Tips Desain Exterior Rumah Minimalis

Dalam perkotaan yang padat penduduk, desain rumah minimalis kerap kali menjadi idaman bagi setiap keluarga. Dikarenakan keterbatasan lahan yang ada tidaklah cukup luas untuk mendirikan bangunan desain modern di tengah pemukiman padat. Desain rumah minimalis juga menjadi proyek utama dalam bisnis property. Dalam bisnis proprety memang harus meminimalisir biaya, namun keuntungan yang didapat bisa lebih banyak jika menerapkan desain minimalis.

Dalam desain rumah minimalis, terdapat dua bagian yang harus diperhatikan. Bagian exterior dan interior rumah minimalis tentunya. Kedua bagian ini harus seimbang dan selaras mengenai motif dan pewarnaannya, hal tersebut bertujuan untuk mempertegas tampilan rumah minimalis yang modern. Walaupun memiliki keterbatasan ukuran, model rumah minimalis memberikan kenyamanan tersendiri bagi penghuninya. Terlebih pada bagian interior dan exterior rumah minimalis diberikan beberapa sentuhan desain yang selaras dan natural, untuk menambah nilai estetika keindahan rumah minimalis Anda. Masih bingung dalam mengaplikasikan desain pada exterior rumah minimalis? Berikut ulasan selengkapnya.

Pagar merupakan salah satu bagian exterior rumah yang berfungsi untuk memberikan keamanan serta berperan sebagai pembatas antara suatu rumah dengan rumah lainnya. Selain itu, pagar juga sebagai pendukung suatu keindahan rumah, serta sebagai pemanis penampilan tempat tinggal Anda. Sehingga, desain pagar juga perlu diperhatikan.

Dalam desain exterior rumah minimalis, pagar tidak bisa dipisahkan dari bagian fasad rumah. Pagar dapat mencerminkan bagaimana kepribadian pemilik rumah. Desain exterior pagar yang cocok untuk rumah minimalis yaitu dengan menggunakan pagar dengan elemen kayu dengan pewarnaan cat yang alami akan menjadi daya tarik orang yang lewat didepan rumah Anda.

Supaya memberikan kesan estetika yang semakin kuat, berikan sentuhan pada bagian pengecatan kayu dengan cat yang transparan. Sehingga, akan memberikan kesan yang alami dan natural. Tambahkan beberapa elemen lain pada exterior pagar seperti besi, tanaman, dan batu alam.

Untuk tekhnik pengecatan pada kayu, terlebuh dahulu haluskan permukaan kayu dengan amplas, gosokan amplas dengan cara searah. Lanjutkan dengan pengecatan kayu dengan menggunakan kuas. Diamkan hingga cat mengering, lalu amplas kembali permukaan tersebut dan lanjutkan dengan melapisi cat. Lakukan sebanyak tiga kali, untuk memperoleh hasil pewarnaan yang sempurna.

Selain melakukan pewarnaan pada pagar, atap rumah juga perlu dirombah untuk memberikan kesempurnaan dalam desain exterior rumah minimalis. Memang atap rumah sering kali tidak diperhatikan dalam melakukan desain. Faktanya, atap rumah sangat mempengaruhi kecantikan dan keindahan rumah Anda. Salah satu langkah dasar, berikan pewarnaan atap rumah yang selaras dengang warna dinding dan pagar rumah. Pengaplikasiannya sebenernya tidak jauh berbeda dengan pengaplikasian cat pada dinding dan pagar rumah, mungkin hanya pada tipe cat yang digunakan.

Demikian ulasan mengenai tips desain exterior rumah minimalis yang dapat dipaparkan. Semoga isi ulasan dapat menjadi referensi bagi Anda yang akan mendesain exterior rumah. Untuk menyempurnakan hasilnya, juga lakukan konsultasi pada pakar bangunan. Selamat mencoba.