Pulau Kelor, Pulau Kecil yang Indah di Kepulauan Seribu

Pulau Kelor adalah pulau kecil yang indah di Kepulauan Seribu, yang juga jadi tempat wisata populer di Pulau Utung Jawa. Objek wisata Pulau Kelor di Kepulauan Seribu tersebut memang menjadi tempat wisata yang ramai mendapat kunjungan wisatawan setiap harinya. Alasannya, tempat ini sangatlah indah dan bisa memberi sensasi yang berbeda dengan aktifitas Anda sehari – hari. Jadi, sangat disayangkan sekali jika Anda sedang ada di Kepulauan Seribu tidak mengunjungi objek wisata tersebut. Buat Anda yang dalam waktu dekat ini akan berlibur dan masih bingung menentukan tempat untuk berlibur, tidak ada salahnya untuk mencoba mengunjungi tempat wisata di Kepulauan Seribu ini.

Lokasi dan Pesona Pulau Kelor di Kepulauan Seribu
Sebenarnya untuk mencari lokasi Pulau Kelor yang ada di Kepulauan Seribu ini tidaklah terlalu sulit, sebab berada di lokasi yang sangat strategis. Yakni ada di kelurahan Pulau Untung Jawa, kecamatan dan kabupaten Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Perlu Anda tahu bahwa objek wisata Pulau Kelor yang ada di Kepulauan Seribu, Jakarta, tersebut merupakan tempat wisata yang memang harus banget Anda kunjungi, sebab pesona keindahannya yang tak ada duanya. Apalagi warga setempat juga sangat ramah terhadap wisatawan yang datang berkunjung.

Walaupun Pulau Kelor ini sangat kecil, tetapi pulau tersebut ternyata menyimpan banyak sekali sejarah di masa Belanda. Salah satu peninggalan sejarahnya adalah adanya benteng martelo yang hingga kini masih berdiri kokoh. Benteng martelo yang ada di Pulau Kelor juga jadi pesona tempat wisata ini, bahkan sudah terlihat dari kejauhan saat Anda ingin berkunjung ke sana. Benteng martelo di Pulau Kelor merupakan benteng yang dibuat melingkar 360 derajat. Dimana benteng tersebut adalah benteng yang dibangun oleh VOC guna menghalau serangan musuh di abad ke-17.

Selain itu, benteng martelo ini juga dibuat dari batu bata merah yang sangat kokoh. Walaupun pernah porak poranda akibat terjadinya letusan gunung krakatau di tahun 1883 silam, tetapi sisa – sisa benteng tersebut masih sangat eksotis dan mengagumkan. Pulau Kelor juga bisa dibilang sebagai pulau dimana ada banyak para pejuang dan tahanan politik negeri kita yang telah gugur. Bahkan di pulau inilah terdapat kuburan mereka yang telah memberontak para penjajah dari Belanda.

Pulau Kelor mempunyai pasir yang berwarna putih dan bersih dengan berair yang lumayan jernih saat pagi hari. Dikarenakan tingginya abrasi di sekitar pulau tersebut sehingga ada banyak sekali dipasang pilar – pilar pemecah ombak supaya Pulau Kelor lebih terjaga kelestariannya juga tidak habis dimakan ombak. Selain hal itu, di Pulau Kelor ini Anda juga bisa berjalan mengelilingi pulau sembari berfoto selfie dengan pemandangan benteng martelo yang unik banget.

Penting juga untuk Anda ketahui, bahwa untuk bisa sampai di Pulau Kelor Anda bisa naik kapal dari pelabuhan Muara Kamal, dan Anda butuh waktu sekitar 20 – 30 menit untuk bisa sampai ke pulau tersebut. Tak perlu khawatir, biaya yang harus Anda keluarkan nanti sangatlah terjangkau. Kami sarankan jika Anda memang berniat untuk berwisata ke Pulau Kelor, agar Anda mengunjungi pulau tersebut saat pagi hari, sebab ombaknya yang tak terlalu besar di pagi hari sehingga memungkinkan kapal untuk merapat di dermaga. Lalu untuk biaya umumnya di tempat wisata di Kepulauan Seribu tersebut sudah ada banyak trip organizer yang sediakan paket wisata dengan harga berkisar Rp 100 ribu rupiah sampai Rp 130 ribu rupiah untuk satu orang, tergantung dari banyaknya peserta yang ikut.

Itulah informasi yang bisa kami bagikan tentang Pulau Kelor, pulau kecil yang indah di Kepulauan Seribu. Semoga bermanfaat.

This page needs javascript enabled !