Masakan Nusantara Selat Solo Enak dan Lezat

Berikut ini akan kami informasikan mengenai resep masakan khas nusantara yang sudah cukup terkenal di kota Solo, yakni resep masakan selat Solo. Selat Solo adalah salah satu makanan yang sangat segar, terdiri dari sayur buncis, wortel, telur, kentang goreng, dan yang paling utama adalah daging. Tak hanya segar saja, selat Solo ini juga memiliki citra rasa yang luar biasa, yang pastinya bisa membuat para penikmatnya ketagihan ingin menikmatinya lagi dan lagi.  Nah, buat Anda yang sedang tidak ada di kota Solo, bisa Anda mencoba untuk membuat masakan tersebut di rumah, dengan cara mengikuti beberapa langkah memasak berikut ini.

Bahan-bahan membuat selat Solo
Bahan utama : daging has dalam utuh 500 gram, bawang merah 5 butir diiris tipis, tomat 1 buah dipotong-potong, kecap manis 2 sendok makan, kecap inggris 1 sendok makan, pala bubuk ¼ sendok teh, garam ¼ sendok teh, air biasa 1.000 mill, dan margarin 3 sendok makan untuk menumis.

Bahan bumbu perendam : pala bubuk ½ sendok teh dan kecap manis 2 sendok makan.

Bahan saus : telur rebus 4 butir ambil bagian kuningnya saja lalu haluskan, garam ¼ sendok teh, merica bubuk ¼ sendok teh, gula pasir 4 sendok teh, cuka ½ sendok teh, dan mustard ¼ sendok teh.

Bahan acar : telur 1 butir direbus lalu diambil bagian kuningnya setelah itu haluskan, ketimun 50 gram buang bijinya lalu potong kotak 1 x 1 cm, wortel 50 gram potong kotak 1 x 1 cm, bawang merah 2 butir dipotong jadi 2 bagian, garam ¼ sendok teh, merica bubuk ¼ sendok teh, gula pasir 1 sendok makan dan cuka 1 sendok teh.

Bahan pelengkap : buncis 50 gram dipotong 3 cm lalu direbus, wortel 75 gram dipotong 3 cm lalu direbus, kentang 200 gram dipotong wedges dan digoreng berkulit, dan telur 3 butir direbus lalu dipotong-potong.

Langkah-langkah membuat selat Solo
Silakan lumuri daging dengan bahan bumbu perendamnya, lalu diamkan selama 1 jam di dalam lemari es.

Untuk membuat acar, silakan campur rata kuning telur, wortel, ketimun, dan bawang merah, lalu tambahkan merica, garam, cuka, dan gula pasir, aduk merata, lalu diamkan selama 2 jam di dalam lemari es.

Panaskan margarin, lalu masukkan daging yang sudah direndam tadi, aduk-aduk hingga berubah warna, kemudian angkat dan potong tebal 1 cm, lalu sisihkan.

Panaskan sisa margarin, kemudian masukkan bawang merah, dan tumis hingga harum, lalu tambahkan tomat, aduk merata hingga layu.

Tuangkan air biasa, masak hingga mendidih, kemudian masukkan potongan daging, kecap inggris, kecap manis, dan juga pala bubuk, aduk merata lalu rebus hinga matang dan bumbunya meresap.

Untuk membuat sausnya, aduk rata garam, telur, merica bubuk, cuka, gula pasir, dan juga mustard.

Nah, selat Solo yang Anda buat sudah selesai, silakan sajikan masakan nusantara selat Solo enak dan lezat ini bersama dengan acar, saus, dan juga pelengkapnya. Selamat mencoba membuat selat Solo tersebut ya, semoga berhasil!