Masakan Nusantara Telor Bumbu Rawon Enak Asli Jawa Timur

Perlu Anda ketahui bahwa Telor adalah salah satu makanan hewani yang bisa disajikan dengan cara digoreng, direbus, atau pun dimasak dengan campuran bumbu. Salah satu bumbu yang bisa dikolaborasikan dengan penyajian masakan Telor ini adalah bumbu rawon. Bumbu rawon adalah bumbu masakan nusantara pada daging yang juga merupakan masakan asli Jawa Timur yang terdapat ciri khas pada bumbunya, yakni keluak atau pun kluwek.

Menyuguhkan citra rasa masakan yang sangat enak dan lezat, sehingga Telor bumbu rawon ini digemari oleh banyak orang, apalagi cara pembuatanya pun terbilang cukup mudah. Mau tahu bagaimana cara membuatnya? Simak pada ulasan berikut ini yuk!

Bahan-bahan membuat Telor bumbu rawon
Telor ayam 10 butir direbus dan digoreng, kaldu sapi 500 mill, daun jeruk 3 helai, serai 1 batang dimemarkan, daun bawang 1 batang diiris, garam ½ sendok makan, merica bubuk ¼ sendok teh, gula ¼ sendok teh, minyak sayur 2 sendok makan, bawang merah 6 butir dihaluskan, bawang putih 2 siung dihaluskan, keluak 5 buah diseduh, kunyit 1 cm dibakar, dan kemiri 2 butir disangrai dan dihaluskan.

Langkah-langkah membuat Telor bumbu rawon
Haluskan bahan yang akan dipakai sebagai bumbu masaknya, seperti bawang merah, bawang putih, kunyit, keluak, dan kemiri. Lalu masak bahan bumbu yang sudah dihaluskan dengan cara ditumis bersamaan dengan serai dan juga daun jeruk hingga harum. Setelah itu, masukkan irisan daun bawang dan aduk-aduk kembali hingga rata.

Rebus kaldu sapi sampai mendidih, dan tambahkan dengan tumisan bumbu halus tadi, aduk-aduk lagi agar rata. Setelah itu, tambahkan dengan gula, merica, dan garam. Biarkan hingga mendidih dan matang.

Masukkan Telor ke dalam rebusan kaldu sapi tersebut, aduk-aduk merata dan biarkan bumbunya meresap sempurna ke dalam Telor. Angkat dan sajikan sebagai lauk pauk selagi hangat.

Demikianlah cara membuat masakan nusantara Telor bumbu rawon enak asli Jawa Timur yang bisa kami informasikan. Semoga bermanfaat.

This page needs javascript enabled !