Memberikan 3.331 Sertifikat Hak Atas Tanah Di Jayapura, Jokowi Juga Memberikan Sepeda

Rabu, 11 April 2018 kemarin di Lapangan Kantor Bupati Jayapura, Presiden Joko widodo memberikan 3.331 sertifikat hak atas tanah kepada masyarakat di wilayah Papua. Acara tersebut pun berlangsung dengan lancar. Ketika menyampaikan sambutannya, Presiden Jokowi berpesan kepada masyarakat yang menerima sertifikat hak atas tanah tersebut agar menjaga sertifikatnya dengan baik dan aman. Menurutnya, sertifikat hak atas tanah ini sangat penting, karena sertifikat tersebut adalah bukti fisik dan bukti sah yang menyatakan tanah tersebut dimiliki secara sah dan diakui oleh Negara.

Dimasukkan ke plastik, difotokopi, jadi kalau hilang ngurusnya lebih gampang,” kata Jokowi dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, pada hari Rabu.

Jokowi juga berpendapat bahwa sertifikat hak atas tanah tersebut memiliki banyak manfaat yang bisa digunakan oleh masyarakat Papua. Contohnya adalah sebagai agunan di bank dan uang yang didapatkan bisa digunakan untuk menambah modal usaha. Jokowi pun kembali memberikan nasehat kepada masyarakat Papua.

Tapi hati-hati untuk agunan ke bank tolong dihitung, dikalkulasi bisa mencicil, bisa mengembalikan ndak setiap bulan? Kalau ndak, jangan,” ucap Presiden Jokowi.

Jokowi memberikan pesan kepada rakyat Papua agar selalu menjaga persatuan dan perdamaian. Hal ini berkaitan erat dengan pesta demokrasi yang sebentar lagi akan dilaksanakan di Indonesia. Mungkin karena sering terjadi perpecahan di antara masyarakat saat menjelang pesta demokrasi, akhirnya jokowi memberikan pesan tersebut.

Jangan sampai ada keretakan diantara kita saudara sebangsa se-Tanah Air gara-gara pesta demokrasi,” tegasnya sekali lagi.

Membagikan Sepeda
Selain memberikan sertifikat hak atas tanah kepada 3.331 kepala keluarga di Papua, Jokowi juga memberikan sepeda kepada hadirin yang ditunjuknya.

Sepeda ini pun diberikan kepada masyarakat yang bisa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh Jokowi. Salah satu warga yang beruntung adalah Yohanes Since. Yohanes diminta untuk menyebutkan 7 nama ikan. Dari 7 jenis ikan yang disebutkan oleh Yohanes, 4 diantaranya sudah diketahui oleh Jokowi, yaitu ikan kembung, ikan mujair, ikan gabus, dan ikan kakap.

Sementara 3 ikan lainnya adalah ikan kepala batu, ikan merah, dan ikan 99. Jokowi pun sempat mengkonfirmasi ikan yang tidak ia ketahui ini kepada masyarakat yang hadir.

This page needs javascript enabled !