SBMPTN Dengan Android Pertama di Indonesia

Hari ini yakni hari Selasa (8/5) adalah hari pertama untuk SBMPTN yang diadakan serentak di berbagai daerah. Bagi pelajar Indonesia yang baru saja lulus SMA tahun ini atau mungkin tahun kemarin, pasti tidak asing dengan nama Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SBMPTN 2018. Nah untuk tahun ini, ada yang unik untuk pelaksanaan SBMPTN yakni SBMPTN dengan android pertama kalinya di Indonesia. Memang apa spesialnya?

Untuk Ujian Nasional sendiri, sudah umum dan mungkin sudah sebagian besar wilayah Indonesia melaksanakannya dengan sistem komputer yang disebut sebagai UNBK atau yang merupakan kependekan dari Ujian Nasional Berbasis Komputer. Oleh karena itulah wajar apabila SBMPTN tahun ini juga mencoba hal yang baru yakni SBMPTN dengan android karena SBMPTN sendiri sudah terbagi menjadi dua sistem yakni sistem kertas dan juga sistem komputer.

Meskipun, dalam pelaksanaan SBMPTN dengan android ini hanya baru terjadi di Bandung saja. Dalam pelaksanaannya yang terbatas hanya 1000 orang peserta saja ini, peserta diminta untuk mengunduh aplikasi yang linknya sudah disediakan oleh pihak panitia. Kemudian, peserta mengerjakan tanpa adanya karantina.

Selain SBMPTN dengan android tersebut, sebanyak sebanyak 860.001 peserta di seluruh Indonesia yang terdiri atas 341.290 peserta Saintek, 359.140 peserta soshum dan 159.571 peserta campuran yang masih terbagi lagi menjadi 672.816 peserta untuk SBMPTN Reguler dan Bidikmisi sebanyak 187.185 peserta. Semua peserta itu menjalani tes serentak yang diadakan di 41 panlok atau panitia lokal yang tersebar di seluruh Indonesia pada hari ini. Selain ujian hari ini, masih ada lagi Ujian Keterampilan bagi yang memilih jurusan yang membutuhkan penilaian praktek yang akan dilaksanakan pada 9 Mei 2018 dan atau 11 Mei 2018.

Semoga baik peserta SBMPTN dengan android maupun peserta SBMPTN lainnya dapat mendapatkan jurusan kuliah yang sesuai dengan keinginan dan kemampuan mereka. Dan kedepannya, sistem ujian menggunakan android ini bisa diadakan serempak di seluruh panlok.

This page needs javascript enabled !