Spot Foto Bagus di Pantai Sendang Biru dan Perahu Nelayan

Pantai ini berlokasi di dusun Sendang Biru, desa Tambakrejo, Sumbermanjing Wetan, Malang. Pantai Sendang Biru adalah salah satu pantai yang ramai dikunjungi di Malang. Pantai yang bernama Sendang Biru ini, Sendang artinya sumber mata air dan Biru diambil dari warna air laut yang biru. Keberadaan sumber mata air itulah yang menjadikan pantai ini dinamakan sendang biru. Selain itu, pantai Sendang Biru ini juga memiliki sumber mata air tawar.

Ritual di Pantai Sendang Biru
Pantai sendang biru terkenal dengan mitos dan cerita mistisnya. Namun, pantai ini tidak terlalu kental dengan hal-hal yang angker. Tapi, tetap saja, beberapa kegiatan spiritual masih dilakukan di waktu tertentu di pantai ini. Setiap tanggal 7 atau 8 Syawal, di pantai ini akan banyak nelayan datang untuk melakukan ritual mereka. Mereka juga percaya air dari sumber mata air tawar di pantai ini dapat menyembuhkan penyakit. Namun, kamu tidak diharuskan untuk percaya akan hal ini.

Kegiatan tradisional yang lain juga terjadi di bulan September. Kegiatan itu seperti orkes, wayang kulit ataupun dangdut. Semua kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk rasa syukur nelayan dan warga setempat atas nikmat yang sudah diberikan.

Asal Nama Pantai Sendang Biru
Nama dari pantai ini diambil dari bahasa Jawa, sendang biru yang artinya sumber mata air yang warnanya berwarna biru. Tentu saja, warna biru adalah warna langit yang dipantulkan ke air laut.

Pesona Pantai Sendang Biru
Pantai Sendang biru merupakan pantai yang  sangat terkenal di Malang karena pasir putihnya yang bersih dan airnya yang jernih. Pemandangan di pantai ini juga sangat indah. Hal yang membuat ramainya pengunjung yang datang adalah karena pantai ini memiliki banyak sekali spot foto yang bagus untuk diabadikan. Jika kamu ingin melihat sunset, juga sangat pas kamu datang ke pantai sendang biru ini.  Akan menjadi foto yang memorable jika kamu bisa berfoto saat sunset di pantai sendang biru.

Pantai Sendang Biru sebagai Tempat Mencari Nafkah
Banyak warga yang menjadikan pantai sendang biru sebagai tempat persinggahan atau pulang dari mencai ikan. Warga di daerah ini kebanyakan sumber mata pencahariannya sebagai nelayan, sehingga banyak perahu yang berjejer di sekitar pantai. Meskipun begitu, perahu yang ada di pantai ini tidak membuat pemandangan pantai menjadi buruk. Malah ini juga bisa kamu abadikan dengan memotretnya. Karena perahu para nelayan dihias dengan warna-warni yang indah. Banyak para wisatawan yang memanfaatkan perahu ini sebagai salah satu spot foto atau objek foto yang bagus.

Selain menikmati keindahannya saja, kamu juga bisa menyewa perahu ini untuk mengelilingi pantai. Jangan khawatir, karena tarif untuk menyewa perahu juga murah, loh. Ada beberapa pilihan seperti perahu motor atau menggunakan dayung. Harga sewa untuk perahu motor berkisar antara Rp. 100.000 hingga Rp. 150.000. Sedangkan untuk perayu dayung, berkisar antara Rp. 50.000 hingga Rp. 75.000.

Pelelangan Ikan di Pantai Sendang Biru
Salah satu hal yang menarik lainnya dari pantai sendang biru adalah adanya tempat pelelangan ikan. Ikan di sini bisa kamu beli langsung dari nelayannya, harganya juga lumayan murah dibandingkan harga di pasaran. Ikan yang biasa dijual seperti cumi-cumi. Lobster, tenggiri ataupun ikan lainnya. Kamu perlu bangga jika membeli ikan di sini, karena ikan-ikan di pantai ini sudah terkenal hingga ke luar negeri.

Fasilitas lainnya yang ada di Pantai Sendang Biru
Fasilitas lain yang disediakan di pantai sendang biru adalah penginapan atau hotel. Pantai yang dikelola oleh perusahaan yang bernama Forestay ini menyediakan beberapa penginapan yang bisa kamu pilih. Harga homestay di sini juga relatif murah mulai Rp. 75.000 hingga Rp. 100.000 per malamnya.

Berlibur ke pantai ini benar-benar menyenangkan, di jamin kamu pasti tidak rugi. Selain dapat menikmati suasana pantai yang nyaman, kamu bisa mendapat spot foto yang bagus. Apa lagi tujuan seseorang berlibur kalau bukan untuk bisa berfoto di tempat yang memiliki spot yang unik? Itu adalah salah satu dari tujuan berlibur selain hanya untuk menenangkan pikiran.

This page needs javascript enabled !