan pantai Goa China, bahakn kamu harus memarkirkan kendaraan di pantai Goa China jika mau ke pantai watu leter. Wisatawan yang berkunjung ke pantai watu leter akan dikenakan tarif Rp. 10.000 per orang. Baiaya parkir motor Rp. 5.000 dan mobil Rp. 10.000. Jika ada pengunjung yang ingin berkemah di tepi pantai, maka diharuskan membayar biaya tambahan sebesar Rp. 3000.

Akses ke Pantai Watu Leter
Jika kamu dari kota Malang, maka arah yang harus kamu pilih adalah ke arah Selatan atau menuju Sumbermanjing Wetan, kemudian ikuti arah jalan menuju pantai sendang biru. Kamu akan menemukan pertigaan di sana yang terdapat penunjuk jalan menuju arah kanan atau menuju Pantai Bajulmati atau Goa Cina.

Selama perjalanan, banyak pemandangan indah yang bisa kamu nikmati. Hamparan sawah, jalan yang berkelok diikuti perbukitan akan banyak kamu temukan selama perjalanan. Namun, bila musim hujan tiba, jalan banyak yang licin dan becek. Sekitar 1 km dari jembatan Banjul mati, pintu masuk menuju Goa Cina akan terlihat, setelah masuk ke pantai Goa Cina, barulah kamu bisa melanjutkan perjalananmu hingga sampai di Pantai watu leter.

Fasilitas yang Tersedia
Fasilitas yang tersedia di pantai watu leter sudah cukup memadai. Ada mushalla, warung makan dan toilet. Juga ada kawasan pelepasan penyu di pantai ini. Pantai dengan suasana yang masih sepi ini terpilih sebagai kawasan pelestarian ekowisata. Jika pelestarian penyu berhasil, para wisatawan nantinya bisa melihat dari dekat bagaimana penyu itu bertelur.

Pesona Pantai Watu Leter
Lokasi pantai watu leter yang tidak jauh dari Pantai Goa Cina membuat kedua pantai ini memiliki keadaan yang berbeda. Hanya saja, pantai watu leter lebih sepi dan tepat untuk menenangkan diri.

Pantai watu leter dihiasi oleh hamparan pasir putih yang luas, sehingga pengunjung dapat bermain di atas pasir ini. Selain itu, pantai ini juga memiliki batu karang di sepanjang pantai. Namun, ombak di pantai ini sangat kencang dan beberapa kali sudah menelan korban jiwa, jadi sangat diharapkan untuk berhati-hati apabila berkunjung ke pantai ini.

Para wisatawan banyak yang terpesona dengan keindahan pantai ini yang sangat pas untuk menikmati jalan-jalan sekitar pantai. Daya tarik dari pantai ini adalah landscape pantai seperti kolam yang besar dan dikelilingi banyak pohon serta bukit dan lingkungannya pun masih terjaga bersih. Inilah yang membuat banyak orang betah berlama-lama di pantai ini. Semilir angin pun menambah kesejukan pantai. Berbeda dengan beberapa pantai yang suasana panasnya sangat terasa, pantai watu leter ini menyediakan udara sejuk bagi pengunjung.

Nah, pantai ini cocok banget buat kamu yang suka dengan tempat liburan yang tenang, yang sepi dan bisa menenangkan. Meskipun sepi, bukan berarti pantai ini jelek sehingga tidak banyak pengunjung, tetapi karena belum ramai orang yang tahu betapa menakjubkan pantai ini. Jadi, tunggu apa lagi, nikmatilah keindahan pantai watu leter ini secepatnya.

This page needs javascript enabled !