Setya Novanto Ditahan, Drama Korupsi e-KTP Berakhir

Setya Novanto, mantan ketua DPR RI ini akhirnya menyelesaikan drama berkepanjangan mengenai kasus korupsi yang ia lakukan pada 24 April 2018 kemarin. Saat sedang berada di kursi pesakitan di pengadilan kemarin, beberapa kali dirinya terlihat memejamkan mata saat hakim pengadilan Tipikor Jakarta membacakan putusan hukuman pada dirinya.

Setya Novanto Dijatuhi Hukuman 15 Tahun Penjara

Namun Setya Novanto bukannya sedang tertidur, karena sesekali dirinya mengarahkan pandangan kepada 5 orang hakim yang akan menentukan nasib dari dirinya. Tidak lama kemudian hakim pun memukulkan palu, dan menjatuhi Setya Novanto dengan hukuman 15 tahun penjara dan denda sebesar Rp 500 juta.

Menjatuhkan pidana 15 tahun penjara dan denda Rp 500 juta, kepada saudara Setya Novanto” ujar Hakim Ketua Yanto, pada hari Selasa 24 April kemarin.

Sayangnya, vonis hukuman yang dijatuhkan pada Setya Novanto lebih ringan dari pada tuntutan JPU atau jaksa penuntut umum pada Komisi Pemberantasan Korupsi. JPU sendiri meminta agar Setya Novanto dijatuhi hukuman penjara selama 16 tahun dan denda sebesar Rp 1 miliar, serta subsider 6 bulan kurungan penjara.

Menurut penilaian hakim dan bukti-bukti yang ada, secara sah Setya Novanto dinyatakan bersalah dalam kasus proyek e-KTP. Majelis hakim yang berwenang pun mencabut hak politis Setya Novanto selama 5 tahun, dan mulai berlaku saat dirinya selesai menjalani masa tahanan.

Menganti Uang Korupsi

Tuntutan JPU KPK juga meminta Setya Novanto untuk membayar uang pengganti yang jumlahnya cukup luar biasa, yaitu US$ 7,3 juta dan dikurangi Rp 5 miliar yang sudah dibayarkan ke dalam rekening tampungan dari Komisi Pemberantasan Korupsi.

Setya Novanto dikenakan pasal 3 UU Tipikor Nomor 31 Tahun 1999 yang telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Tindak Pemberantasan Korupsi Jo Pasal 55 Ayat 1 nomor 1. Pasal yang Setya Novanto langgar ini merupakan pasal yang mengatur tentang tindak pidana korupsi dengan cara menyalah gunakan wewenang.

This page needs javascript enabled !