Alasan Kemendagri 8 Tahun Timbun E-KTP di Gudang Bogor

Menteri dalam negeri, tjahjo kumolo beberapa waktu silam mengungkapkan alasannya kenapa e-ktp yang rusak baru dipotong setelah adanya insiden e-ktp yang tercecar di salabenda, kemang, bogor, hari sabtu yang lalu.

“Awalnya KPK belum selesai pemeriksaan, BPK juga bisa setiap tahun ngecek. Takutnya nanti diperlukan atau ditanya, mana katanya ada hampir sekian ratus ribu e-KTP, buktinya apa? Boleh dong siap? Itu saja intinya,” kata Tjahjo saat meninjau gudang Kemendagri di Kemang, Bogor, Jawa Barat, Rabu (30/5/2018).

Kata tjahjo, e-ktp yang ada di gudang bogor itu ada sejak delapan tahun yang lalu. Di mana, waktu itu ia belum menjabat sebagai menteri dalam negeri. E-ktp yang rusak atau valid itu berasal dari banyak daerah Indonesia.

“E-KTP yang rusak itu pengadaan mulai 2010 sampai tahun lalu. Setelah dicetak ada yang rusak, salah ketik, salah nomor, salah alamat. Lalu disimpen di sini,” kata dia.

Tjahjo juga bilang, ada dua jenis kenapa e-ktp bisa rusak. Yaitu kerusakan fisik ataupun kerusakan data dari pemilik. Kerusakan sendiri bisa terjadi karena beberapa faktor. Yang paling sering adalah perubahan data status pernikahan, chip gagal fungsi, dan lainnya.

Pada kasus e-ktp yang tercecar di jalan, kerusakannya ada pada data, sebut tjahjo. “Rata-rata fisik e-KTP di sini masih utuh, cuma datanya yang salah. Tapi itu semua sudah dicek secara berkala, lalu disimpan di gudang ini,” kata dia.

Dimusnahkan dengan Cara Potong
Ia juga berkata. E-ktp tersebut akan dimusnahkan dengan cara dipotong. Tapi, potongannya tidak dibuang ataupun dihilangkan begitu saja.

Sebab, berdasarkan aturan dari Menteri Keuangan, semua barang inventaris tidak bisa dibuang atau dimusnahkan. Ada aturannya. Semua barang inventaris tidak bisa dibuang begitu saja. Itu peraturan dari menteri keuangan. “Pemusnahan cukup dipotong. Kalau sudah dipotong kan ngga bisa dipakai, mau ke bank masa bawa KTP udah dipotong, ya ngga bisa,” kata dia.

Sementara itu, zudan arif fakrullah sudah memastikan. E-ktp yang invalid itu bukanlah bagian dari barang bukti yang disita kpk.

This page needs javascript enabled !