Kampung Tridi Malang, Wisata Gambar Tiga Dimensi Satu-satunya di Malang

Malang memiliki beberapa spot wisata kampung warna-warni termasuk di dalamnya kampung Tridi Malang. Kampung tridi ini memang objek wisata kampung warna-warni, namun berbeda  dengan kampung warna-warni jodipan. Mengapa? Karena kampung tridi ini menyuguhkan pemandangan gambar tiga dimensi yang seolah-olah nyata.

Asal usul Kampung Tridi
Sebelum menjadi tempat wisata yang ramai dikunjungi wisatawan, kamupung ini hanyalah perkampungan kumuh. Namun kemudian, Eddy Supriyanto sebagai penggagas utama kampung tridi Malang ini berhasil mengubah kampung tridi menjadi objek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Eddy Supriyanto atau lebih dikenal dengan nama Edi Gimbal bersama teman-temannya awalnya hanya berangan-angan agar dapat menghadirkan gambar tiga dimensi ini di perkampungan warga. Edi Gimbal ingin agar gambar tersebut bisa dilukis di dinding rumah-rumah warga. Kemudian ide ini disampaikan kepada RW setempat dan dapat diterima. Pihak decofresh juga ikut membantu pendanaan pemngembangan kampung ini. Langkah awal dimulai dengan pengecatan serta penggambaran mural 3 dimensi yang dilakukan pada RT 1 hingga RT 4 dengan jarak 1 kilometer. Edi dan Tholib, rekannya sesama seniman menyiapkan gambar apa yang harus digambarkan, selanjutnya yang melukiskan gambar tersebut adalah warga setempat.

Pengecatan atap menggunakan konsep gradasi warna, jika dilihat dari atas, maka warna dari atap-atap tersebut menyerupai warna pelangi. Sedangkan untuk gambar tiga dimensi, lebih ke tema anak-anak, alam dan hewan. Namun, ada juga beberapa gambar-gambar yang diluar tema tersebut.

Lokasi Kampung Tridi Malang
Kampung Tridi Malang berlokasi di Jl. Temenggungan Ledok, Kesatrian, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur. Lokasinya di sebelah timur jembatan Embong Brantas. Bersebelahan dengan kampung warna-warni jodipan Malang yang hanya di batasi dengan sungai. Kampung tridi berada disebelah kiri (utara) sungai, sedangkan kampung jodipan berada di sebelah selatan sungai.

Lokasi Kampung Tridi tidak jauh dari kota Malang, sekitar 500 meter dari stasiun kereta Kota Malang. Namun berada sekitar 1 kilometer dari Alun-alun tugu Balai Kota.

Rumah-rumah di Kampung Tridi Malang ini juga dicat berwarna-warni. Namun, hal yang menarik pengunjung adalah pada gambar-gambar mural tiga dimensi yang digambar pada tembok-tembok rumah. Sebelum menjadi tempat wisata yang populer, kampung ini hanyalah perkampungan kumuh di kota Malang.

Banyak sekali gambar anak-anak di kampung ini seperti  gambar Mickey Mouse, Huk, Thor, Patrick, Spongebob ataupun Captain America. Gambar lainnya seperti air terjun, laut dan orang yang memancing ikan juga ada. Gambar bertema hewan misalnya T-rex yang lehernya terikat, gorilla selfie, burung merak, paus, ular hiu dan singa mengaum.

Berkah Kampung Tridi Malang
Kampung Tridi Malang sekarang menjadi sumber penghasilan warga kampung tridi, dengan banyaknya para pengunjung yang datang ke kempung ini, otomatis warga yang berjualan,  barang dagangan mereka semakin laku meningkat. Warga juga menjadi sadar betapa pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.

Pesona Kampung Tridi Malang
Kampung tridi Malang ini cukup luas, jalannya panjang, banyak gang-gang kecil, namun jalannya juga naik turun, jadi bersiap untuk merasakan lelahnya berjalan. Banyak sekali gambar tiga dimensi  di kampung ini. Mulai dari pintu masuknya saja, kamu akan langsung menemukan gambar tridi berupa gorilla yang sedang selfie, ada gambar air terjun yang seakan tumpah ke jalanan, ada juga gambar mulut seseorang yang sedang terbuka lebar, dan kamu bisa berfoto di depannya, dan ada juga gambar ikan hiu yang siap menerkam mangsa.

Setelah masuk dan tidak jauh dari gapura utama gang masuk ke perkampungan, akan ada jalan dua arah. Pertama jalan lurus melewati tempat parkir dan jalan kedua menurun. Jalan ini biasanya sepi. Karena banyaknya gambar, maka cobalah untuk menelusuri semua gambar, agar tidak ada gambar yang harus kamu lewatkan.

Setelah kamu membaca artikel di atas, apa yang kamu pikirkan? Jagalah kelestarian lingkungan. Meskipun awalnya adalah perkampungan kumuh, namun jika ada niat untuk berubah. Insya Allah akan terwujud dengan tekad yang kuat dan disertai dengan doa kepada Allah. Silahkan kamu bermain-main ke kampung Tridi ini, kamu akan mendapatkan sensasi yang berbeda dari banyak tempat wisata lainnya.

This page needs javascript enabled !