TMII Harus Tingkatkan Kualitas Agar Menarik Wisatawan Mancanegara

Pengurus dari Taman Mini Indonesia Indah (TMII) sepertinya perlu melakukan perbaikan untuk meningkatkan daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke tempat wisata budaya yang satu ini.

Tepatnya kunjungan dari wisatawan mancanegara.
Di dalam data yang dimiliki, pada tahun 2017 lalu terdapat sekitar 2.5 juta wisatawan mancanegara yang berkunjung ke DKI Jakarta. Dan dari 2.5 juta wisatawan tersebut, hanya ada sekitar 100.000 wisatawan yang mengunjungi Taman Mini Indonesia Indah.

Dwisuryo Indroyono Soesilo selaku ketua Percepatan Pengembangan Wisata Bahari Kementerian Pariwisata Indonesa memberikan pernyataan bahwa seharusnya kunjungan wisatawan asing ke TMII ini bisa menembus angka 1.5 juta tahun pada setiap tahunnya.

Senin, 16 April kemarin, Sudah dilakukan jumpa pers di Gedung Sapta Pesona di kementerian Pariwisata. Bersama ketua Tim Percepatan Wisata Religi, Budaya, Sejarah, dan Seni Budaya Kementerian Pariwisata Tetty Arianto dan Ketua Umum Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia (PUTRI) Bambang, Indroyono Soesilo, mereka mengungkapkan bahwa Taman Mini Indonesia Indah itu adalah miniatur dari Indonesia dan sudah seharusnya bisa menarik banyak wisatawan terutawa yang berasal dari mancanegara.

Untuk meningkatkan kunjungan wisman ke TMII adalah dengan menjadikan TMII sebagai destinasi wisata budaya bagi wisman cruise yang sekali merapat membawa sekitar 6 ribu wisman,” kata Indroyono Soesilo.

Dirinya juga menjelaskan bahawa Singapore Genting Dream yang membawa lebih dari 6.000 wisatawan asing merapat ke Tanjung Priok beberapa waktu yang lalu seharusnya bisa menjadikan Taman Mini Indonesia Indah tempat wisata ideal yang bisa mereka kunjungi selain Wisman Cruise.

Upaya lain yang bisa pengurus TMII lakukan adalah dengan membuatnya menjadi destinasi wisata dan bisa bisa untuk melaksanakan kegiatan MICE atau Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition/Event di Jakarta.

Banyak kegiatan MICE di Jakarta kita coba tawarkan paket TMII, baik untuk pre dan post meeting,” kata Indroyono Soesilo.

TMII Destinasi Budaya Paling Lengkap
Sementara itu juga Tetty Arianto juga mengatakan bahwa TMII ini adalah salah satu destinasi wisata budaya yang paling lengkap di Indonesia. Dan dalam tujuh tahun ke depan TMII ini akan memasuki umur yang ke 50 dan akan menjadi cagar budaya Indonesia.

Fokus kita saat ini adalah mempromosikan dan menjual paket TMII agar banyak dikunjungi wisman (wisatawan Mancanegara” ungkap Tetty Arianto.

This page needs javascript enabled !