Istri Zumi Zola Dipanggil KPK

Hari Selasa (22/5) pagi, Sherrin Taria, istri dari Gubernur Jambi Non Aktif Zumi Zola dipanggil pihak KPK. Pemanggilan itu adalah imbas dari penangkapan Zumi Zola atas dugaan gratifikasi atas beberapa proyek pembangunan yang ada di Jambi. Zumi Zola sendiri diciduk oleh KPK pada bulan April 2018 lalu. Istri Zumi Zola dipanggil KPK guna menjadi saksi bagi Zumi Zola, suaminya, yang telah ditetapkan sebagai tersangka kasus gratifikasi tersebut.

Sebelum istri Zumi Zola dipanggil KPK, Zumi Zola terlebih dahulu ditahan oleh KPK pada 9 April 2018 lalu pada pukul 18.50. Zumi Zola yang kala itu sedang diperiksa kemudian keluar dari lobi Gedung KPK dengan mengenakan rompi khas tersangka kasus korupsi yang memiliki warna oranye. Meskipun sebenarnya KPK sendiri telah menetapkan status tersangka Zumi Zola sejak pada bulan Januari. Terbukti dari surat larangan untuk bepergian ke luar negeri yang telah dimulai sejak bulan Januari lalu. Tujuan KPK untuk menunda pengumuman status tersangka bagi Zumi Zola sendiri dengan tujuan agar tidak mengganggu penyelidikan di lapangan.

Selain dipanggil sebagai saksi untuk Zumi Zola, istri Zumi Zola dipanggil KPK juga untuk sebagai saksi dari Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Jambi, Afan, yang juga telah ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK. Zumi Zola serta Afan dadiduga menerima dana gratifikasi sebesar 6 Milyar Rupiah guna diberikan kepada sejumlah anggota DPRD. Namun pihak KPK hanya menemukan uang sejumlah 47 Milyar rupiah saja. Uang tersebut diduga diterima Zumi Zola dan Arfan sebagai uang ketok atau uang pelicin untuk proyek dari sejumlah perusahaan yang juga akan disalurkan ke beberapa anggota DPRD.

Hingga berita ini ditulis, belum ada kabar mengenai istri Zumi Zola dipanggil KPK dan tengah menjalani pemeriksaan. Dari hasil penyelidikan tentang kasus yang menimpa suaminya tersebut, KPK bisa mengembangkan status Sherrin Taria tersebut menjadi tersangka apabila Sherrin juga diduga ikut serta dalam tindak pidana korupsi yang merugikan negara tersebut.

This page needs javascript enabled !