Penasaran Dengan Air Terjun Berwarna Pelangi? Coba Kunjungi Coban Pelangi Malang

Coban pelangi adalah sebuah air terjun yang unik yang mengeluarkan air dengan berbagai varian warna. Air terjun ini dikelola oleh Perum Perhutani Malang. Udara di sekitar air terjun sangat dingin. Mayoritas warga di sekitar area coban pelangi menganut agama Hindu, namun ada juga yang sebagian Islam. Walaupun begitu, warga sekitar masih tetap saling menghargai dan menghormati hingga  mereka bisa bersosialisasi dengan baik meskipun berbeda agama.

Lokasi Coban pelangi
Air terjun coban pelangi berada tidak jauh dari kota Malang, sekitar 32 km dari kota Malang menuju ke lokasi. Lokasi air terjun ini juga tidak jauh dari gunung Simeru dan masih bagian dari kawasan Taman Nasional Bromo. Perjalanan menuju air terjun ini sangat menantang, sudut kemiringan mencapai 45 derajat dan sangat licin karena banyak batu yang berlumut. Coban pelangi berada di desa Gubukklakah, kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Waktu Terbaik Berkunjung ke Coban Pelangi
Jika kamu ingin melihat air terjun dengan pantulan warna-warni bak pelangi, maka sebaiknya kamu datang pada jam 10.00 hingga jam 14.00. Posisi matahari yang sudah meninggi, membuat percikan air terjun nampak berwarna warni bak pelangi karena pengaruh sinar mentari.

Saat menjelang sore, percikan warna-warni air akan berkurang. Mengapa? Disebabkan oleh kabut di sekitar air terjun yang perlahan turun dan menutupi sinar matahari.

Rute Perjalanan Menuju Coban Pelangi
Kamu dapat mengunjungi coban pelangi menggunakan kendaraan umum atau kendaraan pribadi. Lokasi coban pelangi searah dengan Bromo. Jadi, jika kamu berangkat dari kota Malang, sebelum sampai di Bromo, kamu akan menjumpai  sebuah papan bertuliskan lokasi coban pelangi. Untuk mendapatkan puncak air terjun, setelah sampai di lokasi, kamu harus jalan kaki sejauh 1 km.

Akses Menuju Coban Pelangi
Tidak perlu terlalu khawatir jika kamu ingin pergi ke Coban Pelangi. Meski jalannya sempit, akses menuju ke tempat wisata ini sudah dibangun dan dijaga dengan baik. Hanya saja jalannya agak menanjak hingga mencapai desa Gubuklakah. Jadi, kamu perlu pastikan mesin kendaraan kamu kuat untuk menanjak. Dan harus selalu waspada saat berkendara.

Setelah melewati desa Gubuklakah, jalan akan bertambah sempit aja.  Jalan yang jika ada kendaraan roda empat berpapasan, harus ada salah satu diantaranya mengalah. Namun, kamu tidak perlu khawatir, karena panorama sepanjang jalan yang sangat bagus bisa membuat penatmu hilang.

Memasuki Area Wisata Coban Pelangi
Pintu untuk masuk ke area wisata coban pelangi tidak terlalu jauh dari pinggir jalan. Bagi kendaraan roda empat, tidak dikasih izin membawa masuk kendaraannya, area parkirnya diluar, di depan pintu. Sedangkan bagi kendaraan roda dua disediakan area parkir di dalam. Jalan untuk menuju ke pusat air terjunnya cukup terjal dengan ada bagian menanjak. Kelelahanmu selama perjalanan terbayar saat kamu menikmati pemandangan alam sepanjang jalur yang mempesona. Di lokasi tertentu, juga ada warung makanan dan tempat istirahat.

Fasilitas yang ada di Area Wisata Coban Pelangi
Ketika telah masuk sejauh separuh perjalanan, kamu akan menemukan area camping. Untuk masuk ke area ini, pengunjung akan dikenakan biaya tambahan. Di area camping ini, terdapat kamar mandi dan wc beberapa buah, selepas itu semuanya area camping.

Kamu juga bisa naik kuda disini yang disediakan di sekitar area camping. Fasilitas menunggang kuda ini disebut dengan nunggang jaran. Jika kamu ingin menaikinya kamu juga harus membayar terlebih dahulu.

Jembatan Cinta akan kamu temukan setelah melewati area camping tadi. Jembatan ini adalah jembatan biasa yang terbuat dari bambu namun jembatan ini bukan hanya untuk hiasan. Jembatan ini berfungsi untuk menyeberangi sungai. Dinamakan jembatan cinta, karena  biasanya muda-mudi yang melewati jembatan ini bergandengan tangan dengan luas jembatan hanya cukup untuk dilewati oleh dua orang.  Setelah melewati jembatan cinta barulah kamu akan menemukan lokasi air terjun pelangi ini. Selain air terjun, yang bagus kamu jadikan untuk spot foto, banyak juga pengunjung yang berfoto di jembataan cinta tadi.

Itulah seputar informasi tentang objek wisata coban pelangi. Jangan lupa, jika kamu berlibur ke Malang, singgahlah di tempat ini. Meskipun cukup jauh perjalanannya, dan juga sangat lelah menuju lokasi. Tapi, tidak ada salahnya jika kamu mencoba.

This page needs javascript enabled !