Akhirnya, Penantian Selama 35 Tahun, Arab Saudi Punya Bioskop!

Setelah kurang lebih 35 tahun lamanya, Arab Saudi akhirnya memiliki bioskop pertama yang dibuka secara resmi. Tanggal 18 April 2018 mendatang, di Riyadh, akan terbuka bioskop resmi pertama Arab Saudi. Dilansir dari VOA News, Rabu (4/4/2018), AMC Entertainment, perusahaan jaringan bioskop raksasa dunia, menyatakan pihaknya telah diberikan lisensi untuk membuka hingga 40 bioskop di 15 kota Saudi selama lima tahun ke depan. Dalam kurun waktu ini, akan direncakanan pendirian bioskop di seluruh tanah Arab.

Sebenarnya, kerajaan Saudi pernah mempunyai bioskop. Tapi, para ulama melarang dan berhasil menekan pemerintah untuk menutup bioskop di Arab Saudi. CEO AMC Entertainment Adam Aron menyatakan, pada awal pembukaan, bioskop tidak akan dipisahkan berdasarkan jenis kelamin seperti kebanyakan ruang publik di Saudi lainnya.

Tapi, beberapa waktu dan kondisi akan disediakan untuk penonton perempuan dan laki laki secara terpisah. “AMC berencana membuka bioskop pertama di kerajaan, di Riyadh, pada 18 April,” tulis kementerian komunikasi internasional Saudi dalam sebuah pernyataan. Dengan jumlah penduduk melebihi 32 juta jiwa, Arab Saudi akan menyiapkan bioskop 350 nantinya.

“Pasar Saudi sangat besar, dengan mayoritas penduduk yang ingin menonton film favorit mereka di sini,” kata Menteri Informasi Saudi Awwad Alawwad. Langkah ini adalah modernisasi Putra Mahkota Saudi, Mohammed bin Salman, yang ingin meningkatkan peningkatan belanja domestik di era di mana harga minyak rendah dan menurun peminatnya.

Dalam laporan AFP, di bulan Februari ini, Otoritas Hiburan Umum Arab Saudi (GEA) akan mengadakan 5.000 lebih festival dan konser sepanjang tahun 2018. Dengan hal ini, diharapkan sektor hiburan akan meningkat pendapatannya. 64 miliar dolar AS sudah digadang-gadang akan menjadi penghasilan dalam beberapa tahun ke depan. Kerajaan Saudi juga tengah melakukan reformasi kebijakan lain. Salah satunya adalah pencabutan larangan perempuan yang dilarang untuk menonton pertandiangan olahraga di stadion. Larangan perempuan tidak boleh mengemudi mobil juga akan segera ditarik.

This page needs javascript enabled !