Masakan Nusantara Soto Kudus Enak dan Lezat

Kira-kira apa sih yang akan Anda ingat pertama kalinya jika mendengar kata kota Kudus? Tentu yang akan Anda jawab pertama kalinya adalah soto Kudus kan, hehe… Soto Kudus yang terbuat dari bahan dasar daging ayam ini memang menyuguhkan citra rasa masakan yang sangat menggugah, jadi tidak heran jika ada banyak orang yang menggemari masakan khas nusantara dari kota Kudus tersebut. Ingin tahu bagaimana cara membuat soto Kudus yang enak dan lezat? Silakan cek ulasan selengkapnya di bawah ini ya!

Bahan-bahan membuat soto Kudus
Bahan utama : 1 ekor daging ayam kampung dipotong menjadi 4 bagian, 3 butir telur rebus dipotong serasi, 100 gram tauge dseduh, 2 sendok makan seledri dirajang halus, 2 sendok makan bawang putih dirajang dan digoreng, 75 mill kecap manis, 2 buah jeruk nipis diambil airnya saja, 2 batang serai, 1 ½ sendok teh garam, 1 sendok teh gula, 1 ½ liter air biasa, minyak goreng dan nasi putih secukupnya.

Bahan bumbu halus : 6 buah bawang putih, 6 siung bawang merah, 1 sendok makan ketumbar, ½ sendok teh jintan, 6 butir kemiri, dan 3 cm jahe.

Langkah-langkah membuat soto Kudus
Silakan panaskan air biasa untuk merebus daging ayamnya hingga kaldunya harum dan daging ayamnya empuk serta matang.

Panaskan minyak goreng untuk menumis bumbu halusnya sampat matang dan harum beserta serai, lalu masukkan ke dalam rebusan daging ayam, gula, bawang putih goreng, dan garam.

Kemudian Anda bisa terusak memasak hingga bumbunya benar-benar meresap ke dalam daging ayamnya, angkat ayamnya dan suwiri.

Setelah itu, letakkan nasi ke dalam mangkuk, dan masukkan tauge, seledri, telur, suwiran ayam, air jeruk, dan berikan sedikit kecap manis. Tuangkan kuah sotonya dan hidangkan selagi hangat.

Gampang banget kan membuat soto Kudus sendiri di rumah? Dengan mengikuti langkah membuat masakan nusantara soto Kudus enak dan lezat yang kami infokan di atas, Anda bisa memulai membuat soto Kudus dari sekarang. Semoga berhasil!

This page needs javascript enabled !