Beredarnya ajakan boikot Facebook, WhatsApp, Instagram pada 11 April

Berita Techo kali ini datang dari Facebook. Dikabarkan CEO Facebook, Mark Zuckerberg, akan bersaksi pada Rabu (11/4/2018) di hadapan para Komisi Energi dan Perdagangan Amerika Serikat terkait kasus pencurian data pribadi pengguna.

Tetapi di hari yang sama juga, ada kampanye bertajuk “Faceblock” yang mengajak pengguna Facebook untuk memboikot Facebook, Instagram, dan WhatsApp selama 24 jam.

Belgia, Denmark, Irlandia, Malta, Meksiko, Inggris, dan Amerika Serikat adalah dalang netizen kolektif yang menyebabkan kampanye tersebut. Skandal Cambride Analytica dinilai para netizen adalah bukti bahwa rapuhnya pengamanan data dan demokrasi di era digital.

Sebanyak 87 juta data pribadi pengguna Facebook global dicuri dan disalahgunakan. “Jika kita melakukan Faceblock bersama-sama dan mengunggah alasan kenapa kita melakukannya, kita akan menyampaikan pesan kuat bahwa Facebook harus lebih baik”. Itulah deskripsi yang tertulis kampanye Faceblock.

Sebenarnya, poin utama dari kampanye ini adalah menuntut Facebook untuk memastikan nasib data pribadi pengguna yang diambil, menjelaskan yang disalahgunakan, dan mempertegas batasan antara konten negative dan kebebasan berpendapat.

Faceblock dibuat bertepatan pada hari kesaksian Mark Zuckerberg di hadapan senat, itu sebenarnya ada alasan khusus tersendiri. Ini menjelaskan bahwa keamanan data Facebook bukan hanya tanggung jawab pihak dari Facebook, tetapi juga tanggung jawab dari pemerintah.

Tanggung jawab Facebook untuk mengatur platform-nya, tetapi tanggung jawab pemerintah untuk memastikan perusahaan menjaga data pengguna. Pemerintah juga harus meregulasi praktik monopoli”. Imbuh Laura Ulman.

Jika anda ingin mengikuti kampanye Faceblock, anda bisa membuka tautan Faceblock. Disana ada beberapa tahapan yang bisa anda ikuti untuk mendukung kampanye tersebut.

Yang pertama, adalah mengikuti opsi “Joint Event”. Disitu otomatis akan membawa anda ke halaman Facebook, anda bisa mengundang teman-teman anda untuk mengikuti kampanye.

Yang kedua, adalah menjelaskan alasan anda mengikuti kampanye Faceblock di akun Twitter dan Facebook. Semakin banyak anda mengundang, maka akan semakin banyak juga orang yang akan mengikuti kampanye tersebut. Karena semakin banyak orang yang ikut, maka semakin intens pesan tersebut dan pesan tersebut akan tersampaikan ke Facebook.

Begitulah Berita Techno yang kami beri untuk anda. Apakah anda akan mengikuti kampanye tersebut atau tidak? Apakah anda peduli dengan ajakan boikot tersebut? Penulis sendiri ingin menyampaikan pesan tersebut ke pihak Facebook, agar nantinya keamanan Facebook akan ditingkatkan. Pada akhirnya akan membuat data kita aman kembali.

This page needs javascript enabled !